5

Penilaian Kurikulum 2013 Berbasis IT (+2)

KARJONO January 2, 2014

Bukan asing lagi bagi seorang guru yang melakukan penilaian yang telah dilakukan sejak jaman “cindel abang” he he. Namun tuntutan kurikulum 2013 bukan asalan memberikan penilaian kepada siswanya. Penilaian dikaukan terhadap aspek Kognitif, Afektif dan psikomotor.

Penilaian sikap bukanlah semata-mata mengarang, misal yang ganteng atau yang cantik kasih A, yang deket gurunya kasih A atau B, yang nyebelin, kasih B-, yang norak kasih D-. Kalau begini apa jadinya ya… ha ha ha.  Adalagi yang mungkin terjadi agar gurunya disenangi siswanya maka nilainya dikasih yang bagus2 padahal ga pernah ulangan, terus nilai dari mana tuh, sulapan kale ya, hu hu. Saya yakin temen2 diguraru adalah bagian dari guru yang profesional, sehinggan dalam memberikan penilaian bisa dipertanggungjawabkan.

Nah yang menjadi kendala pada umumnya dalam penilain kurikulum 2013 ini menurut beberapa masukan guru adalah terlalu ribet dan banyak yang dinilai. Dah gitu ngolahnya lumayan “mblenger..!” katanya. Hampir rata-rata sekolah yang menjadi sasaran kurikulum 2013 raport semester 1 belum bisa diberikan dengan baik.

SOLUSI

Mungkin yang saya lakukan salah satu solusi yang bisa dilakukan. Yakni sekolah menerapkan sistem penilaian berbasis IT. Bukan promisi lo….kangkarjono.blogspot.com baru saja launching Sistem penilaian untuk SMA, kalau yang SMP alhamdulillah dah bayak yang make…

Semoga kita selalu mau berubah yang lebih baik.

 

 

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar