0

Peraturan Permainan Futsal : Sanksi dan Disiplin (0)

oloan February 26, 2021

Sanksi dan Disiplin

Pelanggaran yang diperingatkan

Jika seorang pemain diperingatkan dan diberikan kartu kuning, jika ia melakukan pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut :

Bersalah karena melakukan tindakan yang tidak sportif.

Memperlihatkan perbedaan pendapatnya dengan melontarkan perkataan atau aksi yang tidak baik.

Tetap melanggar peraturan permainan.

Memperlambat atau mengulur-ulur waktu pada saat memulai kembali permainan.

Tidak mengikuti perintah untuk menjaga jarak yang ditentukan ketika melakukan tendangan sudut, tendangan kedalam, tendangan bebas, atau tendangan gawang.

Memasuki lapangan tanpa ijin wasit atau melanggar prosedur pergantian pemain.

Secara sengaja meninggalkan lapangan tanpa ijin dari wasit.

Untuk setiap pelanggaran, lawan akan diberikan tendangan bebas tidak langsung, tendangan bebas ini dilakukan ditempat dimana terjadinya pelanggaran tersebut. Jika pelanggaran ini terjadi didalam zona penalti, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah penalti, tetapi dari tempat yang terdekat dimana terjadinya pelanggaran tersebut selain itu pemain juga diberikan peringatan.

Pelanggaran Yang Dapat Menyebabkan Pemain Dikeluarkan
Seorang pemain dikeluarkan dengan memberikan kartu merah, jika ia melakukan salah satu pelanggaran, sebagai berikut :

Pemain bermain sangat kasar.

Pemain melakukan tindakan kasar.

Meludah pada lawan atau orang lain.

Menghalangi lawan untuk mencetak gol atau kesempatan mencetak gol dengan sengaja merebut bola dengan cara yang tidak diperkenankan dalam peraturan (hal ini tidak berlaku kepada penjaga gawang didalam daerah penaltinya sendiri).

Dengan jelas ia menghalangi pemain lawan yang berkesempatan menciptakan gol dengan bergerak maju kedepan menuju ke arah gawang.

Dengan melakukan tindakan pelanggaran yang dapat dikenal hukuman melalui tendangan bebas atau tendangan penalti.

Mengeluarkan kata-kata yang sifatnya menghina atau kata-kata caci-maki.

Menerima peringatan (kartu kuning) kedua didalam pertandingan yang sama.

Keputusan dan Penegasan

Jika pemain dikeluarkan untuk sementara karena pemain melakukan pelanggaran No. 6 atau No. 7, tanpa melakukan pelanggaran peraturan lainnya, maka permainan dimulai kembali dengan melakukan tendangan bebas tidak langsung yang diberikan kepada tim lawan dan dilakukan ditempat dimana pelanggaran awal terjadi. Akan tetapi, jika pelanggaran ini terjadi didalam zona penalti maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis zona penalti tetapi dilakukan dari tempat yang terdekat dimana pelanggaran tersebut terakhir terjadi.

Keputusan-keputusan

Seorang pemain yang dikeluarkan tidak dapat masuk kembali kepermainan yang sedang berjalan, maupun duduk dibangku pemain cadangan. Pemain cadangan dapat masuk ke lapangan dua menit setelah rekan timnya dikeluarkan, kecuali tercipta gol sebelum masa dua menitnya berakhir, dan pemain secara sah telah diijinkan dari pencatat waktu. Dalam hal ini ditetapkan aturan sebagai berikut :

Jika dalam permainan terdapat 5 pemain melawan 4 pemain dan tim dengan jumlah pemain yang lebih besar mencetak gol, maka tim yang hanya dengan 4 pemain dapat memasukkan pemain kelimanya.

Jika kedua tim bermain dengan 4 pemain dan terjadi gol, maka kedua tim tetap bermain dengan jumlah yang sama.

Jika dalam pertandingan dimana terdapat 5 pemain bermain melawan 3 pemain, atau 4 pemain melawan 3 pemain dan tim dengan jumlah pemain yang lebih besar mencetak gol :

Maka tim dengan 3 orang pemain dapat menambah satu orang pemain lagi

Jika kedua tim bermain dengan 3 pemain dan terjadi gol, maka kedua tim tetap dengan jumlah pemain yang sama.

Jika tim yang mencetak gol adalah salah satu dari tim dengan pemain yang lebih sedikit, maka permainan diteruskan tanpa menambah jumlah pemain.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar