0

Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila (0)

Pengelola Guraru August 22, 2022

Kurikulum Merdeka mulai diperkenalkan kepada satuan pendidikan mulai tahun 2021 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Saat ini, Kurikulum Merdeka sudah diterapkan oleh kurang lebih 2.500 Sekolah Penggerak di Indonesia. 

Selama tahun 2022-2024, Kurikulum Merdeka direncanakan menjadi opsi tambahan terlebih dahulu dalam rangka pemulihan pembelajaran hingga akhirnya akan diterapkan secara masif pada tahun 2024. Dalam rangka mendukung berjalannya Kurikulum Merdeka, Kemendikbud Ristek juga meluncurkan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Lalu, apa itu Platform Merdeka Mengajar? Bagaimana mengakses platform tersebut?  Simak informasinya berikut ini.

Apa itu Platform Merdeka Mengajar?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Selain itu, PMM juga dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. 

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi dan perangkat bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka sekaligus pengembangkan diri. Sampai saat ini, tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar yang berbasis Kurikulum Merdeka. Selain itu, terdapat juga fitur asesmen murid yang dikembangkan untuk membantu tenaga pendidik melakukan analisis diagnostik terkait kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi dengan cepat. Melalui fitur tersebut peserta didik dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan.

PMM juga memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun. Fitur Belajar dapat memberikan fasilitas pelatihan mandiri yang memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk memperoleh materi pelatihan berkualitas. Fitur selanjutnya adalah Berkarya, di mana fitur ini dapat membangun portofolio hasil karya guru agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

Baca juga: Metode Pembelajaran “Picture and Picture” dan Penerapannya

Manfaat Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek diharapkan mampu menjadi teman bagi guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Salah satunya, platform ini dapat mempermudah guru mengajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangan peserta didik. Terdapat beberapa manfaat dari Platform Merdeka Mengajar, berikut Guraru jelaskan berdasarkan menu yang ada di dalamnya:

1. Menu Pengembangan Guru:

A. Menu “Video Inspirasi” dibuat oleh Kemendikbud Ristek dan para ahli sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik. 

B. Menu “Pelatihan Mandiri” memuat berbagai materi pelatihan singkat agar guru bisa melakukan pelatihan secara mandiri.

C. Menu “Bukti Karya” berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya guru untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi.

D. Manu “Komunitas” berisi berbagai macam komunitas belajar di Indonesia agar dapat digunakan guru untuk berbagi praktik, sarana belajar, dan diskusi antar guru.

2. Menu Kegiatan Belajar Mengajar:

A. Menu “Asesmen Murid” berisi kumpulan paket soal asesmen diagnostik berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu untuk membantu guru mendapatkan informasi dari hasil pembelajaran siswa.

B. Menu “Perangkat Ajar” memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. 

Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar terbuka untuk guru dan tenaga pendidik di seluruh Indonesia. Berikut cara untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar:

1. Download melalui Google Play Store:

  • Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda
  • Ketik ‘Merdeka Mengajar’ di kolom pencarian
  • Klik ‘Unduh’
  • Setelah proses selesai, buka Platform Merdeka Mengajar
  • Klik ‘Pengaturan’ untuk menemukan tombol ‘Masuk’
  • Klik ‘Masuk’ 
  • Masuk dengan menggunakan akun Pembelajaran Anda untuk mengakses aplikasi
  • Platform Merdeka Mengajar siap Anda pakai

Baca juga: Apa itu Learning Management System dan Manfaatnya Bagi Pendidikan

Semoga dengan adanya Platform Merdeka Mengajar dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dan menunjang penerapan Kurikulum Merdeka, sehingga dapat disimpulkan bahwa Platform Merdeka Mengajar hadir sebagai #TemanPenggerak bagi guru agar lebih baik dalam 3 hal, yaitu Mengajar, Belajar, dan Berkarya. Lalu, ada kah guru yang sudah memakai PMM? Yuk, bagikan pengalaman Anda!

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar