4

Pohon Bidara dan Manfaatnya (0)

Ayuma Sofyati February 6, 2021

Pernah dengar pohon  bidara? pasti pernah dong ! pohon yang tumbuh di daerah kering ini memiliki batang yang berduri dan juga berbuah yang rasanya pahit dan asam.  Nama ilmiah pohon ini adalah Ziziphus mauritiana. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah yang  beragam seperti  widara ( dara) kalangga, bukkol, rangga ( Wikipedia ) dan buah bidara ini bisa ditemukan di pulau Jawa, Bali dan juga Sumba.

Tanaman yang satu ini bisa dibilang sangat istimewa. Ia menjadi salah satu tanaman yang disebut dalam Alqur’an dengan nama ‘sidr’ dan juga disebut sebagai salah satu pohon surga yang sudah dihilangkan durinya  serta enak rasa buahnya

Tentang hal ini bisa kita temukan dalam  QS . Saba ayat 16

“Tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr (bidara)

Dan juga terdapat dalam QS . Al – waqiah Ayat 27-28

“ Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu”.

 “ (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri “

Selain itu baik buah maupun  daun berbentuk bulat panjang dari pohon kecil yang tumbuh di daerah kering ini telah banyak diteliti dan di buktikan secara ilmiah akan manfaatnya untuk kesehatan  diantaranya mulai dari membangun imunitas, melancarkan pencernaan hingga bersifat antioksidan dan yang lainnnya.

Yuk kita lihat apa saja manfaat dari buah istimewa ini.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Ekstrak daun ini  dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati hati berlemak, aterosklerosis, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kadar kolesterol serta trigliserida tinggi.

2. Merawat kulit

mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat melawan efek penuaan. Antioksidan melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dan vitamin C sehingga dapat berfungsi melawan jerawat serta membuat wajah sehat berkilau . Adapun, jenis antioksidan yang terdapat dalam buah bidara ini adalah, flavonoid, polisakarida, dan asam triterpenic. 

3. Memiliki sifat anti bakteri

Dalam ekstrak Daun ini sejumlah besar mengandung  fenolik dan flavonoid

4. Bersifat antitumor dan antikanker

Selain antibakteri, kandungan fenolik dalam daun ini menunjukkan aktivitas antitumor dan  antikanker yang kuat

5. Mempercepat pertumbuhan rambut

 Daun dan biji buah bidara yang diekstrak menjadi minyak atsiri mempunyai manfaat  untuk pertumbuhan rambut.            

6. Buah Bidara untuk Atasi Kecemasan

Anxiety atau Gangguan kecemasan juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah bidara ini.  Pasalnya, dari penelitian yang dilakukan, senyawa-senyawa yang diekstrak dari buah bidara ini memiliki efek penenang untuk tubuh.

7. Manfaat Buah Bidara untuk Diabetes

Buah bidara memiliki efek anti-diabetes. Artinya, kandungan dalam buah ini akan membantu sel untuk memanfaatkan gula darah dan melindungi serta mencegah peningkatan kadar gula darah yang bisa menyebabkan diabetes.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Daun biadara juga dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Demikian semoga bermanfaat

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar