1

Peran Guru Biologi Dalam Memberikan Layanan Penyaluran Yang Berkenaan Dengan Fungsi Pemeliharaan Dan Pengembangan Bimbingan Konseling (0)

Wahid Priyono, S.Pd. December 6, 2020

Pada pola BK 17 yang ditulis oleh Prof. Prayitno, diungkapkan bahwa ada 7  layanan yang bisa diberikan konselor terhadap siawa. Seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya pada bab pendahuluan, bahwa pemberian layanan tersebut tidak hanya menjadi tanggung  jawab guru BK tetapi juga merupakan tanggung jawab guru biologi demi terwujudnya fungsi Bk secara optimal.

Titik fokus saya pada pembahasan ini yaitu peran guru biologi dalam mem-berikan  layanan penyaluran  yang berkenaan dengan fungsi pemeliharaan dan pengembangan bimbingan konseling. Berikut penjelasannya.

1. Layanan Penyaluran

Definisi layanan penyaluran seperti yang diungkapkan Prof. Prayitno yaitu Mengarahkan peserta didik tidak hanya pada bidang akademik tetapi juga mengarahkan  pada  minat dan bakat siswa

2. Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan

Fungsi pemeliharaan dan pengembangan adalah salah satu fungsi BK yang ditinjau dari segi sifatnya. Fungsi ini berarti bahwa layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan dapat membantu para siswa dalam memelihara dan mengembangkan keseluruhan pribadinya secara mantap, terarah, dan berkelanjutan. Dalam fungsi ini hal-hal yang dipandang positif agar tetap baik dan mantap. Dengan demikian, siswa dapat memelihara dan mengembangkan berbagai potensi dan kondisi yang positif dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.

3. Peran Guru Biologi dalam Memberikan Layanan Penyaluran yang berkenaan dengan fungsi pemeliharaan dan pengembangan bimbingan konseling

Penjelasan kali ini menjelaskan beberapa peran seorang guru biologi dalam memberikan layanan penyaluran yaitu mengarahkan siswa tidak hanya pada bidang akademik tetapi juga mengarahkan pada  minat dan bakat siswa sehingga dengan adanya layanan bimbingan dan konseling yang diberikan tersebut dapat membantu para siswa dalam memelihara dan mengembangkan keseluruhan pribadinya secara mantap, terarah, dan berkelanjutan

Berikut adalah beberapa peran guru biologi dalam memberikan layanan penyaluran bimbingan konseling kepada siswa:

  • Bimbingan penelitian

Membentuk kelompok siswa yang tertarik dan berminat dalam hal penelitian biologi, melakukan bimbingan, pengajaran serta mendukung penelitian-penelitian yang ingin dilakukan oleh  siswa.

  • Pelatihan Olimpiade

Mengarahkan siswa yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang akademik pelajaran biologi untuk bisa mengikuti olimpiade. Mensuplai soal-soal olimpiade, melakukan bimbingan secara berkelanjutan dan mengikut sertakan siswa dalam kejuaraan olimpiade.

  • Pembuatan Karya Ilmiah

Melakukan bimbingan kepada siswa untuk bisa membuat karya ilmiah, dengan demikian hal tersebut tidak hanya menjadi pengalaman belajar siswa namun dapat dijadikan modal dasar untuk pembuatan karya ilmiah di jenjang pendidikan selanjutnya atau dapat diterapkan dalam dunia pekerjaan di masyarakat.

  • Pelatihan pemanfaatan sumber daya

Dalam hal ini guru biologi dapat memberikan informasi, pelatihan, serta pemanfaatan secara benar dan efisien segala sumber daya yang dapat berguna bagi kehidupan di masyarakat. Misalnya, guru dapat melakukan pelatihan pembuatan bioenergi dari bahan-bahan yang mudah didapat serta mudah dalam pengolahan. Contohnya pembuatan biogas dari kotoran sapi, pembuatan bioenergi dari ampas tebu dll.

  • Pemanfaatan Belajar biologi untuk meningkatkan taraf ekonomi

Dengan belajar tentang bioteknologi, siswa dapat diarahkan untuk bisa memanfaatkannya dan membuat lapangan pekerjaan untuk sehingga meningkatkan taraf ekonomi . Contohnya pemanfaatan jamur Rhizopus sp dalam pembuatan tempe, Pemanfaatan berbagai bakteri baik dalam pembuatan yogurt, atau dapat pula menjadi petani jamur dan lain-lain.

Dan masih banyak contoh konkrit lainnya, dengan tujuan siswa dapat memiliki pengetahuan akademik yang bagus dan juga memilki pengalaman belajar yang bermanfaat baik untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi maupun untuk dimanfaatkan didalam kehidupan bermasyarakat. Baik dimanfaatkan sehingga berguna bagi diri sendiri maupun berguna untuk orang lain.

Daftar Pustaka:

Djumhar dan Moh. Surya. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah(Guidance & Counseling). Bandung : CV Ilmu.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar