0

PENTINGNYA WADAH KREATIVITAS PESERTA DIDIK (0)

Muhammad Agus Hasbullah August 16, 2021

Bakat adalah suatu kulaitas yang nampak pada tingkah laku manusia pada suatu lapangan keahlian tertentu (Nurkancana,1991:1993) dan minat menurut KBBI adalah kecenderungan Hati yang tinggi terhadap sesuatu. Pada dasarnya semua orang memiliki minat dan bakat yang berbeda beda, namun kesempatan dalam mengembangkan minat dan bakat ini kadang tidak ada sehingga minat dan bakatnya tidak tersalurkan dengan baik. Mengembangkan minat dan bakat dibidang seni adalah salah satu bagian dari cara melestarikan keberagaman kesenian daerah sebagai wujud bentuk nasionalisme.

                   Minat dan bakat dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh terhadap masa depan, banyak yang menyia-nyiakan bakat sehingga tidak bisa dijadikan sebagai penunjang kehidupan di masa depan. Hal ini karena tidak adanya wadah untuk mengembangkat minat dan bakatnya.

Disekolah khususnya pasti melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler yang tidak lain bertujuan untuk mengembangangkan kreativitas peserta didik selain di dalam kelas. maka dari itu sebagai wadah perkembangan kreativitas, perlunya memberikan kesempatan mereka untuk unjuk kebolehan hasil dari pembelajaran mereka dalam ekstrakulikuler. Kegiatan apresiasi hasil dari kreativitas siswa disekolah akan memberikan dampak yang besar untuk mereka terus mengembangan kreativitas minat dan bakat mereka.

Disekolah SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara , dengan bimbingan kepala sekolah Guru seni Budaya melaksanakan sebuah kegiatan yang dinamakan Hari apresiasi siswa. dimana setiap satu kali dalam satu tahun akan dilaksanakan “hari apresiasi siswa” sebagai bagian dari penampilan hasil belajar mereka di kegiatan ekstrakulikuler baik itu paduan suara, tari, musik dan teater.

Jumlah siswa yang tidak banyak tidak membatasi kita sebagai guru untuk terus mengembangkan keprofesionalitasan. yang tidak lain kita sebagai pelayan publik. untuk itu pentingnya sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menampilkan hasil dari pembelajaran mereka untuk bisa diapresiasi oleh orang lain.

Menampilkan hasil kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler yang dapat diapresiasi minimal oleh warga sekolah akan berdampak besar terhadap motivasi siswa untuk terus mengembangkan dirinya sesuai dengan minat dan bakat mereka. kita sebagai guru hanya memberikan mereka proses dan pengalaman untuk terus mengasah bakat mereka. tidak sedikit hasil kreativitas mereka yang dapat dibawa ke ajang lomba-lomba khususnya lomba yang setiap tahun diadakan yaitu FLS2N baik dimulai dari tingkat kecamatan, sampai ke tingkat nasional.

Kegiatan hari apresiasi siswa bisa dimulai dengan pembukaan yaitu kegiatan yang dibuka oleh kepala sekolah, kemudian berlanjut dengan laporan kegiatan ekstrakulikuler yang di ikuti oleh siswa. selanjutnya menampilkan hasil kreativitas mereka, bisa juga dibentuk menjadi sebuah drama musikal jika bagian bagian penampilan mendukun guntuk dibentuk drama musikal.

dengan adanya wabah covid 19 ini tentu berpengaruh besar terhadap semua kegiatan ekstrakulikuler yang telah dilaksanakan. sehingga saat ini kita terkendala dengan kondisi Online yang memerlukan paket data dan perangkat Handphone yang sangat tidak efektif dalam bimbingan ekstrakulikuler.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar