0

Peraturan Permainan Futsal : Bola Didalam dan Diluar Permainan, Cara Mencetak Gol, Serta Kesalahan Yang Patut Diberikan Hukuman (0)

oloan February 25, 2021

Bola Diluar Permainan

Bola secara keseluruhan melewati garis gawang, apakah ditanah atau diudara

Permainan telah diberhentikan oleh wasit

Bola menyentuh langit-langit

Bola Didalam Permainan

Bola dalam permainan setiap waktu termasuk ketika :

Bola memantul dari tiang gawang vertikal atau memantul palang horizontal gawang ke dalam lapangan

Bola memantul setelah menyentuh wasit ketika mereka berada didalam lapangan

Keputusan

Ketika pertandingan sedang dimainkan / berlangsung pada lapangan indoor dan bola secara tidak sengaja bola menyentuh langit-langit, permainan akan dilanjutkan kembali dengan tendangan kedalam, diberikan kepada lawan dari tim yang terakhir menyentuh bola. Tendangan kedalam dilakukan dari sebuah titik pada garis terdekat dibawah langit-langit dimana bola tersebut menyentuhnya.

Gol Masuk Gawang

Kecuali ditentukan lain dari peraturan ini, dapat dikatakan gol ketika keseluruhan bagian dari bola melewati garis gawang antara kedua tiang gawang dan dibawah palang gawang, kecuali bola tersebut telah dilemparkan, dibawa atau secara sengaja didorong oleh tangan seorang pemain dari sisi penyerang, termasuk penjaga gawang.

Tim Pemenang

Tim yang mencetak jumlah gol paling banyak selama pertandingan, adalah pemenangnya. Jika kedua tim mencetak gol yang sama atau tidak tercetak / tercipta gol, maka pertandingan dianggap imbang atau seri.

Peraturan dan Pertandingan

Untuk suatu pertandingan yang berakhir seri, peraturan kompetisi boleh menyatakan ketentuan yang menyatakan perpanjangan waktu atau dilakukan tendangan penalti untuk menentukan pemenangnya.

Tendangan Bebas Langsung

Tendangan bebas langsung diberikan kepada tim lawan, jika seorang pemain melakukan salah satu dari enam bentuk pelanggaran dibawah ini, dengan petimbangan wasit dan itu merupakan tindakan yang kurang berhati-hati, kasar, atau menggunakan tenaga yang berlebihan :

Menendang atau mencoba menendang lawan

Mengganjal atau mencoba mengganjal lawan

Menerjang lawan

Mendorong lawan, meskipun dengan bahunya

Memukul atau mencoba memukul lawan

Mendorong lawan

Tendangan bebas langsung juga dapat diberikan kepada tim lawan, jika seseorang pemain melakukan pelanggaran sebagai berikut :

Memegang lawan

Meludah pada lawan

Melakukan sliding, takcle dalam rangka mencoba merebut bola ketika bola sedang coba dimainkan oleh lawan. Kecuali untuk penjaga gawang didaerah penaltinya sendiri dan dengan syarat ia tidak bermain dengan hati-hati, kasar, atau menggunakan kekuatan yang berlebihan

Memegang bola secara sengaja, kecuali dilakukan oleh penjaga gawang didaerah penaltinya sendiri

Tendangan bebas langsung dilakukan dari tempat dimana terjadinya pelanggaran dilakukan. Semua pelanggaran yang disebutkan diatas merupakan kumpulan pelanggaran yang diakumulasikan.

Tendangan Penalti

Tendangan penalti diberikan, jika seorang pemain telah melakukan pelanggaran berkali-kali didaerah penaltinya sendiri, tidak peduli dimana posisi bola, tetapi asalkan bola dalam permainan atau bola hidup.

Tendangan Bebas Tidak Langsung

Tendangan bebas tidak langsung diberikan pada tim lawan, jika seorang penjaga gawang telah melakukan salah satu pelanggaran dibawah ini :

Setelah melepaskan bola dari tangannya, ia menerima kembali dari rekan tim (dengan kaki / tangan), tanpa melewati garis tengah atau tanpa dimainkan dan belum disentuh oleh pemain lawan.

Menyentuh atau menguasai bola dengan tangannya, dengan cara sengaja dikembalikan kepadanya oleh rekan tim.

Menyentuh atau menguasai bola dengan tangannya, dengan cara sengaja dikembalikan kepadanya oleh rekan tim.

Menyentuh atau menguasai bola dengan tangannya atau kaki, lebih dari empat detik.

Tendangan bebas tidak langsung diberikan pada tim lawan, tetapi dilakukan ditempat terjadinya pelanggaran, ini dilakukan jika menurut pendapat wasit seorang pemain :

Bermain dengan cara yang membahayakan

Dengan cara sengaja menghalang-halangi gerakan pemain lawan tanpa ada bola padanya

Mencegah penjaga gawang melepaskan bola dari tangannya

Melakukan pelanggaran lainnya yang tidak disebutkan sebelumnya pada Peraturan No. 12, yang mana permainan dihentikan untuk memberi peringatan atau mengeluarkan seorang pemain.

Tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan, dari tempat dimana terjadinya pelanggaran. Kecuali terjadi didalam wilayah penalti, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah wilayah penalti ditempat yang terdekat dimana pelanggaran tersebut terjadi.

Pelanggaran

Pelanggaran yang dilakukan diberikan hukuman sebagai berikut :

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar