0

Pentingnya Kemampuan Public Speaking untuk Siswa (0)

Pengelola Guraru September 21, 2022

Public Speaking merupakan salah satu kemampuan penting yang harus diajarkan kepada siswa sejak dini. Hal ini akan berpengaruh kepada pembawaan anak saat dewasa dan bisa menjadi bekal penting untuk karir masa depan. 

Saat public speaking, siswa diharapkan dapat menyampaikan topik, ide, dan gagasan yang mudah dipahami di hadapan orang banyak. Kemampuan berbicara di depan umum dapat meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri siswa ketika berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya.

Pengertian Public Speaking

Secara umum, public speaking adalah mengenai kemampuan berbicara di depan umum. Public speaking merupakan sebuah keterampilan yang didasarkan dari sebuah latihan, pengalaman berbicara, dan praktik berbicara dihadapan banyak orang.

Public speaking juga merupakan sebuah seni dari ilmu komunikasi lisan yang melibatkan para pendengar dengan tujuan memberikan informasi secara efektif. Ilmu berbicara ini juga dibuat untuk mengajak, mempengaruhi, atau pun menghibur pendengar dengan rangkaian kalimat yang sudah disusun rapi oleh pembicara.

Baca juga: Contoh Gerakan Literasi Sekolah yang Bisa Diterapkan

Namun, tidak semua siswa pandai dalam hal ini. Bapak dan Ibu guru tentu sering kali menemui siswa yang pendiam saat pelajaran. Hal ini tidak selalu mengindikasikan bahwa siswa tersebut malas atau tidak tertarik pada materi pembelajaran. Mungkin saja siswa merasa malu atau tidak pandai mengutarakan pendapatnya di depan banyak orang.

Oleh karena itu, pentingnya mengoptimalkan stimulasi dan pengalaman siswa dalam public speaking, agar sedini mungkin mereka dapat mengasah kemampuan berbicara di depan umum. Di sinilah tugas guru, orang tua, dan lingkungan sekitar berperan penting untuk membimbing siswa memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Tips Ajarkan Public Speaking untuk Siswa

Public speaking perlu pembiasaan tiap harinya, maka dari itu diperlukan dukungan guru, orang tua, dan lingkungan sekitar agar kemampuan siswa dapat tertanam dengan baik. Berikut tips yang bisa guru terapkan kepada siswa:

1. Ajarkan Percaya Diri

Banyak siswa yang tidak berani untuk mengutarakan pendapatnya karena takut salah atau takut dicemooh orang lain. Guru bisa mulai ajak siswa berbicara melalui kelompok kecil sehingga siswa tidak ragu dan mulai menyatakan pendapatnya. Hal ini penting karena guru harus membuat siswa nyaman terlebih dahulu di lingkungan kelasnya. Dengan sendiri, akan tumbuh sikap berani dan percaya diri pada siswa saat berbicara di depan umum.

Jika siswa masih takut, guru bisa tanyakan kepada siswa apa yang menjadi ketakutannya saat berkomunikasi di hadapan orang banyak. Bantu siswa melawan ketakutan tersebut secara perlahan dan tanpa memaksa. 

2. Struktur Kata yang Tepat

Siswa sering kali bimbang ketika memulai kata pertama saat menyampaikan pendapatnya. Guru perlu membimbing siswa untuk memilih susunan kata yang tepat ketika berbicara. Siswa juga perlu dibiasakan berbicara dengan susunan kata yang tepat dari awal hingga akhir sehingga keterampilan siswa akan meningkat.

3. Berbicara Sopan dan Santun

Selain struktur kata yang tepat, siswa juga harus diajarkan mengenai pemilihan kata yang baik. Hal ini merupakan proses penting agar siswa dapat memilih kata yang tepat kepada lawan bicaranya.

Baca juga: Kolaborasi Guru dan Siswa dalam Mewujudkan Efektifitas Pembelajaran Daring dan Luring

4. Kontak Mata

Menatap mata dapat menciptakan makna bahwa siswa menghargai dan memperhatikan lawan bicaranya. Hal ini bisa guru terapkan dengan memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi bersama temannya terkait materi pelajaran yang sedang berlangsung. 

5. Gunakan Ekspresi dan Gerakan Tubuh

Ekspresi dan gerakan tubuh penting untuk dilakukan saat public speaking agar pendengar dapat memahami dengan pasti informasi yang disampaikan. Guru bisa berikan contoh pada siswa melalui ekspresi wajah dan gerakan tubuh ketika berbicara. Ekspresi dan gerakan tubuh yang tepat juga dapat menjadi sarana komunikasi terkait perasaan yang disampaikan kepada pendengar.

6. Mencoba Berbagai Aktivitas

Kemampuan komunikasi dalam public speaking bukan hanya dibutuhkan saat sedang beradu argumen saja, namun juga dibutuhkan dalam hal lain. Guru bisa mengajarkan siswa dengan cara beragam seperti latihan puisi, berdialog, atau menyanyi.

7. Kuatkan 3V (Visual, Vocal, Verbal)

Dalam public speaking, tiga hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Visual yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik juga untuk para pendengar. Guru bisa ajarkan siswa bagaimana cara berpenampilan yang tepat untuk sebuah acara. Selain itu Guru juga harus memperhatikan sikap berdiri, gerak tangan, kontak mata, ekspresi wajah, dan gerak tubuh.

Jika visual sudah baik yang harus diperhatikan selanjutnya adalah vokal. Ajarkan siswa tentang volume suara yang tepat, artikulasi, intonasi, jeda, tempo, dan pernapasan.

Sedangkan untuk verbal, pastikan lagi bahwa isi pembicaraan yang akan disampaikan sudah tepat seperti pemilihan kata, struktur kata, kosa kata, referensi, dan penguasaan materi.

Baca juga: Petunjuk dan Cara Membuat Soal di Google Form

8. Membuat Channel Youtube

Mempunyai akun Youtube pribadi bisa membuat anak merasa bebas untuk mengekspresikan dirinya. Guru hanya perlu memantau dan membuat list terkait topik yang harus disampaikan. Namun, selebihnya biarkan anak untuk mengeksplorasi topik tersebut. Hal ini akan membantu siswa berlatih berbicara dan melihat penampilannya sendiri di depan kamera. 

9. Ciptakan Grup Public Speaking

Kemampuan public speaking tidak bisa hanya dari sekali atau dua kali latihan. Maka dari itu, dibutuhkan latihan yang disiplin untuk mengembangkannya. Guru bisa menciptakan kelompok kecil yang berisi topik ringan untuk siswa seperti, menceritakan hobi atau pengalaman agar siswa terbiasa dengan berbicara dihadapan orang banyak. Saat siswa sudah merasa nyaman, guru bisa memulai topik rumit seperti berpendapat mengenai isu yang sedang terjadi.

Menjadi pendidik memang penuh dengan tantangan, namun melihat siswa mempelajari hal baru dan dapat mengimplementasikannya suatu saat nanti akan memberikan kepuasan sendiri bagi para Guru. Public speaking bukan hal mudah, perlu penanaman nilai dan latihan terus menerus untuk menguasainya. 

Jadi guru bisa mengajarkan public speaking pada siswa dengan menerapkan cara-cara diatas, ya!

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar