0

Peraturan Permainan Futsal : Bola (0)

oloan February 23, 2021

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepakbola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, futbol (sepak bola) dan sala (dalam ruangan).

Bola Futsal

Kualitas dan Ukuran

Bola Harus :

Berbentuk bulat

Terbuat dari kulit atau bahan lainnya

Minimum diameter 62 cm dan maksimum 64 cm

Berat bola pada saat pertandingan dimulai minimum 400 gram dan maksimum 440 gram

Tekanannya sama dengan 0,4 – 0,6 atmosfir (400 – 600 g/cm3)

Penggantian Bola Rusak

Jika bola pecah atau rusak dalam sebuah pertandingan :

Pertandingan dihentikan sementara.

Pertandingan dimulai kembali dengan menjatuhkan bola pengganti di tempat dimana bola pertama tersebut rusak.

Jika bola pecah atau menjadi rusak ketika bola tidak dalam permainan pada saat permainan dimulai, tendangan gawang, tendangan pojok, tendangan bebas, tendangan penalti, atau tendangan ke dalam :

Pertandingan dimulai kembali sesuai dengan peraturan biasa.

Bola tidak dapat diganti selama pertandingan tanpa ijin dari wasit.

Keputusan 1

Bola dari kulit laken/bulu (felt ball) tidak diperbolehkan

Keputusan 2

Bola tidak diperbolehkan memantul kurang dari 55 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm pada pantulan pertama ketika dijatuhkan dari ketinggian 2 m. Dalam suatu pertandingan atau kompetensi, hanya bola-bola yang memenuhi persyaratan teknik minimal yang diatur dalam peraturan No. 2 diperbolehkan untuk digunakan.

Dalam suatu pertandingan atau kompetensi FIFA dan pertandingan lainnya dibawah pengawasan konfederasi, penggunaan bola Futsal tergantung pada tiga logo persyaratan yang tercantum pada bola : Logo resmi “FIFA APPROVED” atau “FIFA INSPECTED” atau Referensi “International Match Ball Standard”.

Logo yang tertera pada bola menyatakan bahwa bola tersebut telah diuji secara resmi dan sesuai dengan persyaratan teknis, masing-masing kategori beda spesifikasi yang diatur dalam Peraturan No. 2, daftar persyaratan tambahan ditentukan pada setiap kategori dikeluarkan oleh FIFA. Institusi yang ditunjuk oleh FIFA yang akan melaksanakan pengujian tersebut.

Asosiasi Nasional dapat menyetujui penggunaan bola yang akan digunakan untuk kompetensinya sendiri atau pada seluruh kompetensi yang digelar, bola yang digunakan harus memenuhi salah satu dari tiga persyaratan yang telah ditetapkan dari peraturan No. 2. Apabila Asosiasi Nasional memperbolehkan penggunaan bola berlogo “ FIFA APPROVED” atau “ FIFA INSPECTED “ untuk kompetisinya sendiri, maka Asosiasi Nasional juga harus memperkenalkan penggunaan bola yang memegang rancangan bebas royalti “International Matchball Standard”.

Didalam kompetensi FIFA dan kompetensi lainnya dibawah pengawasan konfederasi serta Asosiasi Nasional, tidak diperbolehkan bentuk iklan komersial apapun tertera pada bola tersebut, kecuali untuk plakat kompetisi, penyelenggaraan kompetisi, serta merek dagang pabrik pembuatannya dengan membatasi ukuran dan jumlah tanda-tanda tersebut.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar