0

Prosedure Text Kelas IX (0)

FitriyaniElHasan March 14, 2021

Kompetensi Dasar:

3.7 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks prosedur dengan menyatakan dan menanyakan tentang resep dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.7   Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana.

4.8   Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, berbentuk resep dan manual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Materi Pembelajaran: Teks lisan dan tulis teks  prosedur berbentuk (a) resep dan (b) manual pendek dan sederhana

Fungsi sosial: Mencapai hasil terbaik secara efisien, menghindari kecelakaan, kerusakan, pemborosan, dsb.

Struktur text: Ungkapan baku yang digunakan dalam (a) resep dan (b) manual, dari sumber-sumber otentik.

  1. Menyebutkan tujuan
  2. Menyebutkan bahan dan/atau peralatan (jika diperlukan, opsional)
  3. Menyebutkan serangkaian langkah kerja secara urut dan runtut untuk mencapai tujuan

Unsur kebahasaan:

  • Tata bahasa: kalimat imperatif, negatif dan positif
  • Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam (a) resep dan (b) manual
  • Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
  • Ucapan, tekanan kata, intonasi
  • Ejaan dan tanda baca
  • Tulisan tangan

Topik: Makanan, minuman, barang, yang lazim atau terkait dengan hidup siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama dan bertanggung jawab.

Penilaian:

  • Tingkat ketercapaian fungsi sosial (a) resep dan (b) manual pendek dan sederhana.
  • Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang cara pembuatan makanan, minuman dalam (a) resep dan pengoperasian alat dalam (b) manual.
  • Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, kerapihan tulisan tangan.
  • Sikap tanggung jawab, kerjasama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang cara pembuatan makanan, minuman dalam (a) resep dan pengoperasian alat dalam (b) manual.

Sikap:

  • Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
  • Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.
  •  Penilaian diri:

 Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan (a) resep dan (b) manual, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Pengetahuan: Membaca dan menulis teks (a) resep dan (b) manual yang menuntut pemahaman dan pemaparan tentang cara pembuatan makanan dan minuman dan pengoperasian alat.

Keterampilan: Tugas menganalisis dan menghasilkan (a) resep dan (b) manual pendek dan sederhana tentang makanan, minuman, dan alat yang nyata di lingkungan sekitar.

Observasi: Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan cara pembuatan makanan, minuman dalam (a) resep dan pengoperasian alat dalam (b) manual, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.

Portofolio: Kumpulan karya teks (a) resep dan (b) manual tentang cara pembuatan makanan dan minuman dan pengoperasian alat yang telah dibuat, Kumpulan hasil analisis tentang beberapa (a) resep dan (b) manual tentang cara pembuatan makanan dan minuman dan pengoperasian alat.

alokasi Waktu: 16 JP

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar