0

Pentingnya Teknologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran (0)

Pengelola Guraru October 19, 2022

Di era society 5.0 ini, teknologi berkembang sangat pesat. Dalam dunia pendidikan peran teknologi dalam proses pembelajaran sangat penting karena penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media ajar.

Semua elemen sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, hingga orang tua dituntut untuk cakap menggunakan teknologi. Hal ini agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan optimal.

Lalu, sebenarnya apa saja peran teknologi dalam dunia pendidikan? Simak infonya.

Apa itu Teknologi Pendidikan?

Sebelum mengetahui peran teknologi pendidikan, ada baiknya Anda mempelajari mengenai konsep teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan adalah proses sistematis dan terorganisir dalam penerapan teknologi modern untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal Ini merupakan cara sistematis untuk mengkonseptualisasikan pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran serta membantu penerapan teknik pengajaran pendidikan modern. Dalam penerapannya, teknologi pendidikan memiliki tiga komponen keberhasilan, yaitu: 

  • Teknologi sebagai tutor (komputer memberi petunjuk dan membimbing pengguna)
  • Teknologi sebagai alat pengajaran 
  • Teknologi sebagai alat pembelajaran

Baca juga: Bagaimana Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran?

Saat ini, teknologi pendidikan masih belum diterapkan secara merata di Indonesia karena peralatan elektronik yang belum lengkap dan kualifikasi guru yang tidak memadai. Pemerintah dan semua elemen sekolah harus turut andil untuk mendalami teknologi pendidikan agar terciptanya pembelajaran yang berkualitas.

Peran Teknologi Pendidikan

Teknologi diciptakan untuk menyelesaikan permasalahan serta memudahkan pekerjaan. Teknologi pendidikan mempunyai peran dan kontribusi penting dalam kehidupan, yaitu untuk mengoptimalkan pembelajaran secara efektif sesuai perkembangan, kondisi, dan kebutuhan masyarakat. Berikut penjelasan mengenai peran teknologi pendidikan:

  1. Menyediakan fasilitas belajar melalui proses perencanaan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta mengevaluasi sumber belajar. 
  2. Menyelesaikan permasalahan yang ada dan dapat dikaji secara menyeluruh dengan memadukan berbagai disiplin keilmuan secara terpadu. 
  3. Memanfaatkan teknologi yang bisa membuat pembelajaran menjadi efektif dan efisien. 
  4. Memberikan alternatif penyelesaian masalah kinerja organisasi pendidikan dengan terstruktur menggunakan kinerja dan desain instruksional.
  5. Menciptakan inovasi baru dalam bidang pendidikan untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Baca juga: Apa Itu Learning Management System Dan Manfaatnya dalam Kelas Daring 

Pada dasarnya teknologi pendidikan hadir untuk memecahkan permasalahan pembelajaran bagi elemen pendidik. Salah satu contoh teknologi pendidikan adalah Learning Management System (LMS) yang merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran.

Dalam mendukung perkembangan teknologi pendidikan, Acer Indonesia menyediakan LMS berupa platform Jelajah Ilmu yang menawarkan solusi pendidikan komprehensif. Jelajah Ilmu menawarkan solusi pembelajaran digital yang komprehensif dalam kegiatan belajar mengajar untuk kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua. Selain itu, Jelajah Ilmu juga terhubung dengan berbagai sumber belajar mengajar seperti Video Interaktif, eTextbooks, eWorkbooks, eTeachers Guides, dan eTestpapers yang sudah disesuaikan dengan kurikulum Indonesia.

Jelajah Ilmu juga memudahkan interaksi antara guru, murid, kepala sekolah, dan orang tua di dalam satu platform yang sama. Bersama Jelajah Ilmu, belajar lebih menarik, intuitif, dan Menyenangkan!

Kunjungi Jelajah Ilmu untuk memulai perjalanan Anda dalam penerapan teknologi pendidikan melalui website https://acerforeducation.id/jelajah-ilmu/.

Tagged with:

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar