1

Pertarungan Geogebra Vs Desmos (0)

widarso pep October 18, 2020

Sudah banyak software atau aplikasi yang dapat mendukung dunia pendidikan. Berikut ini akan kami perkenalkan software yang dapat membantu dalam pembelajaran matematika yang disebut GEOGEBRA dan DESMOS.

GeoGebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Software ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic.Pada dasarnya geogebra dapat membantu kita
1. Sebagai media pembelajaran matematika
2. Sebagai alat bantu untuk menulis bahan ajar.
3. Sebagai alat bantu untuk menyelesaikan soal matematika

Beberapa materi matematika yang diajarkan di SMP dan SMA diantarnya adalah fungsi dan persamaan kurva. Dua materi ini berkaitan dengan grafik. Fungsi banyak macamnya, yaitu fungsi linear, fungsi kuadrat, fungsi trigonometri, fungsi logaritma, fungsi eksponen. Adapun persmaan kurva diantaranya adalah persamaan garis lurus dan persamaan lingkaran. Geogebra dapat membantu dalam hal membuat grafik suatu fungsi dan persamaan kurva.Untuk mendownload geogebra Anda dapat kunjungi situs resminya yaitu http://www.geogebra.orgKetika kita menulis sebuah soal yang berkaitan dengan grafik biasanya kita kesulitan untuk menggambar grafiknya.

Misal kita akan menggambar grafik di bawah ini

Bila kita menggunakan word maka kita membutuhkan waktu yang lama untuk membuat gambar grafik seperti soal di atas. Untuk itulah sudah waktunya kita menggunakan geogebra.Berikut ini akan saya tunjukkan bagitu mudahnya membuat gambar grafik seperti di atas. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!
1. Buka geogebra
2. Pada bilah masukan (yang terletak di kiri bawah) ketik y = 2^x dan enter. Setelah itu akan muncul grafik seperti pada soal di atas.
3. Untuk mengambil gambar grafik itu dan selanjutnya kita tempel di word, ikuti langkah berikut!.      

Blok sebagian gambar yang kita perlukan!b.      Klik menu “ubah” dan selanjtnya klik sub menu “tampilan grafik ke clipboardc.       Buka word dan temple (Dengan Ctrl+V). Gambar sudah tampil di word.Itu adalah salah satu kegunaan geogebra. Masih banyak kegunaan geogebra yang lain. Untuk mendapatkan panduan lengkap Anda dapat unduh di situs resmi geogebra.sumber.

Aplikasi ini bernama “DESMOS“. Aplikasi pembuat grafik ini tidak hanya bisa digunakan untuk PC maupun IOS, namun bisa juga digunakan melalui Android dengan mendownload nya di Play Store. Disini Anda bisa menggambar titik koordinat, grafik fungsi linier, grafik fungsi kuadrat, grafik fungsi trigonometri, grafik fungsi eksponen dan yang lainnya. Aplikasi ini bisa diakses pada link https://www.desmos.com/ dan tampilan online “DESMOS” kurang lebih seperti pada gambar berikut.

Setelah itu silahkan Anda klik tombol Start Graphing. Masukkan fungsi yang Anda inginkan pada bagian yang tersedia. Dengan cepat Anda akan langsung memperoleh gambar grafik yang Anda inginkan.

Disini juga terdapat banyak menu yang memuat contoh-contoh grafik, jadi Anda tinggal mengedit angka nya saja.

Jika tampilan yang disediakan dalam bentuk bahasa Inggris , Anda bisa menggantinya dengan bahasa Indonesia. Sangat simple bukan? Nah untuk Anda yang kebingungan dalam membuat grafik apalagi dalam skala besar, bisa Anda coba aplikasi grafik “DESMOS” ini kapan pun dan dimana pun Anda mau.  Selain murah juga bisa digunakan dimana saja dan kapan saja.

Berikut perbandingan Geogebra Vs Desmos

Comments (1)

  1. Selamat Malam 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar