0

PJBL Materi Elektrolisis di SMA 1 Singkawang (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 13, 2021

PJBL merupakan singkatan dari Project Base Learning yang merupakan pendekatan pembelajaran dan direkomendasikan dalam penerpan K13 di sekolah. Pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) menciptakan lingkungan belajar “konstruktivis” dimana peserta didik membangun pengetahuan mereka sendiri dan pendidik menjadi fasilitator. (Goodman dan Stivers, 2010). Menerapkan PJBL di sekolah memerlukan kesabaran yang ekstra karena kita harus memantau perkembangan siswa dan apa yang didapatkan siswa dalam membuat atau menyelesaikan project .

Project yang diberikan yaitu membuat alat elektrolisis dari bahan sisa atau limbah. Pembuatan project ini diawali dengan kesepakatan membuat design alat yang akan dibuat. Desain produk/ project yang dibuat mencakup alat dan bahan yang digunakan dan bagaimana cara membuatnya. Berikut ini saya tampilkan beberapa alat dan bahan yang digunakan dalam membuat alat elektrolisis :

No.Nama AlatSpesifikasiBanyaknya
1.Spet Printer bekas 4
2.Faucet 4
3Selang Kecil 1 meter
List Alat yang dipakai
No.Nama BahanUkuranBanyaknya
1Kabel Merah Kecil 1 meter
2Kabel Hitam Kecil 1 meter
3Baterai baru12 Volt1 set
4Baterai Bekas Besar3 Volt4 Bh
5Stereoform1 m21 Set
6Lem Silicon  
7Lem Besi  
8Triplek  
List Bahan yang digunaka

Setelah alat dan bahan sudah tersedia , kami membuat kesepakatan desain alat yang akan dibuat. Dari hasil diskusi dan presentasi beberapa siswa maka diperoleh masukan dari berbagai pihak untuk kesempurnaan alat yang akan dibuat dalam projek ini.

Prosedur Perakitan Alat: Mengeluarkan elektroda karbon dari batere bekas. Melilitkan kabel ke kedua elektroda. Melobangi spet printer. Memasukkan selang ke spet printer. Mengelem selang ke spet printer supaya tidak lepas. Memasukkan elektroda ke dalam spet printer dengan posisi lilitan kabel di bagian bawah, kemudian dilem. Memasang alat yang telah dirakit ke papan triplek dengan posisi berdiri.

Cara Menggunakan alat yang dibuat adalah yang pertama memasukkan air yang sudah ditetesi pp ke dalam spet printer sampai penuh. Menghubungkan kabel ke baterai. Tunggu perubahan yang terjadi pada setiap elektroda. Tentukan katode dan anodenya dengan melihat reaksi yang ada.

Dalam melaksanakan pembuatan projek ini, saya terus berkeliling untuk memastikan keamanan kerja dan sekali-kali menanyakan konsep dasar dalam pembuatan alat elektrolisis, Alat berupa bahan sisa merupakan pengganti alat Lab yang mingkin tidak ditemui di laboratorium yang belum lengkap. Spet printer untuk menggantikan pipa U tetapi mempunyai fungsi untuk mengukur volume gas yang dibebaskan dalam elektroda saat terjadi reaksi.

Kenapa saya memilih PJBL dalam pembelajaran kimia untuk materi elektrolisis adalah Karakteristik model Project-based Learning diantaranya yaitu peserta didik dihadapkan pada permasalahan konkret, mencari solusi, dan mengerjakan projek dalam tim untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengalaman belajar peserta didik selama pelaksanaan model pembelajaran project based learning antara lain peserta didik diajak untuk peduli terhadap masalah masalah di lingkungan sekitar dalam kehidupan mereka sehari hari yang terkait dalam hal ini adalah masalah reaksi elektrolisis dari air dan elektrolisis beberapa garam, berlatih untuk peka pada lingkungan dengan menggunakan limbah untuk alat peraga pembelajaran, belajar mencari pertanyaan esensial dalam setiap diskusi dan presentasi yang dilakukan, peserta didik berlatih berpikir logis, kritis, dan detil pada saat merencanakan projek dan diskusi dengan teman 1 kelompoknya, berfikir tentang detil pekerjaan yang harus dilakukan, berfikir asosiatif yakni menghubungkan satu aspek pekerjaan dengan pekerjaan lainnya, berpikir tentang urutan waktu, belajar membagi tugas sesuai minat kemampuan, inisiatif peserta didik untuk mengarahkan sendiri dalam belajar, berusaha mencari sumber informasi dan pengetahuan, peserta didik mencoba cara kerja sesuai pemahaman mereka, saling berdiskusi dan bekerjasama, dan belajar dari kesalahan untuk kemudian memperbaikinya sendiri.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar