0

PESAN AFEKTIF SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA SISWA DI SD NEGERI 29 IDAI MELALUI POSTER (0)

NIKEN EKA PRIYANI, S.Pd, M.Pd , Gr. October 21, 2020

            Penguatan pendidikan karakter pada saat sekarang ini memang sangat penting sekali dilakukan apalagi pada saat sekarang ini banyak terjadi krisis moral terutama yang banyak terjadi di masyarakat sekarang ini. Oleh karena itu, penguatan pendidikan karakter perlu dilaksanakan sedini mungkin dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan meluas ke dalam lingkungan masyarakat. Salah satu karakter yang perlu dikembangkan terutama di Sekolah Dasar adalah disiplin. Pentingnya penguatan nilai karakter disiplin didasarkan pada alasan bahwa sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan. Perilaku tidak disiplin yang lain contohnya adalah membuang sampah sembarangan dimana anak-anak masih belum sadar akan kebersihan lingkungan dan masih saja sering membuang sampah sembarangan. Contoh yang lain perilaku tidak disiplin adalah  datang ke sekolah tidak tepat waktu, tidak memakai seragam yang lengkap sesuai dengan yang tercantum dalam tata tertib sekolah, duduk atau berjalan dengan seenaknya menginjak tanaman yang jelas-jelas sudah dipasang tulisan “dilarang menginjak tanaman”, membuang sampah sembarangan, mencorat coret dinding sekolah, membolos sekolah, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, dan lain-lain.

            SD Negeri 29 Idai merupakan salah satu sekolah yang berada di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Sekolah ini merupakan tempat saya bertugas dimana berbatasan dengan Negara Malaysia. Di sekolah perbatasan ini penguatan pendidikan karakter sangat penting sekali untuk dilakukan mengingat perilaku anak-anak yang masih banyak yang belum mentaati aturan terutama membuang sampah sembarangan. Sehingga sebagai guru di perbatasan untuk mengatasi permasalahan ini selain diperlukan ketegasan tata tertib dari sekolah serta juga memberikan bimbingan kepada siswa ada cara yang saya lakukan yaitu dengan memberikan pesan afektif melalui poster yang ditempel di dinding-dinding sekolah.

Pesan afektif  ini tidak hanya diberikan secara lisan kepada siswa, tetapi juga diberikan melalui pesan-pesan yang ditempel di berbagai sudut sekolah yang mudah ditemui siswa setiap saat. Pesan-pesan afektif ini penting diberikan kepada siswa agar siswa senantiasa mengingat perilaku disiplin yang harus dilakukan, sehingga mereka akan melaksanakannya dalam perilaku sehari-hari di sekolah.

Pembuatan poster untuk pesan afektif ini merupakan upaya sekolah untuk mensosialisasikan nilai-nilai karakter disiplin kepada peserta didik. Sosialisasi ini diperlukan agar seluruh siswa mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan sekolah. Berbekal pengetahuan tentang nilai-nilai karakter disiplin yang dikembangkan, secara bertahap siswa akan menginternalisasikan nilai-nilai karakter tersebut dalam dirinya dan pada akhirnya mereka akan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai karakter yang terinternalisasi dalam dirinya tersebut.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar