0

Peraturan Permainan Futsal : Jumlah Pemain (0)

oloan February 23, 2021

•Total pemain dalam satu tim berjumlah 14 pemain, 5 pemain yang bermain dan 9 pemain cadangan dan harus dijelaskan dalam peraturan pertandingan.

•Pertandingan di lapangan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berisikan lima pemain dengan salah satunya seorang kiper.

•Pertandingan minimal dimulai dengan pemain dalam satu tim berjumlah 3 pemain.

•Pertandingan tidak akan dimulai jika pemain dalam satu tim kurang dari 3 pemain dan akan dianggap kalah.

•Dalam pertandingan resmi dibawah naungan FIFA termasuk konfederasi dan federasi tiap negara jumlah pemain cadangan maksimal 9 pemain, dan harus dijelaskan dalam peraturan kompetisi.

•Jumlah pergantian pemain dalam satu pertandingan tidak terbatas.

•Diluar kompetisi FIFA jumlah pemain pengganti maksimal 10, dan itu harus sudah kesepakatan antar kedua tim dan harus diberitahukan kepada wasit.

•Semua nama pemain harus dicatat dan diberitahukan kepada wasit sebelum pertandingan, baik mereka hadir atau tidak.

•Pemain yang namanya tidak tercantum tidak diperkenankan bermain.

•Terkait berapa jumlah kiper kembali kepada peraturan disetiap kompetisi.

•Turnamen resmi biasanya harus mendaftarkan minimal 2-3 kiper, tergantung kesepakatan.

Pemain

Dalam setiap pertandingan dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari lima pemain, salah satu diantaranya adalah penjaga gawang.

Prosedur Pergantian Pemain

Pergantian pemain dapat dilakukan dalam setiap pertandingan yang dimainkan dengan mengikuti peraturan kompetisi resmi yang dikeluarkan oleh FIFA, Konfederasi atau Asosiasi. Jumlah pemain cadangan atau pemain pengganti maksimum tujuh orang pemain.

Jumlah pergantian pemain selama pertandingan berlangsung tidak dibatasi. Seorang pemain yang telah diganti dapat masuk kembali ke dalam lapangan untuk menggantikan pemain lainnya.

Pergantian pemain dapat dilakukan pada saat bola didalam atau diluar permainan dengan mengikuti persyaratan sebagai berikut :

Pemain yang ingin meninggalkan lapangan harus melakukannya dizona pergantiannya sendiri.

Pemain yang ingin memasuki lapangan harus melakukannya pada zona pergantiannya sendiri, tetapi dilakukan setelah pemain yang ingin diganti melewati batas lapangan.

Pergantian pemain sangat bergantung kepada kewenangan wasit, apakah dipanggil untuk bermain atau tidak.

Pergantian dianggap sah ketika pemain pengganti telah masuk lapangan, dimana saat itu pemain tersebut telah menjadi pemain aktif dan pemain yang ia gantikan telah keluar dan berhenti menjadi pemain aktif.

Penjaga gawang boleh berganti tempat dengan pemain lainnya.

Pelanggaran dan Sanksi

Ketika pergantian pemain sedang dilakukan, seorang pemain cadangan masuk lapangan pemain yang akan digantikannya meninggalkan lapangan secara sempurna, maka :

Permainan dihentikan

Pemain yang diganti diperintahkan untuk meninggalkan lapangan

Pemain pengganti tersebut diperingatkan dan dikenakan kartu kuning

Permainan dimulai kembali dengan melakukan tendangan bebas tidak langsung, tendangan dilakukan oleh tim lawan dari tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan. Jika bola didalam daerah penalti, tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis zona pinalti, tetapi dilakukan pada tempat yang terdekat dengan posisi bola ketika permainan dihentikan.

Jika pada saat pergantian pemain dilakukan, pemain pengganti masuk lapangan atau pemain pengganti meninggalkan lapangan dilakukan bukan dari tempat atau zona pergantian pemain yang telah ditetapkan, maka :

Permainan dihentikan.

Pemain yang melanggar diperingatkan dan dikenakan kartu kuning.

Permainan dimulai kembali dengan tendangan bebas tidak langsung dilakukan oleh tim lawan dari tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan.

Bagaimanapun juga jika bola didalam zona pinalti, tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari zona pinalti, tetapi dilakukan dari tempat yang terdekat dimana posisi bola berada ketika permainan dihentikan.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar