0

Petualangan Seru Bangsa Sihir dan Kaum Ksatria (0)

Supadilah S.Si November 17, 2020

Seteru Keluarga dan Sahabat
Judul : The Wizard of Once Twice Magic
Penulis : Cressida Cowe
Penerbit : Penerbit Republika
Cetakan :
Tebal : halaman
ISBN : 978-602
Peresensi : Supadilah


Setelah melakukan kekacauan, Xar amankan di penjara Gormincrag, pusat Rehabilitasi untuk Re-edukasi Sihir Hitam dan Penyihir Jahat. Diawasi oleh komandan Drood. Dalam tubuh Xar menyatu darah Penyihir Hitam, tokoh sihir paling berbahaya dan ditakuti. Xar sendiri yang dengan sengaja menusukkan darah Penyihir Hitam ke tubuhnya. Sebagai anak dari pimpinan para penyihir, adalah aneh lebih besar di usia 13
tahun belum menunjukkan kemampuan sihirnya. Karena itu dia nekat mencari Penyihir Hitam untuk mendapatkan sihirnya.


Xar dan pengikutnya berusaha kabur dari penjara. Namun, dalam sejarahnya tak seorang pun bahkan peri gelap dan penyihir jahat yang memiliki mantra keji sekalipun bisa melarikan diri dari Gormincrag.
Namun bukan Xar namanya jika tidak bisa mewujudkan keinginannya. Saat Encazo yang Agung datang untuk membebaskan Xar, dia telah menyelinap dan mengambil tongkat sihir komandan Drood. Encazo melakukan kesalahan saat berusaha membujuk Xar menyerahkan Tongkat Pengendali Kastel. Bukan saja mengubah Looter menjadi
makhluk aneh, tapi juga hampir membuat Kastel terbakar. Xar dan pengikutnya bukan saja berhasil kabur tapi juga membebaskan semua tahanan yang selama ini belum
pernah bisa kabur.

Kelak, semuanya bisa ditangkap kembali, kecuali Xar.
Novel besutan penulis How to Train Your the Dragon ini penuh imajinasi tentang dunia sihir. Tidak berlebihan jika menyandingkannya dengan novel serupa Harry Potter.

Menceritakan tentang seteru anak kepada orangtuanya. Juga seteru antara Bangsa Penyihir dan Bangsa Ksatria. Sementara, mereka juga dibayangi kembalinya Penyihir Hitam.


Pemberontak anak didasar orang tua yang tidak memberikan kesempatan kepada anaknya. Encazo harusnya mendengarkan Xar, berbicara padanya, bukan melukai.

Ah, menjadi orangtua jauh lebih sulit daripada kelihatannya. Dan hanya karena kau sudah tua, bukan berarti kau tidak melakukan kesalahan. (hlm 57)

Wish senasib dengan Xar. Sering melakukan kekacauan dipenjara dalam lemari terkunci di menara pendidikan di benteng besi kaum ksatria. Ibunya ratu Sychorax memenjarakannya. Sebagai kaum Ksatria, seharusnya tidak boleh memiliki kemampuansihir. Namun, Wish mampu menggerakkan benda-benda besi, sebuah bahan yang bisa
melumpuhkan sihir.

Ratu Sychorax selalu menyembunyikan Wish saat ada tamu. Terkesan malu dengan keberadaan Wish yang jauh berbeda dengan saudara-saudaranya. Ratu Sychorax adalah pemimpin Bangsa Ksatria yang paling menyeramkan di seluruh belantara. Terkenal dengan hukuman kejamnya, temperamen kerasnya.

Dalam buku mantra yang didapat dari Xar, Wish menemukan mantra untuk mengalahkan Penyihir Hitam. Karena itu dia hendak memberitahukan kepada sang ibu.


Saat Wish keluar, datang Witchsmeller utusan kaisar yang hendak membersihkan penyihir Hitam. Saat itulah terjadi kekacauan. Witchsmeller mengendus Wish sebagai penyihir hitam. Lalu menangkapnya. Ratu Sychorax menghadangnya. Kekacauan terjadi. Saat itu, dengan mudah Wish mencabut pedang di Batu Yang Tak Lagi Menyerap Sihir. Padahal Ratu menghabiskan enam bulan untuk tapi belum berhasil.


Sementara itu, Xar berniat mencari Penyihir Hitam. Hendak mengalahkannya, demi sang ayah. Dia ingin membuat sang ayah bangga padanya. Pesona imajinasi tentang dunia sihir tersaji di novel ini. Bukan hanya itu, kita akan mendapatkan makna persahabatan dan keluarga. Kompromi dengan satu tujuan harusnya membuat banyak pihak bersatu mengalahkan musuh bersama. Namun, terlalu sibuk dengan sejarah perseteruan akan menghabiskan energi masing-masing. Dari novel
ini kita bisa tahu bahwa anak kecil pun bisa memiliki energi untuk mengubah sejarah perseteruan kedua bangsa yang sudah bermusuhan sejak lama.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar