0

Puasa Sya’ban Sebulan Penuh (0)

@ahysholih March 19, 2021


By Muh. Aydi Syam

PUASA SYA’BAN SEBULAN PENUH
Bolehkah?

Bismillah …,
1) عن عائشة رضي الله عنها ،
“لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ ” (رواه البخاري ومسلم).

Artinya:
“Belum pernah Nabi Saw. berpuasa satu bulan yang lebih banyak dari pada puasa pada bulan Sya’ban. Sesungguhnya beliau pernah berpuasa Sya’ban sebulan penuh” (HR al-Bukhary dan Muslim).

2) عَنِ أم سلمة عن النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنَ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلَّا شَعْبَانَ، وَيَصِلُ بِهِ رَمَضَانَ ” (رواه النسآئي).
Artinya:
Dari Ummu Salamah dari Nabi Saw., “bahwa beliau belum pernah puasa satu bulan penuh selain Sya’ban, kemudian beliau sambung dengan Ramadan” (HR al-Nasa’iy).

3) عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت: وَلا أَعْلَمُ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ الْقُرْآنَ كُلَّهُ فِي لَيْلَةٍ ، وَلا صَلَّى لَيْلَةً إِلَى الصُّبْحِ ، وَلا صَامَ شَهْرًا كَامِلا غَيْرَ رَمَضَانَ “(رواه مسلم).
Artinya:
Dari Aisyah r.a., bahwasanya beliau telah berkata, “aku tidak mengetahui Nabi Saw. menghatamkan al-Qur’an dalam 1 malam, tidak pula salat semalam suntuk hingga subuh, dan tidak pula puasa sebulan penuh selain Ramadan” (HR Muslim).
——- 🌾
Penjelasan:
1) Hadis pertama “shahih” menurut Imam al-Bukhary dan Imam Muslim, sementara mantan-nya hadis ke-2 juga “shahih” karena disokong oleh riwayat yang lebih kuat. Hadis ke-3 juga “shahih” menurut Imam Muslim.
2) Kedua istri Rasulullah Saw., yakni Aisyah r.a. dan Ummu Salamah r.a. menuturkan bahwa Nabi Saw. pernah berpuasa sebulan penuh pada bulan Sya’ban hingga puasanya bersambung dengan Ramadan.
3) Berarti Rasulullah Saw. pernah berpuasa selama 2 bulan berturut-turut pada bulan Sya’ban dan Ramadan kendati kejadian tersebut bukanlah kejadian rutin setiap tahun, melainkan itu hanya pernah dilakukan oleh Rasulullah Saw.
4) Berdasarkan keterangan hadis pertama dan ke-2, maka disimpulkan bahwa puasa sebulan penuh di bulan Sya’ban adalah perkara yang dibolehkan bagi mereka yang sanggup menunaikannya.
5) Bagi mereka yang repot, maka mempersiapkan diri secara maksimal untuk menyambut puasa Ramadan masih jauh lebih utama.


——-✍️
Pesan Moral:
Rasulullah Saw. yang sudah merasakan lezatnya puasa melebihi lezatnya berbuka, maka wajarlah beliau lebih banyak perhatiannya untuk mengisi hari-harinya dengan puasa. Olehnya itu, belajarlah untuk merasakan lezatnya puasa semoga
—–🌹
Belajarlah berpuasa!
jangan pernah putus asa!
Latihan puasa di bulan Sya’ban,
semoga mantap di bulan Ramadan.

PUASA SYA’BAN SEBULAN PENUH
Tidak Bolehkah?

Bismillah …,

1) عَنْ عائشة رضي الله عنها أنها قالت: وَلا أَعْلَمُ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ الْقُرْآنَ كُلَّهُ فِي لَيْلَةٍ ، وَلا صَلَّى لَيْلَةً إِلَى الصُّبْحِ ، وَلا صَامَ شَهْرًا كَامِلا غَيْرَ رَمَضَانَ “(رواه مسلم).
Artinya:
Dari Aisyah r.a., bahwasanya beliau telah berkata, “aku tidak mengetahui Nabi Saw. menghatamkan al-Qur’an dalam 1 malam, tidak pula salat semalam suntuk hingga subuh, dan tidak pula puasa sebulan penuh selain Ramadan” (HR Muslim).

2) عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ :
مَا صَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا كَامِلا قَطُّ غَيْرَ رَمَضَانَ (رواه البخاري:1971 ومسلم: 1157).
Artinya:
Dari Ibnu Abbas r.a. telah berkata, “tiadalah sama sekali Rasulullah Saw. berpuasa sebulan penuh selain pada bulan Ramadan” (HR al-Bukhary: 1971 dan Muslim: 1157).
3) “… يَجْعَلُونَ أَصَابِعَهُمْ فِي آذَانِهِم …”
(سورة البقرة: 19).
Terjemahnya:
“…, mereka menjadikan/memasukkan jari-jari mereka pada telinga mereka …” (QS al-Baqarah: 19).
——- 🌾
Penjelasan:
1) Hadis pertama “shahih” menurut Imam Muslim dan hadis ke-2 “shahih” menurut Imam al-Bukhary dan Muslim.
2) Dalil yang ke-3 adalah ayat al-Qur’an yang menunjukkan adanya gaya bahasa Arab dalam al-Qur’an yang menyebutkan seluruhnya tapi dipahami sebahagiannya karena tinjauan rasional. Seperti pada contoh di atas, tidaklah mungkin semua jari-jari tangan bisa masuk di telinga, pada hal disebutkan jari-jari secara keseluruhan.
3) Kedua hadis di atas menyampaikan informasi yang kontradiksi dengan hadis yang dikutip pada “Lentera Rajab (29)”.
4) Kendati kontradiksi, tetap saja bisa di-“taufiq” (kombinasi) pemahamannya dengan sehingga titik temu di antara keduanya dapat diketahui.
5) Ibnu Mubarak, sebagaimana yang dikutip oleh Imam al-Tirmiziy, beliau berpendapat bahwa bahasa Arab terkadang menyebutkan seluruhnya tapi yang dimaksudkan hanya sebahagiannya. Ini yang dimaksud dalam ilmu Balagah “zikr al-kulli wa iradah al-ba’dhi” (menyebutkan seluruhnya tapi dimkasudkan sebahagiannya). Olehnya itu, puasa Sya’ban yang disebutkan oleh beberapa riwayat “shahih” sebulan penuh, itu dimaksudkan bahwa sebagian besar harinya bulan Sya’ban berdasarkan keterangan hadis yang menyebutkan secara tegas bahwa puasa Rasul yang sebulan penuh hanya pada bulan Ramadan.
6) Al-Thibiy memahami bahwa memang Rasulullah Saw. sesekali puasanya di bulan Sya’ban utuh sebulan penuh karena ada ta’kid (penguat) mengatakan “syahran kamilan” (sebulan sempurna). Namun, bukanlah itu yang menjadi rutinitas beliau setiap tahun.
7) Pada umumnya ulama menguatkan pendapat yang pertama seperti yang dipahami oleh Ibnu Mubarak.
وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِالصَّواب
——-✍️
Pesan Moral:
1) Perbedaan pendapat adalah dinamika yang tak mungkin dapat dihindari dalam kajian fiqh Islam. Olehnya itu toleransilah dalam menyikapi perbedaan sebatas yang dapat ditoleransi (al-mukhtalaf fiyh)!
2) Ketika terjadi kontradiksi dalam 2 dalil, maka ingatlah kaidah ini!
اعمال الدليلين المتعارضين أولى من اهمال أحدهما
Artinya:
“mengamalkan (mengombinasikan) 2 dalil yang berkontradiksi lebih utama dari pada melepas salah satunya.”
3) Dengan demikian, mengikuti pendapat yang pertama tetap lebih utama dengan tetap menghargai pendapat yang ke-2.
—–🌹
Puasa sebulan penuh,
hanya Ramadan yang utuh.
Puasa bulan Sya’ban penuh,
pendapat ulama tak bisa utuh.

SALAM SILATURRAHIM
——– 🤝 ——-

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar