2

Peran Teknologi Masa Pandemi (0)

Thurneysen Simanjuntak October 18, 2020

Pikiran dan perasaan siapa yang tidak  terkuras menghadapi pandemi Covid-19? Pandemi ini telah membatasi gerak langkah setiap orang. Menjaga jarak, menggunakan masker, hingga meminimalkan bepergian atau keluar rumah.

Ajakan di rumah saja, akhirnya membuat kita lebih banyak beraktivitas dari rumah. Termasuk proses belajar-mengajar.

Tetapi, kita tentu tak perlu menyesali keadaan. Walau gerak langkah kita dibatasi, yang penting, jangan sampai pikiran dan kreativitas kita batasi. Tetaplah usahakan pikiran dan kreativitas kita keluar dari tembok-tembok pembatas, sehingga kita tetap produktif.

Boleh saja langkah kita dibatasi oleh pandemi, tetapi jangan biarkan pikiran dan kreativitasmu dibatasi

Sebagai seorang guru, tentu kita memiliki pilihan untuk tetap mengajar walaupun Belajar Dari Rumah (BDR). Bukankah kita hidup di era teknologi informasi dan komunikasi yang sudah canggih? Sekarang tinggal menentukan pilihan, teknologi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita, yang membuat proses pembelajaran tetap berjalan baik dan efektif.

Era ini memang tidak dapat dimungkiri bahwa peran dan fungsi teknologi dalam BDR sudah menjadi kebutuhan primer. Walau pada akhirnya teknologi hanyalah sebagai sarana penunjang, namun hakikatnya bahwa pendidikan itu semua bermuara pada “transfer of life” seorang guru pada anak didiknya. Tapi tanpa teknologi, kita tidak akan mampu menjalankan proses mengajar dan mendidik di masa pandemi ini, bukan?

Nah, kalau bicara tentang teknologi favorit kita, tentu berbeda-beda. Saya pribadi memilih sarana yang telah disiapkan sekolah, bahkan jauh sebelum pandemi ini terjadi. Mau tahu teknologi apa yang saya gunakan? Office 365 atau Aplikasi Microsoft teams.

Selama tujuh bulan, saya pun bergelut dengan aplikasi tersebut. Walau tidak mudah (dari gaptek) tapi pada akhirnya bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik. Ternyata fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut, setidaknya membuat proses pembelajaran berjalan lancar.

Saya senang dengan aplikasi ini karena dapat menyampaikan pembelajaran dengan cara interaktif (bukan monolog tapi bisa berdialog dengan siswa), menyampaikan materi pembelajaran dengan membagikan power poin, dan menampilkan video dokumenter.

Pada aplikasi ini juga, siswa dapat diberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam sebuah kelompok, kemudian mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bersama. Artinya, dengan adanya fitur pendukung aktivitas seperti itu, maka guru tetap dapat membiasakan anak berkolaborasi.

Mengapa hal itu penting? Mengingat bahwa pada abad 21 setiap siswa dituntut untuk memiliki ketrampilan 4C (creative, critical thinking, communication, dan collaborative). Salah satu dari unsur 4C tersebut adalah berkolaborasi.

Selain itu, aplikasi ini dapat memudahkan guru untuk memantau kehadiran siswa dan keluar masuknya siswa ketika “video conference”, meminta respon siswa dengan cepat dalam bentuk lisan ataupun tulisan, dilengkapi dengan fitur angkat tangan “raise hand” bagi yang mau bertanya atau meminta ijin, hingga fitur untuk mengirimkan pesan secara pribadi.

Saya sendiri sering memanfaatkan fitur pesan pribadi ini untuk menegur siswa mungkin karena terlambat hadir, terlambat mengunpulkan tugas, tidak disiplin, dan hal-hal khusus lainnya yang tidak perlu disampaikan di depan umum. Sehingga siswa tidak perlu malu ditegur di depan umum.

Itulah ceritaku seputar teknologi yang menemaniku di masa pandemi. Bagaimana dengan Anda? Teknologi apa pun yang Anda gunakan selama masa pandemi ini, selagi dapat guru dan siswa dapat merasakan manfaatnya dan pembelajaran efektif. Menurut saya, silahkan saja. Intinya, jangan sampai hal yang esensi terlupakan.

#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (2)

  1. Selamat Malam Bapak Thurneysen 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar