1

PROGRAM“Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfidz” (0)

AQILA INDANA ZULFA February 25, 2021

OLEH:

CALON GURU PENGGERAK

ERNA,S.Pd

SD NU HASYIM ASY’ARI

Jalan. Laks. Martadinata II / 36 Telp. (0341) 336158 Malang

LATAR BELAKANG

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan kehidupan yang bermakna, dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keharusan, yang ditempuh melalui pendidikan.

Pendidikan agama ini harus dilalui anak baik  di rumah maupun sekolah dan masyarakat. Dimana sekolah merupakan pihak yang mendapat mandat orang tua untuk membantu  mendidik putra-putrinya demikian juga pendidikan masyarakat.

Pendidikan agama yang bisa dikembangkan pada usia dini dan usia sekolah dasar antara lain Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfizd. Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfizd sesuai dengan tingkat perkembangan  mereka yang selalu meniru orang lain. Dimana kegiatan pembelajaran akan hampir semua kegiatannya meniru dan mengulang terus-menerus.

Banyak metode BTQ yang dikembang oleh para ustad dan kyai di Indonesia. Salah satunya adalah  metode Iqra’. Metode ini punya kelebihan sangat fleksibel. Bisa digunakan untuk siswa yang kemampuan belajarnya cepat maupun kecepatan rata-rata. Siswa yang cepat akan memgunakan buku pegangan “Klasikal” sedang yang sedang menggunakan buku Iqra’ standar. Dimana buku pendukung dan alat peraganya juga banyak.

Kelebihan kedua dari metode ini adalah hampir semua isi  dalam buku pegangan bermakna. Kata-kata yang digunakan semua mempunyai arti. Sedang  kalimat-kalimat pendek yang digunakan diambil dari Al-Qur’an.

Bukan berarti metode lain tidak baik. Masing-masing metode punya kekurangan dan kelebihan sendiri. Namun dalam belajar,  faktor guru lebih menentukan keberhasilan siswa dari pada metode.

Penggunaan   metode Iqra’ diputuskan karena sesuai dengan kondisi di SD NU Hasyim Asy’ari, tanpa adanya koordinasi yang ketat. Dalam pelaksanaannya hampir 12 tahun, perlahan lahan peningkatan tingkat kelulusan siswa per jilid. Diawali dengan tingkat keberhasilan 30%-40 sampai tahun 2019-2020 mencapai 60%-70%. Semoga pembelajaran di sd SD NU Hasyim Asy’ari ini selalu diberkahi Allah

TUJUAN

  1. Peserta didik mampu membaca dan menulis Al Quran  dengan baik dan benar
  2. Membiasakan diri membaca dan mencintai Al Quran serta mengaplikasikan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.
  3.  Mampu menghafal surat-surat pendek dalam Al Quran dan memahami isi kandungan Al Quran sebagai bekal dalam kehidupan
  4. Agar siswa dapat berkompeten dalam Baca Tulis al-Qur’an dan Tahfidz.

DASAR HUKUM

  1. Undang Undang N0. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan Nasional
  2. PP No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
  3. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

WAKTU DAN TEMPAT

Pragram ekstrakurikuler BTQ di SD NU Hasyim Asy’ari ini dilaksanakan setiap pada jam ke-0, artinya dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, tepatnya mulai jam. 06.30 WIB sampai dengan 07.15 WIB

Adapun tempat yang  digunakan untuk melaksanakan program ekstrakurikuler BTQ itu adalah di kelas masing-masing, dari kelas 1 – 6 ketika zoom atau guling

Tagged with:

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar