5

Profesionalisme Guru dalam Era Pendidikan 4.0 (0)

Ahmad Maulidi December 31, 2020

Perkembangan zaman yang pesat menuntun kehidupan manusia masuk dalam era kemajuan industri. Zaman itu disebut dengan era 4.0. Sebuah era di mana kemajuan semakin massif seturut dengan perkembangan segala aspek kehidupan. Hadirnya era 4.0 menjadi sebuah tanda bahwa zaman tak akan berhenti dan menuntut perubahan. Maka menjadi keniscayaan jika manusia hanya berdiam dan tak melibatkan diri dalam kemajuan era tersebut.

Dalam menghadapi era 4.0, kita harus terus berusaha meningkatkan daya saing. Belajar agar lebih berkembang lagi dengan kebutuhan yang sesuai dengan tuntutan era 4.0 mutlak dimiliki. Kita harus menciptakan kesadaran bahwa kehadiran era 4.0 adalah sebuah era baru yang akan menjadikan bangsa Indonesia lebih maju hingga mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Apa sesungguhnya revolusi industri 4.0? Prof. Klaus Martin Schwab seorang teknisi dan ekonom Jerman, yang juga pendiri dan Executive Chairman World Economic Forum, yang pertama kali memperkenalkannya. Dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution  (2017), ia menyebutkan bahwa saat ini kita berada pada awal sebuah revolusi yang secara fundamental mengubah cara hidup, bekerja dan berhubungan satu sama lain.

Dampak era 4.0 bagi manusia tidak hanya menyentuh satu bidang kehidupan saja. Meskipun era ini awalnya hadir sebagai wujud revolusi industri kekinian, akan tetapi keberadaannya sudah memberi dampak hampir di semua lini kehidupan. Dalam aspek pendidikan di sekolah sekalipun, era 4.0 telah merasuki sendi-sendi elementer di dalamnya. Kini sudah menjadi tuntutan mutlak bahwa kemajuan sekolah dewasa ini harus sejalan dengan kemajuan era 4.0.

Untuk siap menghadapi tantangan era 4.0 di lingkungan sekolah, langkah-langkah yang tepat harus selaras dengan kebutuhan dunia sekolah itu sendiri. Era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan yang harus direspon secara cepat dan tepat. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta pendidikan. Kebijakan strategis perlu dirumuskan dalam berbagai aspek mulai dari kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumberdaya, inovasi, serta pengembangan cyber di lingkungan sekolah.

Secara sadar, seluruh elemen dalam sekolah, mulai dari siswa, guru, pimpinan, dituntut untuk memahami kebutuhan mendasar era 4.0. Untuk guru sendiri, ruang lingkup tugas tidak lagi hanya sebatas memberikan pengajaran dan penilaian terhadap kualitas peserta didik. Lebih dari itu, guru juga harus memiliki kompetensi inti yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.0. Dengan begitu, aspek profesionalisme pada diri guru dengan sendirinya akan meningkat dan menjadi nilai tambah tersendiri untuk ke depannya.

Dalam lingkup pendidikan, ada beberapa komponen yang patut menjadi perhatian untuk mencapai keselarasan dengan era revolusi industri 4.0, di antaranya: 1) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia โ€“ Capaian Pembelajaran; 2) Kurikulum sekolah: Integrasi keterampilan baru dalam kurikulum mengedepankan aspek teknologi; 3) Pembelajaran Inovatif yang berkesinambungan dengan penelitian dan inovasi; dan 4) Pembelajaran Daring: daring atau pembelajaran jarak jauh.

Komponen di atas merupakan mata rantai fungsi penilaian yang dimiliki oleh elemen sekolah. Artinya, dalam tugas penilaian yang dilakukan oleh guru, pengawasan terhadap komponen-komponen tersebut akan memberikan deskripsi yang positif dalam peningkatan keprofesionalitasan guru. Apalagi jika dalam penilaian nantinya pengawasan yang dilakukan menjunjung asas objektif, transparansi, dan terukur dalam mengungkap hasil penilaian.

Maka harapan dalam peningkatan kualitas SDM sekolah, mulai dari siswa, guru, juga peningkatan kualitas insfrastruktur akan sejalan dengan kebutuhan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Selain itu, pendidikan di sekolah senantiasa akan terus berbenah mengikuti arus globalisasi saat ini sehingga kemajuan segala aspek yang di dalamnya tidak lagi sekadar harapan semata. Yang paling urgen adalah era 4.0 dalam bidang pendidikan yakni tercapainya reformasi pendidikan  yang sejalan dengan kemajuan era 4.0 yaitu menciptakan insan pendidikan dengan karakter tangguh dalam menghadapi tantangan zaman ke depannya.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar