6

Peringatan Hari Guru Nasional Di Tengah Pandemi (0)

Rismayani December 5, 2020

Tak terasa peringatan Hari Guru Nasional telah menginjak 75 tahun belum lama ini, usianya yang lumayan sepuh namun tentunya memberikan banyak makna bagi guru dimanapun berada. Guru tak selalu pendidik yang memberikan pembelajaran di sekolah tapi juga untuk para orang tua yang mengajari anaknya di rumah terlebih pembelajaran daring masih dilaksanakan saat ini mengingat pandemi corona belum berakhir juga di negara kita.

Peran guru di masa pandemi begini membutuhkan effort luar biasa seperti harus update terhadap aplikasi yang selama ini menunjang pembelajaran daring agar berjalan dengan lancar juga baik dan harus ekstra sabar dalam membimbing anak didik mengarahkan materi pelajaran dengan kurikulum yang ada tentunya menyesuaikan dengan kondisi atau keadaan wali murid saat itu agar jangan menjadi beban yang memberatkan. Dalam pembelajaran daring ini guru tentunya harus memiliki kemampuan TIK dalam menggunakan aplikasi yang ada sehingga bisa disosialisasikan wali murid yang menghasilkan feedback yang baik.

Dalam hal ini harus ada kerjasama dan komunikasi yang baik antara guru dan wali murid sehingga menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien tentunya anak didik bisa mengerjakan materi pembelajaran yang diberikan dengan senang dan baik.

Menjalani pembelajaran daring ini ada suka dukanya bagi para pendidik maupun orangtua murid dimana menguji kesabaran dan kekuatan hati dalam membimbing anak didik agar mau mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan senang dan baik walaupun realita di lapangan tak sesuai yang diharapkan.

Ini kali pertama dalam sejarah dunia pendidikan kita menjalankan metode pembelajaran daring (online) seperti ini sebagai langkah terbaik untuk menekan penyebaran wabah corona jadinya mau gak mau kita harus beradaptasi dengan kondisi pembelajaran daring ini hingga batas waktu tak ditentukan walaupun sudah ada kabar terbaru dari Bapak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengenai pembelajaran tatap muka akan dimulai kembali awal januari 2021 tentunya semua itu telah melalui perundingan dari berbagai pihak dimana sekolah sudah mempersiapkan sarana prasarana sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan agar proses belajar berjalan dengan baik dan lancar.

Apapun keputusan dari pemerintah untuk dunia pendidikan kita semoga memberikan kebaikan bagi semua pihak sehingga anak didik bisa mengikuti pendidikan dengan nyaman dan baik dan pandemi corona ini segera berakhir sehingga kita bisa beraktivitas dengan normal kembali. Aamiin YRA

Tentunya tak lupa saya ingin mengucapkan selamat hari pendidikan nasional untuk semua guru dimanapun berada semoga tetap semangat dalam menginspirasi dan memotivasi dalam memajukan dunia pendidikan kita agar lebih baik lagi… Aamiin YRA Tetap semangat dan salam sehat selalu 👍 Jangan lupa pesan Ibu menjalankan 3M yaitu Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ikutilah protokol kesehatan sesuai yang ditentukan demi kebaikan bersama. Terima kasih

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar