40

Presentasi lebih Wow dengan menggunakan Tablet (+11)

Pak Sukani @gurumelekIT February 11, 2014

Selain presentasi dengan menggunakan pointer, kita juga dapat menggunakan tablet untuk presentasi. Memanfaatkan tablet untuk presentasi adalah pilihan tepat yang bisa kita pilih untuk memaksimalkan penggunaan tablet yang kita miliki selain untuk kegiatan berjejaring sosial dan sebagainya. Apabila guraruers memiliki tablet, maka tidak ada salahnya untuk mencoba presentasi dengan menggunakan tablet. Menggunakan tablet untuk presentasi memiliki beberapa keuntungan yaitu : 1) Selain tablet dapat digunakan sebagai remote presentasi juga dapat dijadikan sebagai mouse dan keyboard untuk mengendalikan laptop ; 2) Mampu menarik perhatian audiens karena memberikan suasana yang berbeda ; 3) Kita tidak perlu mantengin duduk depan laptop untuk mengganti slide dan menavigasikan kursor serta menjalankan program-program lain ; 4) Kita dapat lebih leluasa berinteraksi dengan audiens.

Menarik bukan?

 P1100632

Gambar : Saat saya presentasi dengan menggunakan tablet

Tablet yang akan kita manfaatkan untuk presentasi ini adalah tablet berbasis android yang di dalamnya ada bluetoothnya. Kita sebetulnya bisa juga memanfaatkan Wi-Fi namun terdapat beberapa kendala, diantaranya adalah : 1) jika di tempat kita presentasi tidak ada jaringan Wi-Fi maka ini menjadi masalah besar ditambah lagi jika tablet kita tidak ada koneksi internet ;  2) Jika tablet kita ada koneksi internet maka kita dapat memanfaatkan koneksi internet yang ada di tablet tersebut dan membuatnya Wi-Fi portable, namun untuk presentasi yang panjang (waktu lama) maka akan menghabiskan kuota yang lumayan besar, pulsa habis terkadang koneksinya pun bermasalah. Oleh karena itu, saya menyarankan untuk memanfaatkan fasilitas bluetooth yang ada pada tablet kita.

Untuk Laptop kita juga harus memiliki fasilitas bluetooth jadi jika di laptop kita belum ada fasilitas bluetoothnya (silahkan cek di device manager) maka dapat membeli USB bluetooth portable. Harganya murah kok guraruers, kemarin (2/2/2014) saya membeli USB bluetooth portable di Margonda Depok seharga 25 ribu. Kita bisa sepuasnya mengajar, presentasi, mengisi seminar dan pelatihan cukup dengan Tablet android yang menjadi mouse dan remotenya.

Lalu, bagaimana tablet kita bisa dimanfaatkan untuk presentasi? Jawabannya adalah tablet kita ubah fungsinya menjadi remote presentasi, mouse dan keyboard. Cara mengubahnya adalah salah satunya menggunakan aplikasi yang bernama “Andromouse”. Aplikasi “Andromouse” dapat membuat tablat kita menjadi remote presentasi, mouse dan keyboard secara instan. Silahkan guraruers search dan download aplikasi Andromouse tersebut di Play Store pada tablet. Guraruers juga dapat mendownload aplikasi Andromouse untuk Tablet DISINI. Untuk di PC laptop guraruers juga harus diinstall aplikasi Andromouse Desktop Server yang sama. Silahkan download DISINI.

bb

Gambar : Tampilan Andromouse di Tablet

Install Andromouse di tablet untuk versi androidnya dan sebagai servernya install versi PC di laptop. Hubungkan kedua bluetooth tersebut dan jalankan aplikasi Andromousenya. Server di laptop akan meminta untuk terlebih dahulu meng-add device bluetooth dari Tablet. Silahkan guraruers menghubungkannya dengan kabel data maka laptop akan langsung mendeteksi device-nya serta otomatis meng-add device bluetooth tablet di laptop. Setelah device bluetooth semua sinkron dan bluetooth antara tablet dan server di laptop terkoneksi tinggal kita buka aplikasi Andromouse-nya kemudian klik menu bluetooth maka tablet android seketika akan menjadi remote, mouse dan keyboard buat laptop dan kita bisa menggunakannya untuk presentasi.

Untuk tutorial lebih lengkapnya, guraruers dapat membacanya langsung di website Andromouse. Silahkan klik DISINI.

Demikian guraruers yang bisa saya sampaikan, semoga dapat memberikan sumbangsih untuk kemajuan pendidikan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Asyiknya learning by technology………,

Selamat berkreasi dan salam sukses,

ice
Digoyang dulu ya….he…he…he… (#ice breaking biar fresh)

About Author

Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (40)

  1. Wuuihh Bapak kerennya :), btw saya pengen bisa memaksimalkan galaxy note saya bukan sekedar pointer saja tapi juga bisa miror gitu pak? jadi yang di layar sama dengan tampilan di Note saya…. Tadi siang sudah tanya dept IT, tapi kayaknya mikirnya cukup lama 😀 heheh, bisa bantu? ini alamat email saya : deasisaragih13@gmail.com. Mohon bantuannhya ya pak 😀

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar