0

Peraturan Permainan Futsal : Tendangan Bebas (0)

oloan February 26, 2021

Seperti halnya pada pertandingan sepak bola, dalam permainan futsal pun memiliki peraturan tentang tendangan bebas yang merupakan hadiah oleh wasit kepada salah satu tim sebagai akibat karena adanya sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain dari tim lawan. Sanksi berupa hukuman tendangan penalti dan tendangan bebas pada pertandingan futsal secara tegas harus diberikan kepada pemain yang terbukti bersalah dengan sengaja melakukan sebuah pelanggaran berat. Hal ini dilakukan sesuai dengan peraturan permainan sebagai hukuman yang pantas atas kesalahan yang telah dilakukannya.

Untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan pemain futsal sehingga menyebabkan diberikannya tendangan bebas ataupun pinalti oleh wasit, sudah dibahas pada postingan yang lain. Silahkan baca sanksi dan jenis pelanggaran dalam permainan untuk pemain termasuk sanksi pelanggarannya berupa hukuman kartu kuning maupun kartu merah pada pertandingan.

Tendangan Bebas

Tendangan bebas terdiri dari tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Ketika tendangan bebas tersebut dilakukan bola harus diam dan tidak bergerak, dan penendang tidak boleh menyentuh bola kedua kalinya sebelum disentuh oleh pemain lainnya.

Tendangan Bebas Langsung

Jika tendangan bebas dilakukan kearah gawang dan gol terjadi, maka gol tersebut dinyatakan sah.

Tendangan Bebas Tidak Langsung

Gol hanya dapat tercetak dan dinyatakan sah, apabila bola tersebut sudah menyentuh pemain lainnya sebelum masuk ke gawang.

Posisi Tendangan Bebas

Seluruh pemain lawan paling kurang harus berada 5 m dari bola sampai bola tersebut kembali dalam permainan.

Bola kembali berada dalam permainan setelah bola ditendang atau disentuh dan dimainkan oleh pemain lainnya.

Pelanggaran dan Sanksi

Jika ketika tendangan bebas dilakukan, posisi lawan berada lebih dekat dengan bola dari jarak yang ditentukan, maka :

Tendangan bebas dilakukan ulang.

Jika setelah bola berada dalam permainan, penendang menyentuh / memainkan bola kedua kalinya sebelum tersentuh / disentuh oleh pemain lainnya, maka : tendangan bebas tidak diberikan langsung kepada tim lawan, untuk dilakukan dari tempat dimana terjadinya pelanggaran, akan tetapi jika pelanggaran ini terjadi didalam zona penalti, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis zona penalti, tetapi dari tempat yang terdekat dimana terjadinya pelanggaran tersebut.

Jika tendangan bebas dilakukan lebih dari 4 detik, maka tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan.

Tanda Isyarat Dari Wasit

Tendangan Bebas Langsung

Wasit menunjuk pada satu lengannya secara horizontal, menunjuk arah tendangan yang akan dilakukan. Dalam hal ini terjadinya pelanggaran yang dihitung sebagai kesalahan yang diakumulasikan, wasit menunjuk ke arah posisi terjadinya pelanggaran, sementara jari lainnya memberi isyarat kepada wasit ketiga, atau offisial pertandingan lainnya agar mengetahui bahwa pelanggaran tersebut dihitung sebagai pelanggaran yang diakumulasikan.

Tendangan Bebas Tidak Langsung

Wasit mengindikasikan sebuah tendangan bebas tidak langsung dengan menaikkan tangan diatas kepala. Ia tetap mengangkat tangannya dengan posisi tersebut hingga tendangan telah dilakukan dan bola telah menyentuh / disentuh pemain lain atau keluar dari permainan.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar