3

Penilaian Kinerja Guru (+1)

KARJONO December 27, 2013

PKGPenilaian kinerja guru dilakukan sekali dalam setahun, tetapi prosesnya dilakukan sepanjang tahun terutama dalam memantau unjuk kerja guru dalam mengimplementasikan kompetensi kepribadian dan kompetensisosial. Kegiatan penilaian kinerja guru diawali dengan kegiatan evaluasi diri yang dilaksanakan pada awal semester. Penilaian kinerja guru dilakukan di akhir rentang waktu 2 semester setelah melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Penilaian kinerja guru ini harus dilaksanakan dalam waktu 4 – 6 minggu di akhir rentang waktu 2 semester. Hasil penilaian kinerja ini digunakan sebagai dasar usulan penetapan angka kredit tahunan guru kepada tim penilai angka kredit.

Fakta di lapangan menunjukkan Penilaian Kinerja Guru hampir di semua Provinsi belum siap di tahun 2013 ini. Jika mengikuti aturan yang ada, terhitung 1 Januari 2013 harus melaksanana prosedur PKG ini sehingga akhir tahun 2013 tepatnya pertengahan November hingga awal Desember sudah melaksanakan penilaian sumatifnya. Tapi pada umumnya sampai Natal 2013 ini belum bisa terkumpul di tim penilai Kabupaten. Lebih parahnya lagi Tim Penilai di Kabupaten juga belum terbentuk sehingga banyak guru yang masih tenang-tenang berfikir PKG ini. Padahal PKG sangat dibutuhkan oleh guru itu sendiri untuk kenaikan pangkatnya.

Jika Desember 2013 ini merupakan Desember yang kelabu bagi guru, masih ada solusinya yakni PKG dilakukan untuk periode penilaian Juli 2013 – Juni 2014. Tentunya guru akan kehilangan 1 semester yakni 1 Januari 2013 – 30 Juni 2013 yang tidak bisa dinilai dengan aturan yang lama, namun juga ketinggalan dengan aturan barunya. Untuk periode penilaian Juli 2013-Juni 2014 ini penilaian akan dilakukan pada pertengahan Mei 2014 – Awal Juni 2014. Bagi guru yang tidak mau kehilangan angka kredit pertahunnya berarti harus bersiap-siap semua yang diperlukannya.

Jika PKG ini dapat dilakukan dengan objektif, saya punya keyakinan profesionalisme guru akan meningkat. Gimana tidak…!. Dari perencanaan pembelajaran, administrasi guru dituntut untuk terampil menyusun dan mendokumentasikan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran tuntutannya sungguh merupakan harapan guru yang ideal. Penilaian guru juga dituntut secara profesional, mulai dari rancangan hingga analisis dan tindak lanjutnya.

Sepertinya sampai disini dulu ya kita lanjut lain kali. Info lanjutan di KREATIFITAS GURU oleh Kang Karjono, Mari semangat menjadi guru yang lebih profesional pada era yang baru ini…

Comments (3)

  1. Salam kenal pak Karjono. Terima kasih sharingnya. Insya Allah berita ini sangat penting bagi Guraru. Semoga guru-guru dapat menyusun semua perangkat pembelajaran dengan optimal sesuai dengan aturan, sikon sekolah setempat, dan kreativitas guru, amin. Insya Allah pelaksanaan dapat optimal dan pelaporannya dapat menjadi acuan siklus berikutnya. Harapan kami Insya Allah PKG tersebut dapat seobyektif mungkin dan terus dilakukan peningkatan sedini mungkin dalam mempersiapkannya. Insya Allah ke depan makin baik. Salam hormat.

  2. Terimakasih bunda…!
    Sosok guru yang menghargai karya orang lain, dan terbukti di hargai orang lain meskipun masa purna bakti. Semoga menjadi inspirasi kami yang masih punya waktu mengukir sejarah pendidikan di Indonesia tercinta ini. Doz bunda akan selalu kami harapkan…

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar