1

Podcast sebagai Sarana Pembelajaran Kekinian (0)

Thurneysen Simanjuntak March 31, 2021

Sejak tahun 2020, saya sudah memiliki akun podcast melalui sebuah aplikasi, namanya anchor. Dengan bermodalkan belajar dari youtube, akhirnya saya berhasil membuat podcast pribadi tersebut.

Berdasarkan pengalaman, sebenarnya tidak sudah untuk menggunakannya. Apalagi sudah ada banyak panduan dari youtube.

Saya sebenarnya mencoba belajar podcast, bukan karena ingin menjadi podcaster. Tetapi semata ingin menjadikan podcast menjadi sarana pembelajaran di kelas. Apalagi dalam kompetensi dasar pada pelajaran yang saya ampu banyak dibutuhkan kemampuan bercerita dan menyampaikan pendapat.

Nah, karena itu saya pun mencoba belajar terlebih dahulu sebelum mengajarkannya ke anak didik dan menantang mereka untuk membuat tugas melalui podcast .

Tipikal saya memang demikian, sebelum memberikan penugasan kepada siswa, saya harus mengajarkan hal itu dan telah melakukannya. Anak-anak pun akan lebih mudah karena kita sudah memiliki contoh.

Tak disangka dan tak diduga, ternyata anak didik saya banyak yang senang diberikan penugasan menggunakan podcast tersebut. Katanya kekinian dan mereka mendapatkan sesuatu pelajaran yang baru dan bermanfaat.

Berikut adalah salah satu hasil evaluasi atau refleksi yang dilakukan oleh siswa pada pembelajaran tersebut.

“Saya sangat senang menggunakan podcast untuk menyampaikan tugas. Sebelum ini, saya belum pernah mendapat tugas membuat podcast.

Selain itu, topik yang diangkat juga sangatlah menarik dan merupakan sesuatu yang sifatnya universal atau menyeluruh.

Saya juga tidak masalah dengan konsepnya, karena sebelumnya telah saya diberikan penjelasan oleh guru tentang topik yang dibahas yaitu tentang tema perubahan sosial.

Setelah memahami cukup dalam dan mengerjakan sejumlah latihan soal, kemudian diberikan penugasan. Teori dan konsep sebelumnya ternyata sangat membantu saya untuk membuat podcast.

Setelah itu, saya langsung menyusun script agar pembahasannya dapat terstruktur dan tetap sesuai dengan kriteria penilaian. Kemudian, setelah script sudah selesai, saya langsung merencanakan untuk merekam audio suara dengan membaca apa yang tertera didalam script.

Saya juga harus mendesign foto yang mendukung tema podcast yang saya bawakan. Jadi, menurut saya tugas ini menarik karena merupakan tugas gabungan dari pembelajaran tentang teori dan juga tentang bagaimana kita menjelaskan kembali apa yang telah kita pahami dengan dibantu oleh latihan communication skill melalui rekaman podcast.”

Sebenarnya masih ada beberapa lagi yang menyampaikan pendapat mereka tentang pembelajaran dan penugasan melalui podcast ini.

Intinya saya sangat senang dengan evaluasi atau refleksi yang dilakukan oleh siswa. Seorang guru akan meresa lelahnya akan terangkat ketika anak muridnya merasakan manfaat pembelajaran. Apalagi pembelajaran tersebut sesuai dengan selera dan minat generasi mereka.

Saya pun semakin menyadari, ternyata untuk mengajarkan sesuatu kepada siswa, harus benar-benar perlu memikirkan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan berorientasi pada masa depan. Semoga pembelajaran ini semakin mengajarkan saya untuk rajin mencari terobosan-terobosan lainnya dalam pembelajaran.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar