9

Proyek Individu berbasis IT untuk mapel PAI SMP (+4)

Muhammad Nur'alim April 15, 2014

Artikel ini untuk menjawab tantangan guraru di bulan ini (April 2014), yakni penulisan artikel terkait dengan Project Based Learning berbasis IT.  Telah banyak artikel yang diposting oleh guraruer sesuai dengan tema Project Based Learning.

Salah satunya adalah Bu Etna, yang menulis banyak artikel tentang Contoh-contoh Pembelajaran Berbasis Proyek. Artikel beliau juga memberikan sentuhan pustaka di dalamnya.

Saya mencoba menuliskan artikel ini, namun agak sedikit berbeda. Jika sebelumnya, kebanyakan artikel yang ditulis adalah proyek berbasis kelompok, kali ini, PBL yang akan saya lakukan adalah proyek individu.

Entah benar, entah tidak. Jika melihat dari artikel sebelumnya seperti yang ditulis oleh Bu Etna pada artikel  “Contoh PBL untuk Matematika”, setidaknya PBL memenuhi 3 unsur berikut.

  1. Kegiatan awal merumuskan masalah proyek
  2. Perencanaan dan pelaksanaan proyek
  3. Pelaporan tertulis dan presentasi

Mudah-mudahan tugas yang saya berikan bisa memenuhi beberapa unsur tersebut.

Apa tugas proyek yang saya perintahkan?

Tugasnya adalah mencari bukti-bukti kebesaran Allah yang ada di alam semesta ini. Ini bertujuan untuk peningkatan Iman kepada Allah pada pembelajaran mapel Pendidikan Agama Islam kelas VII Semester I.

Tugas ini pernah saya berikan kepada siswa, pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Saya menugaskan mereka untuk mencari bukti-bukti yang sesuai, lalu dikirim melalui Blog Belajar PAI seperti yang pernah saya tulis sebelumnya pada artikel Mengirim Tugas Online via Blog”.

Bukti-bukti yang saya tugaskan bisa berupa gambar,  rangkaian video maupun artikel. Saya bisa memeriksanya secara langsung melalui desktop dropbox yang sudah terinstall di laptop.

Berikut saya sertakan beberapa contoh dari proyek siswa yang telah dikumpulkan melalui Blog.

Tugas yang dikirim via blog berupa file gambar

Tugas yang dikirim via blog berupa file gambar

Tugas yang dikikirim berpa file video melalui Blog

Tugas yang dikikirim berpa file video melalui Blog

Tugas yang dikirim berupa dokumen

Tugas yang dikirim berupa dokumen .docx

Semua file yang telah dikirim oleh siswa, tersimpan rapi di dropbox. Dapat dilihat secara online di sini

Demikian proyek individu berbasis IT yang pernah saya lakukan. Semoga bermanfaat.

Comments (9)

  1. Alhamdulillah pak Nur sudah posting lagi. Di atas ditulis 3 langkah. Tugas bisa individu. Mereka masing-masing berpikir mencari bukti kebesaran Allah SWT. Insya Allah mereka telah berupaya mengembangkan pikirannya untuk mempelajari kebesaranNya, kemudian mencari dan memilih. Mereka tentulah memiliki suatu tujuan ketika akan memilih. Ketika menemukan sumber belajar, mereka berusaha menyesuaikannya dengan tujuannya. Dalam proses ini ada suatu masalah dalam tugas yang akan diselesaikannya sendiri. Keputusan ada padanya. Tugas sudah ada open endednya, tak terlalu dibatasi, sehingga siswa dapat bekerja sesuai pilihannya sendiri. Alangkah baiknya kalau siswa diberi tambahan tugas lagi untuk melengkapi pelaporan (point 3), memberikan penjelasan tentang kebesaran Allah SWT dari foto tersebut. Bagus pak, teruskan PBLnya. Kelas lain bisa diberi tugas berbeda, Selamat untuk bapak. Salam perjuangan.

  2. Alhamdulillah Bu Etna.. terima kasih motivasinya. saya berkeinginan untuk berusaha memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan metode-metode yang baik dan tepat untuk menunjang pembelajaran. Sekali lagi terima kasih atas masukannya.

  3. Sama-sama pak Nur. Kita di sini belajar bersama. Oleh sebab itu, marilah terus membaca, menulis, sharing, dan saling respon. Insya Allah ketika kita sudah terbiasa, mudah untuk melakukan apapun yg terbaik dalam melayani bangsa. Insya Allah tak ada sesuatu pun yg sulit. Apapun yg terjadi kita tetap semangat, terutama di bulan April ini, mari terus belajar PBL dan menerapkannya. Saya salut pada bpk. Salam sukses.

  4. Pak Nur’alim terimakasih atas sharingnya. PBL bukan hanya pada pemberian tugas saja yang diberikan namun bagaimana proses pembelajaran berbasis proyek itu berjalan. Output dari PBL adalah hasil karya (project). Jadi sangat penting sekali untuk melakukan langkah-langkah PBL seperti apa yang telah disampaikan bunda Etna.

    Tetap semangat!

  5. Terima kasih pak Sukani, atas responnya terhadap artikel saya. Semoga ini dapat menambah semangat dalam menggunakan IT untuk pembelajaran. Juga menambah pengetahuan dan pengalaman saya dalam menerapkan pembelajaran yang baik, khususnya PBL.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar