2

Permainan Bola Basket (0)

oloan February 11, 2021

A.Pengertian Permainan Bola Basket

Bola basket ialah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu putra maupun putri yang masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola basket lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai. Dalam memainkan bola pemain boleh mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melempar atau menggiring bola ke segala penjuru dalam lapangan permainan.

B.Sejarah Permainan Bola Basket

Permainan bola basket yang kita kenal sekarang ini diciptakan oleh Dr. James A. Naismith pada tahun 1891 atas anjuran Ds. Luther Halsey Gulick untuk menciptakan permainan baru yang dapat dimainkan di dalam gedung mudah dimainkan, mudah dipelajari dan menarik.

Pada mulanya Dr. Naismith menggunakan keranjang sebagai sasarannya, maka permainan baru itu dinamakan basket ball. Ternyata permainan baru ini mendapat sambutan baik dan dengan cepat berkembang keseluruh dunia. Pada tahun 1924 permainan bola basket di demonstrasikan pada olimpiade di Perancis. Pada tanggal 21 Juni 1932 atas prakarsa Dr. Elmer Beny, Direktur Sekolah Olahraga di Jeneva, diadakan konferensi bola basket. Dalam konferensi ini terbentuklah Federasi Bolabasket Internasional yang diberi nama Federation Internationale de Basket ball Amateur ( FIBA ).

Pada tahun 1936 untuk pertama kalinya permainan bola basket dipertandingkan dalam Olimpiade di Jerman, yang diikuti oleh 21 negara. Permainan bola basket masuk ke Indonesia setelah Perang Dunia II dan di bawa oleh para Perantau Cina. Pada PON I di Surakarta bola basket telah masuk dalam acara pertandingan. Pada tanggal 23 Oktober 1951 berdirilah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PERBASI) dan pada tahun 1953 PERBASI diterima menjadi anggota FIBA. Pada tahun 1955 perpanjangan PERBASI diubah menjadi Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia dengan singkatan tetap PERBASI.

Perlengkapan Permainan Bola Basket

1.Lapangan
Lapangan permainan bola basket harus pada permukaan yang keras berbentuk empat persegi panjang serta bebas dari rintangan. Panjang lapangan 26 meter dan lebar 14 meter diukur dari sebelah dalam garis batas. Perbedaan ukuran lapangan dan lebih atau kurang 1 meter untuk lebarnya, variasi untuk perubahan panjang dan lebar ini harus berimbang.

2.Lingkaran

Jari-jari lingkaran adalah 1,80 meter yang dibuat di tengah lapangan, jari-jari ini diukur dari bagian luar. Keliling dan garis tengahnya sejajar dengan garis akhir.

3.Garis Tembakan Hukuman

Garis batas untuk tembakan hukuman harus sejajar dengan garis akhir, jaraknya 5,80 meter dari tepi dalam akhir dan mempunyai panjang 3,60 meter.

4.Daerah Bersyarat

Pada lapangan bola basket terdapat daerah bersyarat, daerah bersyarat ini dibatasi oleh garis akhir, garis tembakan hukuman, dan garis-garis yang bertolak dari garis akhir menuju ujung garis tembakan hukuman.

5.Papan Pantul

Kedua papan pantul harus terbuat dari kayu yang keras setebal 3 cm atau bahan lain yang cocok dan mempunyai derajat kekuatan (kekerasan) yang sama dengan yang dibuat dari kayu. Ukuran papan pantul, panjang 1,80 meter, lebar 1,20 meter dan permukaan papan tersebut harus datar serta berwarna putih.

Papan pantul tersebut terdapat empat persegi panjang yang berukuran panjang (horizontal) 59 cm dan lebar 45 cm (vertikal), empat persegi panjang ini digunakan untuk sasaran memantulkan bola supaya bola itu masuk ke basket.

6.Basket

Simpai terbuat dari besi yang mempunyai garis tengah 20 cm dan panjang jala 40 cm. Simpai itu mempunyai garis tengah 45 cm diletakkan 3,05 meter diatas lantai dan sama jauh dari kedua vertikal papan pantul.

7.Bola

Bola harus bulat terbuat dari karet yang dilapisi kulit atau bahan sintesis lainnya. Keliling bola tidak kurang dari 75 cm dan tidak lebih 78 cm. Sedangkan beratnya tidak kurang 600 gram dan tidak lebih dari 650 gram. Bola tersebut dapat dipergunakan setelah dipompa sedemikian rupa sehingga bila dipantulkan ke lantai yang keras dari ketinggian 1,80 meter di ukur dari dasar bola akan memantul setinggi tidak kurang dari 1,20 meter dan tidak lebih dari 1,40 meter bila diukur dari puncak bola.

8.Alat-alat Teknis
1.Jam pertandingan (game watch) dan stop watch
2.Daftar skor (score sheet)
3.Papan pencatat skor (score board)
4.Alat penunjuk kesalahan

Semoga bermanfaat..Salam Olahraga

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar