6

Penugasan Dengan Quiz Creator Saat Libur Sekolah Melalui Blog (+6)

ibnufajar75 May 12, 2013

Semakin majunya sarana komunikasi, saat ini pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Saya menggunakan kemajuan teknologi ini dengan memanfaatkan blog sebagai sarana pembelajaran dan informasi terhadap peserta didik saya. Ini sangat membantu terutama apabila siswa dalam keadaan libur sekolah. Seperti yang terjadi saat kelas XII sedang Ujian Sekolah saya memanfaatkan waktu libur siswa kelas X dan XI dengan penugasan di rumah dengan tugas mandiri siswa yang dibuat dalam bentuk Quiz Creator yang ada di blog saya.

Pemikiran ini muncul di benak saya karena jarang sekali siswa memanfaatkan waktu libur mereka dengan belajar. Yang ada adalah waktu libur berarti bebas dari tugas-tugas sekolah dan waktu yang ada terbuang dengan percuma. Sebagai seorang pendidik tentu saya perlu mengoptimalkan waktu yang ada bagi siswa saya walaupun dalam keadaan libur sekolah. Namun kalau penugasan ini tidak unik tentu saja siswa juga akan bosan, sehingga penugasan saya buat melalui kuis online sehingga siswa juga bisa belajar sambil bermain di warnet.

Kalau sebelumnya saya pernah menulis tentang Belajar Matriks Dengan Bermain Domino, sekarang saya mencoba berbagi pengalaman mengenai Penugasan Dengan Quiz Creator Saat Libur Sekolah Melalui Blog. Tentang bagaimana membuat membuat Quiz Creator secara online dapat dilihat tutorialnya disini.

Adapun bagaimana cara saya memberikan penugasan ini secara detailnya sebagai berikut :

Sebelum waktu liburan tiba, siswa diberi tahu bahwa ada tugas online yang harus diselesaikan pada saat liburan. Adapun tata caranya semua sudah ada di dalam blog dan siswa tinggal mengikuti apa yang sudah diinstruksikan dalam blog tersebut.

tugas6

Tampilan beranda blog

tugas5

Halaman Tugas Siswa

Kemudian untuk mengetahui kerja siswa, apabila siswa sudah mengerjakan soal tersebut maka saya akan menerima email dari wondershare mengenai hasil kerja siswa mulai dari nilai siswa, soal mana yang dikerjakan secara benar dan salah, kapan waktu mengerjakannya, dan lamanya pengerjaan soal tersebut. Email yang sama juga akan terkirim kepada siswa sehingga dapat meyakinkan mereka bahwa pekerjaannya sudah selesai dikerjakan.

tugas4

Pemberitahuan jawaban masuk via email

Ternyata hasil pekerjaan siswa dapat saya katakan memuaskan karena mereka mengalami pembelajaran yang jarang mereka alami sehingga dalam mengerjakannya cukup antusias. Ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh dan lamanya waktu pengerjaannya.

Rekap nilai tugas libur siswa

Rekap nilai tugas libur siswa

Dan ini membuktikan bahwa pembelajaran ternyata dapat dilakukan tidak hanya di dalam kelas saja, namun dengan adanya kreatifitas dari guru, pembelajaran dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Bahkan walaupun siswa dalam keadaan libur sekolah. Jika rekan-rekan lain berminat, silakan coba….

 

Comments (6)

  1. tugasnya bikin uang saku membengkak, menurut saya tugas yang penting adalah bermakna dan tidak memberatkan oran tua, bayangkan jika semua mata pelajaran menugaskan secara online, dikali biaya warnet ( waaaah tugas aj ko repot )

  2. Pak Botak Sakti Makasih…

    Pak Sopwani Kalo menurut anda memberatkan nggak usah ditiru… cuma pengalaman saya tugas ini tidak begitu memberatkan karena disana ada limit waktunya yaitu 60 menit dan kira2 berapa ya biaya warnet selama itu jika dibandingkan mereka dengan hanya bermain game yang tahan berjam-jam…

  3. Menarik sekali pak Ibnu fajar. Salam kenal ya dari saya Pak Sukani. Memang guru harus memiliki ide-ide kreatif dengan menggunakan IT untuk diimplementasikan dalam pembelajaran, khususnya ini pada saat liburan sekolah. Bagus sekali pak.

    Guraru…,yuk kita ikuti apa yg telah disampaikan oleh bpk Ibnu Fajar karena patut dicoba.! Semoga apa yang kita kerjakan mendapat ridho dari Allah SWT. Amin.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar