5

Percobaan Pegas sambil Berolahraga (+11)

Rudy Hilkya May 2, 2013

Jika selama ini kegiatan laboratorium terutama dalam membahas mengenai Hukum Hooke adalah berkutat dengan statif, beban-beban kecil, dan pegas-pegas laboratorium. Pernah suatu ketika saya mengidekan suatu topik yang sama, tapi menggunakan beban tubuh manusia.

Yang saya perlukan tentu saja adalah pegas yang besar, kebetulan saat itu saya awal sekali masuk di Univ Lambung Mangkurat mengikuti Pendidikan Pascasarjana sehingga bisa berbelanja ke toko bangunan yang cukup wah. Kira-kira tahun 2010 pertengahan (maret atau april) -> saya sendiri agak lupa 😆

Nah, setelah pegas yang besar saya peroleh dengan panjang sekitar 40 cm dan diameternya 5 cm sepertinya kokoh. Kemudian mulailah saya mengumpulkan empat kelas masing-masing yang saya ajar untuk ditimbang berat “massa” badannya masing-masing.

Contoh pegasnya

yakzone.wordpress.com

Tentu saja saya terus membawa penimbang badan yang saya pinjam dari rumah ibu saya, yang dipakai Beliau untuk mengukur kadar keberhasilan dietnya walau akhirnya diet itu sendiri gagal sebab ibu saya semakin lanjut usia dan pelupa :mrgreen:

Tiba hari penentuan, satu-persatu siswa kelas XI IA-4 yang dijuluki mula-mula kelas Chicken Stick yang kemudian berubah sebutan menjadi Craxi Savier untuk ditimbang dan bermain pegas. Namun sebelum kelas ini, pada minggu sebelumnya kelas XI IA-3  alias Elfwetenstile telah merasakan pegas yang saya beli dari Toko Depo Bangunan di Banjarmasin telah berhasil memelarkan pegas dari semula berukuran 40 cm menjadi 98 cm karena ditarik siswa yang bernama Fajar, bodinya saja luar biasa besar mirip dengan Ade Ray sang Binaragawan.

Lokasi Pertama XI IA-4

Belajar Fisika itu menguras tenaga selain mengukur dan hasilnya adalah SEHAT

Aditya Edmond Mhs di Unlam 2012

Belajar juga perlu hiburan dan kesegaran jasmani

Untuk lebih jelas menggambarkan kemeriahan dan keseruan belajar Seru saat itu bisa Bapak/Ibu perhatikan gambar-gambar postingan siswa-siswa saya berikut ini :
Deya Mentari
XI IA-3 Mamoru Iaichi
Mamoru Ramadhan Mahasiswa ITS Ni Ayu Laksmi Mhs Jurusan Bahasa Inggris UnParSaat Tagas masih bersama Kami hasilnya :

Sumber asli di http://fisikarudy.wordpress.com/2012/10/03/elastisitas-dan-pegas/

http://fisikarudy.wordpress.com/2010/09/22/mengamati-pegas-dengan-beban-manusiafisikarudy-com/

Saya pun tidak mau kalah dengan siswa-siswa untuk bergelantungan di pegas sebagai beban :

Hasil lain dari pelajaran ini selain tubuh kami menjadi lebih sehat dan bugar, juga kami menemukan cara ber-workout dengan murah meriah dan menyenangkan. Selain itu yang tidak disangka-sangka siswa saya menjadi semakin lihay memainkan kamera, mengambil gambar, mengunggah video, mengambil sudut gambar yang tepat.

Siswa kami menjadi semakin tekun dan rajin belajar secara perseorangan : Fajar Sang Pembelajar

About Author

Rudy Hilkya

Guru Fisika di SMAN-2 Palangka Raya, aktif berkicau di http://twitter.com/fisikarudy, juga menulis di blog pribadi http://fisikarudy.wordpress.com, mendirikan klub Fisikarudy di facebook selain bisa ditemui bertwitter di @fisikarudy - line, whatsapp juga SMS ke 0811-5204-209 sekarang aktif menjadi reviewer di http://rudyhilkya.com/ juga pada blog abal-abal http://rudykit.blogspot.com, rudyhilkya.wordpress.com

View all posts by Rudy Hilkya →

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar