0

Pentingnya Mengajak Siswa SMK Belajar dari Aplikasi Siap Kerja (0)

Anotherorion September 28, 2021

Lulusan SMK, diharapkan memiliki pilihan untuk bekerja, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau menjadi seorang pengusaha. Berbeda dengan rekan mereka yang bersekolah di sekolha menengah atas, secara skill, siswa SMK sudah memiliki kompetensi dasar yang dapat digunakan sebagai syarat melamar di dunia kerja.

Meskipun demikian, pembelajaran di SMK seringkali lebih menekankan konten hard skill yang harus dikuasai agar siswa dapat bersaing di dalam bursa kerja. Penekanan hard skill ini ditandai dengan adanya Uji Kompetensi Keahlian siswa yang diselenggarakan di tahun ketiga pembelajaran.

Sekolah, pada umumnya mensiasati hal tersebut dengan menghadirkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler siswa untuk mendukung kemampuan hard skill tersebut dengan soft skill seperti kemampuan berorganisasi, kemampuan berkomunikasi, menyampaikan pendapat, melatih mental dan lain-lain.

Ada berbagai kegiatan yang dihadirkan pihak sekolah sebagai penyelenggara pendidikan guna memfasilitasi putra putri didik mereka menempa diri selagi menempuh pendidikan di SMK. Mulai dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, olahraga, kepanduan, sains, linguistik, seni, teknologi dan lain-lain.

Namun dengan adanya pandemi, dengan kegiatan pembelajaran yang hampir semua dilakukan secara online selama dua tahun terakhir. Kegiatan penunjang belajar tersebut menjadi sangat kurang untuk bisa diberikan kepada siswa.

Bagi beberapa sekolah, untuk membelajarkan siswa menguasai materi-materi basic setiap tingkatan saja harus dengan tantangan yang cukup berat, untuk itulah tidak ada salahnya jika kita menggunakan bantuan aplikasi siap kerja

Apa Sih Aplikasi Siap Kerja?

Aplikasi siap kerja adalah bentuk e-learning yang lebih mengedepankan konten yang dibutuhkan di dalam dunia kerja. Hal ini berbeda dengan e-learning yang banyak digunakan di sekolah selama pandemi yang memang lebih banyak dikhususkan untuk pembelajaran kelas.

Aplikasi siap kerja lebih mengutamakan pada penguasaan skill baik berupa soft skill dan hard skill. Sekolah SMK bisa memberikan opsi upskilling dan reskilling bagi calon lulusan agar mereka memiliki lebih banyak tambahan pengetahuan saat dinyatakan lulus dari SMK nantinya.

Beberapa aplikasi siap kerja yang saat ini dapat diakses secara online adalah QuBisa, Skill Academy dan Udemy. Ketiga aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai alternatif untuk memberikan pengayaan kepada siswa selama masa pandemi.

Aplikasi Skill Academy seperti kita tahu juga merupakan salah satu partner yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan pelatihan prakerja, dan siswa kita sebagai alumni nantinya bisa menggunakan aplikasi Skill Academy untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan bursa kerja.

Untuk mengatasi masalah pembiayaan yang mungkin timbul dari penggunaan aplikasi mengingat sebagian course dalam aplikasi tersebut hanya bisa dienroll dengan membayar, siswa dapat disarankan untuk memilih course yang bersifat gratis, sebagai contoh di aplikasi siap kerja QuBisa dan Udemy terdapat beberapa course yang bersifat gratis, baik yang terkait dengan soft skill, maupun hard skill.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar