0

Platform Guru Berbagi dan Belajar Mandiri Guru Calon ASN PPPK (0)

Daniel Leonard Sinaga March 5, 2021

Halo Ibu dan Bapak guru dalam tulisan kali ini saya ingin menambah informasi, semoga bermanfaat dalam proses kita terus belajar.

Sebelumnya tentu saya yakin Ibu dan Bapak guru sudah pernah menjelajah portal Guru Berbagi dari Kemdikbud, dimana Ibu dan Bapak guru dapat saling berkolaborasi dengan berbagi RPP, Artikel, Video pembelajaran disana, terbukti lewat banyaknya jumlah file yang diunggah dan diupload. Hal ini ternyata banyak membantu guru-guru di Indonesia baik di kotan dan daerah 3T dalam mempersiapkan proses pembelajaran dimasa pandemi dimana sekolah-sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pada tanggal 03 Maret 2021 lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) meluncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi seri terbaru.

Dalam seri kali ini, dikhususkan kepada guru honorer bisa mengakses materi (modul) dan ikut latihan secara daring untuk persiapan seleksi PPPK yang akan diadakan tahun 2021. Ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah dalam mempersiapkan calon ASN PPPK yang berkualitas lewat seleksi yang akan dilakukan nanti.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nunuk Suryani menjelaskan, bahwa Direktorat telah mengintegrasikan layanan Guru Berbagi dan Guru Belajar menjadi satu portal agar lebih mudah diakses.

“Dengan demikian, apabila ada sosialisasi kepada publik, informasi yang diberikan dapat menjangkau lebih banyak guru, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan, serta orang tua murid,” paparnya pada Peluncuran Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

Caranya Ibu dan Bapak guru dapat mengakses halaman ini di gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id lalu klik ayo belajar & berbagi, pilih Ayo Guru Belajar lalu masuk masuk memakai akun SIMPKB masing-masing. Disini sudah ada 4 seri belajar mulai dari Seri Pendidikan Keterampilan Hidup, Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, Seri Pendidikan Inklusif dan Seri Assesmen Kompetensi Minimum.

“Hal ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap program rekrutmen guru ASN P3K sebagai upaya pemerintah untuk membantu guru untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik pada saat proses seleksi,” imbuh Nunuk.

Dirjen GTK Iwan Syahril menambahkan, Kemendikbud juga telah mempersiapkan materi-materi pembelajaran bagi guru honorer yang akan mengikuti seleksi ASN P3K, untuk menyegarkan pengetahuan dan memperkuat pemahaman sesuai terkait bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang guru.

“Kita mempersiapkan materi ini agar bapak ibu semua bisa belajar dengan sungguh-sungguh baik secara mandiri maupun secara teori maupun kolaborasi daring dan luring. Bentuklah kelompok kelompok belajar, bantu guru atau teman lain komunitas guru, asosiasi profesi guru, dan sebagainya untuk membantu satu sama lain,” tegasnya.

Harapannya, proses seleksi guru ASN PPPK dapat menjadi sebuah katalis untuk mendorong budaya belajar dan berbagi segenap pendidik Indonesia.

“Modul yang diberikan merupakan bentuk dukungan persiapan penguasaan dan pemahaman konten tentunya juga bisa dipelajari dari berbagai sumber. Sehingga dapat memperkaya tingkat pemahaman pengetahuan sesuai dengan bidang ilmu yang menjadi tanggung jawab Bapak Ibu,” imbuh Iwan Syahril.

Ayo..Ibu dan Bapak guru semangat mempersiapkan diri mulai dari sekarang, selain mungkin beberapa komunitas guru sudah ada yang membuat secara gratis maupun berbayar. Maka melalui hadirnya portal ini dapat pula kita memanfaatkan waktu untuk terus belajar disela-sela kesibukan proses pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar