10

Project Based Learning Sesuai Untuk Pembelajaran Era Baru (+7)

Bu Etna @gurutematik April 14, 2014

Selamat Siang Guraru. Insya Allah kita semua sehat wal afiat. Saat ini anak bangsa sedang berjuang menghadapi UN. Insya Allah lancar dan sukses. Berbicara pendidikan era baru, akhir-akhir ini kita terus belajar dan meningkatkan pembelajaran sesuai dengan era cyber, khususnya PBL. Setiap hari ada saja Guraru yang posting artikel, sehingga wawasan kita dapat bertambah. Alhamdulillah.

Bagaimana pendidikan di abad ke 21 ini? Benarkah PBL merupakan salah satu pembelajaran yang paling sesuai? Guraru, internet sudah dikenal di mana-mana, bahkan sudah digunakan oleh segala lapisan masyarakat, hampir segala umur yang dapat membaca dan menulis. Bagaimana keadaan anak didik saat ini? Apa yang telah diketahuinya dari berbagai macam socmed yang dengan mudah dapat dibuka dan dibacanya? Bagaimana guru melaksanakan pembelajaran di abad ini? Apakah hasil pendidikan cara lama dapat sesuai dengan dunia kerja saat ini? Tidak mungkin. Guru harus mengajar sesuai dengan era baru di abad ke 21 ini.

Gambar 1: Pergeseran paradigma belajar abad ke 21 yang tertuang dalam kurikulum 2013
Paradigma

Gambar 2Empat prinsip pokok pembelajaran abad ke 21

  1. Pembelajaran berpusat pada siswa. Mulai awal hingga akhir pembelajaran, biarkan siswa menuntaskan tugasnya.
  2. Secara kolaboratif siswa menyelesaikan tugas proyeknya (PBL).
  3. Siswa belajar berdasar konteks dalam kehidupan sehari-hari (Daily life context)
  4. Sekolah mengadakan integrasi dengan masyarakat agar pembelajaran bersifat tematik integratif.
    PBL

Di bawah saya sematkan video yang membahas tentang “Pendidikan abad ke 21.” Sebenarnya video ini berbahasa Inggris, namun di bawahnya tersedia teks dalam bahasa Indonesia. Insya Allah video ini dapat menginspirasi kita. Melalui video ini Insya Allah kita dapat menyadari bahwa Guru Era Baru (Guraru) tentunya melaksanakan Pembelajaran Era Baru (Peraru).

Selain itu saya sematkan pula video tentang ecoplast (bioplastik) dari singkong, yaitu plastik ramah lingkungan. Sayangnya sementara ini mayoritas bioplastik ini dieksport. Dalam negeri masih sekitar 10%nya. Insya Allah bioplastik ini segera dapat dimanfaatkan oleh bangsa kita sendiri. Bioplastik merupakan salah satu produk era baru. Di era baru ini seluruh negara harus bertanggung jawab atas produk yang dihasilkan. Lingkungan harus segera dibenahi, tidak dirusak terus menerus. Marilah kita siapkan generasi penerus bangsa untuk memperbaiki negara kita. Insya Allah bisa.

Untuk keterlaksanaan pendidikan abad ke 21 ini, IT amat penting. Kita harus melek IT; hal ini jelas tak dapat dipungkiri lagi. Bahkan tak hanya melek IT; kita harus menghadapi tantangan pendidikan terkini untuk menembus dunia kerja. Insya Allah kita mampu. Berikut beberapa gambar pendidikan abad ke 21.

Gambar 3: Pengaruh era cyber amat besar dalam pembelajaran efektif, inovatif, dan kreatif.

Komputerisasi

Gambar 4: Siswa SD di sekolah sudah memanfaatkan ipad/tab atau sejenisnya dalam pembelajaran mandiri. Siswa mampu menggunakan IT untuk mengerjakan tugasnya, baik Problem based learning maupun project based learning. Jelaslah mereka sudah berpikir tingkat tinggi.

Media IT

Gambar 5: Cucu saya kelas IV SD sudah mampu menciptakan games. Di rumah, Nando sedang mengerjakan tugas mandiri sekolah, membuat program permainan edukasi.

cucu dan laptop

Mari belajar bersama di dunia maya dan nyata, untuk meningkatkan layanan bangsa agar kualitas pendidikan bangsa terus meningkat. Silakan mendengarkan pembahasan dalam ke duavideo berikut. Insya Allah bermanfaat.

 

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (10)

  1. Iya bpk benar. Adanya web ini kan utk kolaboratif. Makanya saya terus menulis kan juga selalu ingin kolaboratif, sejak bergabung. Namun mgkn bpk sendiri sibuk shg jarang sempat kolaboratif khususnya dg saya. Hehehe. Utk kolaboratif ya hrs ada ide dulu. Utk Guraru ya sebaiknya contoh Peraru dulu kolaboratif dg org terdekat. Insya Allah kita bisa. Thx ya dan salam sukses.

  2. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Artikel yang bagus dengan didukung video yang memotivasi kita semua untuk terus melaksanakan pembelajaran era baru (Pendidikan abad 21). Guru agar tidak ketinggalan jaman dan mampu mengikuti perubahan jaman maka harus melek teknologi. Khususnya dengan PBL maka guru dapat memberikan penugasan proyek kepada siswanya dengan memanfaatkan teknologi. Saya berikan vote +1.

    Salam hormat,

  3. Pak @Sukani Thx respon, motivasi, dan votenya. Ya pak, kita tak mungkin menghindari PBL. Guru harus melakukan PBL. Sebenarnya sejak dahulu, namun tak diungkapkan dengan istilah PBL, hanya sebagai metode pembelajaran proyek. Nah karena hanya alternatif dan terkesan ribet, maka guru memilih ceramah bervariasi. Istilah ini sampai terpakai lama seakan mbalung sumsum, hehehe. Insya Allah, oleh sebab itulah sekarang ditegaskan di kurikulum 2013. Salam PBL.

  4. Pak @Sukani masih ingat betul ya, istilah ceramah bervariasi dalam pembelajaran berpusat pada guru. Ternyata banyak alternatif metode, diskusi, Tanya jawab, tugas, bermain peran, proyek dll kadarnya amat kecil, hamper tak terjamah. Akhirnya soal subyektif waktu saya sekolah dulu bergeser menjadi obyektif pilihan ganda. Ada lagi istilah diskusi informasi, ehmm … ternyata guru lebih banyak menjelaskan di depan dan anak nyaris setiap saat duduk rapi tak berkutik, hehehe. Itu tak semua guru. Namun nyatanya sampai sekarang susah digeser ke arah PBL. Insya Allah kita tak demikian. Salam.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar