0

Pentingnya Mengenal Tipe Belajar Siswa (0)

Rifana Luudi February 10, 2021

Seorang guru hampir sama seperti seorang dokter. Jika dokter mengobati tanpa mengetahui dengan baik penyakit apa yang diderita pasiennya maka obat yang diberikan tidak akan ada gunanya dan dapat menimbulkan penyakit lain bahkan kematian. Begitu juga dengan seorang guru, jika ia mengajar tanpa mengenal keadaan siswa yang diajarnya dan tipe belajar siswa seperti apa maka tidak akan memberi dampak yang baik terhadap siswa. Bisa-bisa siswa tidak mau mengikuti pembelajaran, tidur saat guru sedang mengajar didepan kelas, tugas tidak bisa diselesaikan siswa karena tidak mampu memahami apa yang sedang diajarkan gurunya, keluar dari grup pembelajaran jika pembelajaran secara online dan lain-lain.

Karakter dan kemampuan tiap siswa berbeda-beda, begitupun tipe belajarnya. Guru harus mampu mengenal tipe belajar siswanya dengan baik. Ada siswa yang tipe belajarnya visual artinya mudah mengerti, mudah mengingat dari apa yang dilihat daripada didengar. Untuk tipe seperti ini guru harus mampu menyajikan suatu tayangan/video/gambar yang menarik baginya karena ada juga tayangan/video/gambar yang kurang menarik contohnya tayangan/video yang hanya berisi kata-kata tanpa gambar dan suara. Selain tipe visual ada tipe belajar auditori dimana siswa lebih mudah mengerti dan mengingat bila mendengar penjelasan . Ada juga tipe belajar kinestetik, mereka akan lebih paham jika bisa dipraktekkan secara langsung.

Dengan mengenal tipe belajar siswa, guru mampu menerapkan metode, model dan media yang tepat untuk pembelajaran. Guru tidak boleh contohnya tiap kali tatap muka menyajikan materi dimana guru menerangkan terus didepan kelas. Siswa tipe visual dan kinestetik akan bosan dengan penyajian seperti itu.

Guru harus mencari cara bagaimana dalam pembelajaran itu siswa tipe visual , auditori dan kinestetik mampu memahami secara bersamaan apa yang sedang diajarkannya. Memang tidaklah semudah yang dibayangkan karena sama seperti kemampuan siswa yang berbeda-beda, kemampuan tiap guru juga berbeda-beda. Guru-guru dengan penguasaan IT yang baik dapat dengan mudah mengembangkan pembelajaran dengan mengkombinasikan tiga tipe belajar tersebut namun untuk guru-guru dengan penguasaan IT yang terbatas akan sangat sulit mengembangkannya . Kecuali guru tersebut meminta rekan guru lainnya atau orang yang menguasai IT untuk dibuatkan media pembelajaran yang seperti itu. Mungkin ada yang bersedia menyediakan media itu secara gratis tetapi ada juga yang berbayar. Tapi itulah namanya guru, harus mampu berkembang untuk masa depan generasi penerus cita-cita bangsa dengan tipe belajar yang berbeda-beda.

Tipe belajar yang berbeda-beda pada tiap siswa menjadi suatu tantangan yang menarik bagi guru karena dari perbedaan itu pun, guru ikut berkembang. Jika yang diajar hanya satu tipe, mungkin guru hanya akan berada pada metode, model dan media yang itu-itu saja.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar