4

Piranti Input/Output (Komputer) Dan Komponennya, Pemanfaatan Wi-Fi, Internet (Pemanfaatan Teknologi (+1)

oloan June 7, 2012

          Pendidikan merupakan usaha sadar diri dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif, sehingga peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan, baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari masyarakat, bangsa dan negara. Berdasarkan aspek dan dimensi urusan pendidikan tersebut maka tujuan penyelenggaraan pendidikan adalah menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Oleh karena itu Pendidikan selalu bersifat praktis bukan statis, Dunia Pendidikan selalu mengalami perkembangan dan perkembangan seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan Informasi dan Teknologi. Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, perlu dilihat dari banyak sisi, salah satunya adalah dilihat dari perkembangan Informasi dan Teknologi. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan dunia Teknologi yang menghasilkan Informasi yang cepat dan tepat telah mendukung dunia pendidikan kita, terbukti dengan dimasukkannya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau Mata Pelajaran Komputer ke dalam kurikulum yang diajarkan di sekolah dan berbasis KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), walau hanya tergabung dalam Muatan Lokal, namun prospek Mata pelajaran TIK ini ke depannya sangat cerah, dan tidak mungkin Mata Pelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ini diikutkan dalam mata pelajaran yang di-UN-kan, semoga.

Penggunaan TIK Dalam Pembelajaran Menembus Waktu, Ruang dan Tempat
1.    Internet (Interconnection Networking) adalah jaringan yang menghubungkan komputer diseluruh dunia (jaringan global) tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang dapat saling mengakses data. Oleh karena itu, dengan menggunakan Internet, Guru dapat mengakses data lebih cepat, dapat memperoleh informasi terbaru tentang materi atau bahan ajar yang akan diajarkan, Guru punya lebih banyak referensi dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik, demikian juga dalam hal pemberian tugas misalnya, dapat dilakukan dengan online menggunakan Facebook, Elektronik Mail (E-mail) yang dalam sekejap dapat terkirim, dapat menggunakan Blog sehingga pembelajaran lebih atraktif dan efektif. Demikian juga bagi peserta didik, jika menggunakan fasilitas Internet dengan baik, banyak Input atau masukan yang diterima peserta didik, misalnya: untuk mencari tugas, peserta didik cukup membuka Web Browser seperti: Internet Explorer, Mozzila Firefox, Google Chrome, Opera Mini dan cukup mengetikkan kata kunci tugas di Search Engine yang disediakan dalam Internet, misalnya, www.google.com, www.yahoo.com, www.altavista.com, dll. Atau jika peserta didik belajar Online bisa. Intinya Internet adalah hasil ciptaan manusia yang berpengaruh penting dalam aspek kehidupan manusia sendiri, fenomena yang merubah dan menjadikan dunia ini selebar daun kelor dengan segala kemudahan dan akses datanya yang tidak terbatas.
2.    Komputer (Laptop, Notebook, Netbook), Infokus (Proyektor), Kabel Jaringan (Kabel Data), Wireless Fidelity (Wi-Fi) dan Sistem Operasi (Aplikasi).
Perkembangan dunia teknologi lainnya yang meningkatkan mutu pendidikan adalah adanya Komputer, sekarang lebih dikenal dengan Komputer Jinjing, sehingga para pendidik dapat membawa alat yang sekarang lebih disederhakan ini ke dalam kelas. Juga ada Infokus atau proyektor yang mobile, artinya dapat dibawa kemana-mana. Dua peralatan ini sangat mendukung proses kegiatan belajar mengajar, karena dapat mempersingkat waktu, dimana Guru tidak perlu lagi menggambar, tidak perlu lagi menulis yang sebenarnya tidak perlu ditulis, cukup dengan membuatnya ke dalam dokumen dan menampilkannya di depan kelas. Kabel Internet atau Wi-Fi merupakan sarana gratis untuk ber-Internet. Jadi, gunakanlah Internet untuk hal yang positif. CyberSpace (Dunia Maya) hendaknya kita gunakan untuk hal-hal yang positif, jangan terjebak ke dalam area CyberCrime, sebab efeknya sangat tidak enak. Budaya Timur kita ter-indikasi akan tergerus dengan adanya efek dari CyberSpace ini, dimana kebiasaan kita akan ter-ikut-ikut akan kebiasaan barat yang datang lewat CyberSpace ini, dimana dunia maya mengakibatkan norma-norma dan etika, tidak lagi kita jaga. (akan dibahas pada artike lain).
3.    Sistem Operasi dan Aplikasi
Guru Mata Pelajaran TIK dituntut harus dapat menguasai aplikasi maupun sistem operasi sebanyak-banyaknya. Ada pepatah mengatakan “Alah Bisa Karena Biasa”. Demikian juga dengan Dunia Komputer, kita terbiasa mengoperasikannya jika kita telah biasa menggunakannya. Oleh karena itu jangan berhenti untuk belajar dan belajar, sebab pernah saya katakana jika belajar atau mengajar Pelajaran TIK (Komputer) sangat menyenangkan dan mengasyikkan, apa sebab? Sebab TIK itu tidak terbatas pada ilmu yang dipelajari, ilmu komputer itu selalu berkembang dan berkembang, tinggal sekarang bagaimana kita mengatur waktu untuk belajar dan mengajar serta mengerjakan pekerjaan lain. Seorang Guru yang baik, sebelum mengajar, harus mempersiapkan diri terlebih dahulu, pelajari terlebih dahulu materi yang akan diajarkan, praktekkan terlebih dahulu materi atau bahan yang akan diajarkan, baru berani mengajar didepan peserta didik, sebab guru berhadapan langsung dengan peserta didik dan komputer itu sendiri. Walau Guru TIK lebih capek dari Guru Mata Pelajaran lain, tetapi suasanannya lebih menyenangkan, apalagi jika pembelajaran yang kita berikan sesuai outputnya atau hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan atau praktekkan.
    So, untuk menjadi seorang Guru TIK yang luar biasa, tidak harus mengerjakan pekerjaan yang luar biasa, cukup mengerjakan hal-hal yang sederhana dan biasa, tetapi dilaksanakan dengan sepenuh hati, tidak mencak-mencak, tetapi tepat waktu.
 

Comments (4)

  1. saya sangat terkesan dengan kalimat anda di bagian terakhir tulisan anda bahwa untuk menjadi guru TIK yang luar biasa tidak harus mengerjakan pekerjaan yang luar biasa… merupakan PR bagi saya yang juga kebetulan mengajar TIK. Terima kasih!

  2. Artikel menarik pak..!! Piranti Input/Output (Komputer) Dan Komponennya, Pemanfaatan Wi-Fi, Internet (Pemanfaatan Teknologi). Memberdayakan potensi yang ada di sekolah khususnya tenologi dalam pembelajaran. seperti infokus, komputer/leptop, wi-fi dll. sukses pak..!!!

    Silahkan kritik dan komentar juga di artikel saya :

    1. Pembelajaran berbasis E-learning di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/20/536/klinik_matematika_online.html

    2. Cara praktis memasukkan video pembelajaran dari youtube ke powerpoint di
    http://www.guraru.org/news/2012/06/03/720/bagaimana_cara_memasukkan_video_pembelajaran_dari_youtube_ke_powerpoint_untuk_presentasi.html

    3. Cara praktis mendownload video pembelajaran di Youtube dengan Video Download Helper di
    http://guraru.org/news/2012/06/03/716/bagaimana_cara_mendownload_video_pembelajaran_di_youtube_dengan_menggunakan_video_downloadhelper

    4. Memanfaatkan Youtube sebagai media pembelajaran di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/31/639/memanfaatkan_youtube_sebagai_media_pembelajaran_yang_interaktif_menarik_dan_menyenangkan.html

    Maturnuwun…!!!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar