0

Perbedaan Pendidikan di Indonesia dengan Norwegia dan Finlandia (0)

Pengelola Guraru March 9, 2022
Perbedaan Pendidikan di Indonesia dengan Norwegia dan Finlandia

Banyak artikel yang menyebutkan jika pendidikan di Norwegia dan Finlandia adalah termasuk yang terbaik. Norwegia misalnya, sistem pendidikan Norwegia setiap tahun menempati posisi 10 besar dunia, sementara Finlandia digadangkan menjadi barometer pendidikan di dunia.

Ternyata sistem pendidikan di kedua negara itu memiliki kesamaan yaitu, para siswa diperlakukan dengan baik, dihargai bakat dan minatnya, kemudian dipersiapkan untuk dapat hidup mandiri. Kedua negara tersebut juga mengedepankan gemar bermain antara satu dengan lainnya, bersosialisasi hingga belajar mengendalikan emosionalnya. Hal tersebut penting agar anak memiliki pertumbuhan yang seimbang.

Sistem pendidikan yang dianut Norwegia dan Finlandia ternyata memiliki perbedaan dengan sistem pendidikan di Indonesia, diantaranya:

1.  Guru di Indonesia banyak yang dibayar murah sementara di Finlandia dan Norwegia, profesi guru disana terbilang memiliki pendapatan lebih tinggi dari profesi guru di Amerika Serikat. Selain itu, di Finlandia mensyaratkan seorang guru bergelar magister, juga harus menyelesaikan pendidikan profesi. Langkah ini bisa mencetak tenaga pendidik yang lebih berkualitas.

2.  Di Indonesia, fasilitas sekolah tergantung kesanggupan biaya. Semakin mahal biaya sekolah, maka fasilitasnya semakin lengkap, begitu sebaliknya. Berbeda dengan di Finlandia. Pendidikan tinggi Finlandia, seperti halnya sekolah dasar dan menengah atas, diberikan secara gratis. Siswa hanya diharuskan membayar buku, transportasi, dan perlengkapan sekolah lainnya.

3.  Di Indonesia, siswa SD belajar sekitar 3–4 jam, SMP 7 jam, SMA 7–8 jam. Sedangkan di Finlandia hanya menerapkan 4–5 jam saja per hari. Malah untuk siswa SMA, disana lebih fleksibel karena datang sesuai mata pelajaran yang sudah mereka pilih.

Baca Juga Terinspirasi Finlandia dan Norwegia, Berikut Sistem Pendidikan Yang Bisa Kita Perbaiki Untuk Indonesia


Guraru.org merupakan inisiatif Acer Indonesia untuk pendidikan melalui peningkatan literasi IT di kalangan guru-guru. Komunitas online Guraru merupakan wadah untuk berbagi para guru agar melek teknologi dan saling meningkatkan kompetensi di bidang masing-masing. Komunitas Guraru dimotori oleh guru dari berbagai kalangan. Selain itu, Guraru.org juga didukung oleh kontributor dari kalangan pendidik, praktisi pendidikan, psikolog, serta konsultan pendidikan. Hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar