2

Profesionalitas Guru di Masa Pandemi Covid 19 (0)

Rifana Luudi February 7, 2021

Profesionalitas guru adalah kemampuan yang dimiliki dan ditunjukkan guru dalam melaksanakan tugas mengajar dalam mewujudkan tujuan pembelajaran dan pendidikan yang diukur dengan lima dimensi, yaitu perilaku profesional, komitmen terhadap siswa, organisasi profesi, kode etik dan kompetensi profesional.

Saat ini profesionalitas guru sedang diuji. Dimasa pandemi Covid 19, pelaksanaan tugas mengalami perubahan yang sangat signifikan dari yang dulunya guru melaksanakan tugas secara penuh disekolah, bertatap muka dengan pimpinan sekolah, rekan sejawat, dan peserta didik, kini harus dibatasi untuk memutus rantai penyebaran Covid 19. Di beberapa daerah guru sudah bisa melaksanakan tatap muka secara penuh tetapi didaerah lain termasuk daerah kami, masih menunggu izin dari Pemerintah Daerah untuk melaksanakan tatap muka secara penuh, bukan lagi tatap muka terbatas.

Tidak hanya pada masalah tatap muka, profesionalitas guru pun diuji dengan bagaimana ditengah pandemi covid 19, guru mampu memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Dibeberapa tempat pembelajaran bisa dijangkau dengan menggunakan media IT tetapi ditempat lain penggunaan media berbasis IT tidak bisa karena belum tersedianya fasilitas. Menggunakan metode Guru Keliling pun seringkali terkendala dengan akses jalan yang tidak mendukung. Ketika semua media mendukung dan fasilitas memadai, tidak ada kesadaran dari peserta didik mengikuti pembelajaran maupun orang tua untuk mendukung pembelajaran.

Guru harus benar-benar siap dengan materi pembelajaran yang dapat dimengerti oleh peserta didik. Kemampuan membimbing peserta didik melalui media IT harus ditingkatkan karena jika tidak ketika siswa tidak mengerti dengan materi dan tugas yang diberikan, ada kemungkinan peserta didik tidak lagi mengikuti pembelajaran dan tugas yang diberikan tidak diselesaikan.

Namun dengan adanya pandemi covid 19 dan segala tantangan/hambatan yang ada, profesionalitas guru harus terus berkembang dan semakin hari semakin baik. Guru harus mampu mengatasi segala tantangan itu, karena pada gurulah diletakan tanggung jawab untuk mendidik dan mengajar peserta didik untuk menjadi manusia yang berguna bagi keluarganya, masyarakat, bangsa dan negara. Banyak program pemerintah dan lembaga-lembaga pemerhati pendidikan yang mendorong guru untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalitasnya. Walaupun hanya melalui tatap muka secara virtual, guru difasilitasi untuk dapat mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalitasnya. Guru dapat tetap berkomunikasi dan berbagi ilmu dengan rekan sejawatnya dalam organisasi profesi seperti MGMP, KKG dsb via daring.

Mennjadi guru tidaklah mudah, tidak semua orang bisa menjadi guru, guru adalah profesi yang mulia, tantangan apapun harus berusaha dilalui dengan selalu memohon pada Yang Maha Kuasa agar selalu diberikan kemampuan dan kekuatan untuk melalui semua tanggung jawab.

Semoga pandemi Covid 19 cepat berlalu dan guru kembali bisa bertatap muka lagi dengan sesama rekan sejawat dan peserta didik tanpa ada ketakutan untuk terjangkit virus Covid 19.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar