0

Permainan Bulu Tangkis Volume 3 : Jenis Pukulan (0)

oloan February 12, 2021

Memang dunia bulu tangkis, baik itu tingkat nasional maupun internasional untuk sementara tertidur menyusul penundaan seluruh turnamen BWF akibat pandemi virus corona. BWF selaku Federasi Bulu Tangkis Dunia secara resmi menghentikan seluruh turnamen internasional terhitung sejak 16 Maret 2020.

“BWF sungguh mempertimbangkan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan atlet, rombongan, ofisial, dan komunitas bulu tangkis secara umum,” tulis BWF dalam rilis resminya.

All Englan Open 2020 menjadi turnamen terakhir yang digelar sebelum masa hiatus yang akan berlangsung hingga 12 April 2020. Sementara berbagai ajang tepok bulu ditunda, Indonesia bisa menikmati deretan trofi pemenang yang berhasil dibawa pulang para wakilnya sejauh ini.

Total 12 gelar juara yang dipersembahkan atlet tanah air pada 2020. Seluruh gelar tersebut berasal dari 7 turnamen, baik senior maupun junior, individu maupun beregu. Terkini, ada pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, yang sukses menjadi kampiun dari turnamen prestisius All Englang Open 2020.

Namun apapun yang terjadi, olahraga tetap menjadi rutinitas dan bulu tangkis menjadi olahraga favorit…

Kembali ke materi..

a)Pukulan Smash

Pukulan smash merupakan pukulan yang keras dan tajam dengan tujuan untuk mematikan lawan secepat-cepatnya. Gerakan smash hampir sama dengan dropshot dan lob, perkenaan raket bisa lurus, bisa juga dengan cara dimiringkan. Pukulan smash lebih mengandalkan power (kecepatan dan kekuatan) lengan serta lecutan pergelangan tangan.

Untuk mendapatkan hasil pukulan yang sangat tajam, maka usahakan shuttlecock di pukul di depan badan dan dalam posisi raket condong ke depan serta merupakan hasil maksimal dari koordinasi antara gerakan badan, lengan, dan pergelangan tangan.

Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut :

1)Sentuhlah shuttlecock pada saat ia berada di muka tubuh dan dilakukan dengan lengan terentang.

2)Pada saat persentuh, pergelangan tangan dan lengan bawah harus berputar dengan sangat cepat, bidang raket berada dalam posisi datar agak menunjuk ke bawah.

3)Pukullah shuttlecock dengan keras. Sudut jatuh yang tajam lebih penting dari kecepatan luncur shuttlecock.

4)Jangan melakukan smash lebih ke belakang dari tiga perempat bidang lapangan karena kecepatan shuttlecock berkurang dengan cepat pada arah yang jauh.

b)Pukulan melingkar di kepala (around the head)

Pukulan melingkar di kepala adalah jenis pukulan overhead yang di lakukan dengan cara memutar lengan melingkar melewati belakang atas kepala ke arah backhand. Biasanya shuttlecock yang melambung di sebelah kiri oleh pemain diambil (dipegang tangan kanan) dengan cara backhand.

Pukulan melingkar di kepala berfungsi untuk mempercepat tempo permainan dan mempermudah dalam mengatur dan mengendalikan serangan. Pukulan ini banyak dilakukan dengan cara pegangan forehand, meskipun beberapa pemain memilih melakukan pukulan ini dengan cara pegangan yang lebih mirip “frying pan” (panci penggoreng).

Adapun pelaksanaannya adalah sebagai berikut :

1)Mula-mula dilakukan sikap berdiri seperti pada pukulan forehand, bahu kiri menunjuk ke arah jaring.

2)Putarlah tubuh dengan cepat sehingga pada persentuhan shuttlecock dengan raket, bahu kanan menunjuk ke arah jaring.

3)Berat badan bertumpu pada kaki kiri pada saat persentuhan, tapi pemain harus bergerak ke muka dengan cepat dengan kaki kanan dan kembali ke tengah lapangan. Raket akan memutari kepala dan menyentuh shuttlecock pada sisi kiri tubuh.

4)Punggung harus melengkung ke belakang dan lutut agak di tekuk pada saat melakukan pukulan ini. Untuk mendapat hasil yang baik, shuttlecock di sentuh pada posisi di atas bahu kiri tidak lebih rendah.

Demikianlah materi hari ini… kita lanjut ke materi berikutnya dan masih pada permainan bulu tangkis..salam olahraga

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar