2

Pentingnya Mengajarkan Semangat Kepahlawanan (0)

Thurneysen Simanjuntak March 25, 2021

” Menurut kalian, siapa yang dimaksud dengan pahlawan itu? ” Tanyaku pada anak didik.

” Pahlawan itu adalah orang yang berjasa terhadap orang lain? “

” Orang, yang berkorban bagi nusa dan bangsa. “

” Orang yang mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadinya.”

” Orang yang telah selesai dengan dirinya. “

” Baik, terima kasih untuk jawaban kalian.” Sahutku.

Begitulah sebagian jawaban anak didikku ketika saya bertanya tentang siapa pahlawan tersebut.

Saat itu kami memang sedang belajar tentang kompetensi dasar tentang ” mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia. “

Nah, kalau mengacu pada Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Pahlawan ( pahlawan nasional ) adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajah yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara. Gelar itu bisa juga diberikan untuk seseorang yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa. ( Baca: Kompas.com )

Dari defenisi tersebut sudah jelas siapa sesungguhnya pahlawan. Mengingat pahlawan tersebut adalah orang yang gugur membela bangsa dan negara atau melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bagi bangsa, sudah selayaknya mereka dihargai.

Bagi anak didik, salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk penghargaan adalah mengenal mereka dan perjuangannya, tetapi tidak sampai di situ, harus juga berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan mereka.

Selain itu harus mempelajari nilai – nilai dan prinsip – prinsip hidup mereka, terutama yang berhubungan dengan nasionalisme, patriotisme, upaya mereka memupuk persatuan dan kesatuan bangsa, dan masih banyak lagi.

Penghargaan terhadap pahlawan tentu kita butuhkan hingga saat ini. Pahlawan adalah inspirasi bagi generasi terkini, generasi penerus bangsa, dengan cara itu mereka memiliki model atau teladan dalam memimpin bangsa kelak.

Saya selalu ingat dengan ungkapan ini, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya.”

Dalam pembelajaran topik tentang kebangsaan ini, ternyata ada juga hal yang menarik dilakukan dalam pembelajaran. Misalnya, setiap siswa mencari satu sosok yang dikagumi dari para pahlawan nasional, kemudian mereka mencari identitasnya, mencari peran dan nilai-nilai perjuangan dari pahlawan tersebut.

Kemudian anak didik diajak untuk mempresentasikan atau memperkenalkan tokoh tersebut pada rekan-rekannya di kelas. Dengan cara ini tentu para peserta didik akan mengenal semakin banyak pahlawan nasional.

Menurut hemat saya, ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memperkenalkan para pahlawan nasional kepada anak didik, generasi penerus bangsa. Bagaimana menurut Anda ?

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi rekan – rekan pembaca. Salam.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar