0

Peraturan Permainan Futsal : Perlengkapan Pemain (0)

oloan February 23, 2021

Perlengkapan Kiper

Dalam permainan futsal seorang penjaga gawang harus mengetahui apa saja perlengkapan lengkap yang penting untuk dipakai oleh seorang kiper selama pertandingan. Disamping juga perlu untuk memahami apa saja peraturan kiper futsal yang telah dibahas pada artikel lain.

Secara umum perlengkapan yang digunakan hampir sama dengan perlengkapan untuk para pemain futsal. Apa yang wajib dipakai pemain juga harus dipakai oleh sang kiper, hanya saja ada beberapa alat atau perlengkapan tambahan bagi seorang penjaga gawang (Keeper).

Adapun beberapa peralatan yang khusus digunakan sebagai perlengkapan kiper futsal antara lain:

Knee Pad / Pelindung Lutut

Knee pad adalah sebuah alat yang digunakan oleh penjaga gawang atau kiper futsal untuk melindungi bagian lutut kaki. Fungsi knee pad ini penting pada saat kiper melakukan penyelamatan bola agar lutut tetap aman dan tidak lecet karena berbenturan dengan permukaan lapangan futsal yang keras atau kasar.

Elbow Pad / Pelindung Siku

Dalam permainan futsal fungsi elbow pad adalah untuk melindungi siku tangan seorang kiper supaya aman, terutama ketika reflek kiper melakukan lompatan atau penyelamatan terhadap bola secara cepat dan spontan. Sehingga pada saat menjatuhkan diri dan berbenturan dengan permukaan lapangan keras siku tangan tetap terlindungi dengan baik.

Gloves / Sarung Tangan

Untuk peralatan ini mungkin sudah banyak yang tahu karena sering dijumpai di sekitar kita. Dalam permainan futsal fungsi sarung tangan atau gloves adalah untuk menjaga tangan kita terutama jari supaya tidak cedera saat menangkap atau blok bola. Rekomendasi untuk bahan gloves sebaiknya terbuat dari latex karena lebih lengket dengan bola.

Ada 2 jenis sarung tangan kiper yang biasa digunakan oleh penjaga gawang yaitu half finger dan full finger. Perbedaan yang paling menonjol adalah terletak pada ujung jarinya, untuk half finger memiliki model yang terbuka sehingga ujung jari masih tetap terlihat sedangkan pada full finger seluruh ujung jari sang kiper tertutup seluruhnnya. Tentunya antara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing.

Keselamatan

Seorang pemain tidak boleh menggunakan peralatan atau memakai apapun yang membahayakan dirinya sendiri atau pemain lainnya, termasuk bentuk perhiasan apapun.

Dasar Perlengkapan

Dasar perlengkapan yang diwajibkan dari seorang pemain, adalah :

Seragam atau kostum

Celana pendek, apabila pemain memakai celana dalam stretch pants, warnanya harus sama dengan celana pendek utama

Kaos kaki

Pengaman kaki (shinguards)

Sepatu dengan model yang diperkenankan untuk dipakai terbuat dari kain atau kulit lunak atau sepatu gimnastik dengan sol karet atau terbuat dari bahan yang sejenisnya. Penggunaan sepatu adalah wajib.

Seragam atau Kostum

Secara keseluruhan pengaman kaki harus ditutup oleh kaos kaki.

Terbuat dari bahan yang cocok (karet, plastik, atau bahan sejenis).

Harus memberikan tingkat perlindungan yang cukup.

Penjaga Gawang

Penjaga gawang diperkenankan memakai celana panjang

Setiap penjaga gawang memakai warna yang mudah membedakannya dari pemain lain serta wasit

Jika seorang pemain yang berada diluar lapangan ingin mengganti penjaga gawang, baju yang dipakai penjaga gawang oleh pemain tersebut harus ditandai pada bagian belakang dengan nomor pemain itu sendiri.

Pelanggaran dan Sanksi

Untuk Setiap Pelanggaran dari Peraturan ini :

Pemain yang melakukan kesalahan akan diperintahkan oleh wasit untuk meninggalkan lapangan, membetulkan perlengkapannya atau melengkapi salah satu perlengkapan yang hilang atau belum dipakai.

Pemain tidak boleh kembali ke dalam lapangan tanpa melapor terlebih dahulu kepada salah seorang wasit, yang kemudian memeriksa perlengkapan pemain tersebut. Pemain diperkenankan masuk kembali, ketika bola berada diluar permainan.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar