0

Peraturan Permainan Futsal : Lamanya Pertandingan (0)

oloan February 25, 2021

Periode Permainan

Waktu Untuk Time-Out
Setiap tim berhak meminta waktu untuk time-out selama satu menit disetiap babak, kondisi berikut dapat diberlakukan untuk mendapatkan time-out :

Para pelatih tim diberikan wewenang meminta kepada pencatat waktu untuk time-out selama satu menit.

Time-out selama satu menit dapat diminta setiap saat, tetapi hanya diperkenankan jika Tim tersebut memegang bola (menguasai bola).

Pencatat waktu dapat memberikan ijin untuk time-out ketika bola tidak dalam permainan dengan menggunakan peluit atau bunyi sinyal lainnya berbeda dari yang digunakan oleh wasit.

Ketika time-out diberikan, para pemain harus tetap berada didalam lapangan, jika selama :

Masa time-out itu mereka ingin menerima instruksi dari offisial tim, cara ini hanya dapat dilakukan hanya pada garis pembatas lapangan yang sejajar dengan tempat duduk tim dan pemain cadangan. Offisial yang memberikan instruksi tidak boleh memasuki lapangan.

Tim yang babak pertama tidak meminta time-out, pada babak kedua tim tersebut hanya berhak mendapatkan satu kali time-out.

Jarak Waktu Istirahat

Waktu istirahat antar babak tidak boleh lebih dari 15 menit.
Keputusan dan Penugasan

Keputusan 1

Jika pencatat waktu tidak ada, pelatih minta time-out kepada wasit.

Keputusan 2

Jika peraturan kompetisi menetapkan bahwa perpanjangan waktu dijalankan pada akhir dari waktu normal, maka tidak ada time-out selama perpanjangan waktu (extra time) tersebut.

Pendahuluan

Pemilihan tempat diputuskan melalui lemparan koin. Tim yang menang pada lemparan koin memutuskan gawang yang ingin diserang pada babak pertama pertandingan tersebut.

Tim lainnya melakukan tendangan pada babak pertama untuk memulai pertandingan. Tim yang memenangkan lemparan koin melakukan tendangan pertama untuk mulai pertandingan dibabak kedua.

Pada babak kedua dari pertandingan, tim-tim merubah tempat dan menyerang gawang lawan.

Tendangan Awal (Kick-Off)

Kick-off adalah cara untuk memulai permainan :

Pada permulaan babak pertama pertandingan

Setelah gol tercetak / tercipta

Pada permulaan babak kedua dari pertandingan

Pada permulaan masing-masing periode perpanjangan waktu, jika dilakukan

Gol dapat dicetak / tercipta langsung dari kick-off

Prosedur

Seluruh pemain berada dalam setengah lapangannya sendiri. Lawan dari tim yang melakukan kick-off paling kurang 3 m dari bola hingga bola masuk dalam permainan

Bola ditempatkan dititik tengah lapangan

Wasit memberikan isyarat untuk memulai kick-off

Pada saat memulai pertandingan kick-off yang sah, apabila bola ditendang dan bergerak ke arah depan

Penendang tidak boleh menyentuh bola untuk kedua kalinya sampai bola tersebut telah menyentuh / disentuh pemain lainnya / lawannya.

Pelanggaran dan Sanksi

Jika penendang menyentuh bola untuk kedua kalinya sebelum tersentuh / disentuh, oleh pemain lainnya, maka tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan, untuk dilakukan dari tempat terjadinya pelanggaran. Akan tetapi, jika pelanggaran ini dilakukan oleh pemain didalam daerah penalti lawan, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis penalti, tetapi dari tempat terdekat dimana terjadinya pelanggaran tersebut.

Untuk setiap pelanggaran prosedur kick-off, maka kick-off akan dilakukan kembali.

Menjatuhkan Bola

Menjatuhkan bola adalah cara untuk memulai kembali pertandingan setelah penghentian sementara, menjatuhkan bola merupakan cara untuk melanjutkan pertandingan yang dihentikan bukan karena bola mati. Atau permainan dihentikan bukan karena bola melewati garis pembatas lapangan atau garis gawang, atau untuk alasan apapun yang tidak disebutkan dalam peraturan permainan.

Prosedur

Wasit menjatuhkan bola ditempat dimana bola tersebut terakhir berada ketika permainan dihentikan, kecuali jika dia dalam zona penalti, dimana dalam hal ini ia menjatuhkan bola tersebut pada wilayah garis penalti, ditempat terdekat dimana bola berada ketika pertandingan dihentikan. Permainan dimulai kembali, ketika bola sudah menyentuh tanah.

Pelanggaran dan Sanksi

Bola dijatuhkan lagi

Jika bola disentuh oleh pemain sebelum bola tersebut menyentuh permukaan lapangan

Jika bola meninggalkan lapangan setelah kontak dengan tanah tanpa disentuh oleh pemain

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar