6

Pengukuran, Alat Ukur, dan Besaran (0)

Supadilah S.Si December 22, 2020

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan pengukuran. Mengukur tinggi badan, mengukur panjang sebuah kayu, atau lainnya. Apa sih pengukuran itu?

Pengukuran itu adalah membandingkan nilai suatu besaran yang diukur menggunakan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan

Contoh pengukuran

Penjual Telur mengukur berat suatu telur ketika ada pembeli yang ingin membeli telur 1kg (mencari bobot telur merupakan pengukuran)

Tukang kayu mengukur kayu sepanjang 3 meter sebelum dia memutuskan untuk memotongnya (mencari panjang kayu merupakan pengukuran )

Dalam mengukur kita harus menggunakan alat ukur yang tepat. Pengukuran memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Fakta ini didukung pula oleh Lord Kelvin, hal ini tergambar dari ungkapannya yang terkenal “Saya sering mengatakan jika Anda dapat mengukur sesuatu dan menuliskan hasilnya dalam angka-angka, berarti Anda mengetahui tentang sesuatu itu”.

Macam-macam Alat Ukur

Dalam pengukuran kita dapat menggunakan berbagai alat ukur untuk mengukur suatu variable fisika.

Pemilihan alat ukur bergantung pada apa yang diukur dan tujuan pengukurannya Ini merupakan berbagaiparameter yang diukur dengan beberapa alat ukur.

1. Alat untuk Pengukuran Panjang (m)

Padapengukuran ini terdapat beberapaalat ukura yang dapat digunakan antara lain:

  • Mikrometer Skrup
  • Penggaris atau Mistar
  • Jangka Sorong

2. Alat untuk Pengukuran Arus Listrik (A)

Kita sampai sekarang belum dapat melihat pergerakan arus listrik kita hanya dapat mengukuranya saja.

Sebenarnya kita juga belum dapat mengukur dengan mencacahnyasatu persatu kita hanya dapat mengukurnya  secara kelompak saja.

Alat ukur yang digunakan ialah Amperemeter

3. Alat Pengukuran Tegangan (V)

Pengukuran ini  mengunakan alat yang dinamakan voltmeter

4. Alat Pengukuran Hambatan Listrik (ohm)

Pengukuran ini menggunakan alat yang disebut ohmmeter.

5. Alat Pengukuran Berat (kg)

Pengukuran ini juga memiliki banyak referensi  alat  ukur  yang digunakan antara lain:

  • Neraca pegas
  • Neraca digital
  • Neraca tiga lengan
  • Neraca ohaus

Dalam fisika kita mengenal besaran.

Besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur, memiliki nilai yang dapat dinyatakan dengan angka-angka, serta mempunyai satuan tertentu. Sedangkan yang dimaksud sebagai satuan adalah pernyataan yang menjelaskan arti dari suatu besaran, atau sesuatu yang dijadikan pembanding dalam pengukuran yang menjadi acuan.

Terdapat dua besaran yaitu

Konsep besaran dan satuan tidak terlepas dari hal yang disebut sebagai besaran pokok. Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu, dan bukan turunan dari besaran lain. Terdapat tujuh besaran pokok yang sudah diketahui, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, jumlah molekul zat, serta intensitas cahaya.

Agar lebih mudah dipahami, berikut tabel besaran dan satuan yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Besaran dan Satuan: Pengertian, Konsep, dan Perbedaannya (1)

Tabel Besaran Pokok dan Satuannya, Foto: Dok. Istimewa

Seperti yang sudah tertera pada tabel di atas, bahwa masing-masing besaran pokok memiliki satuan dan singkatannya sendiri. Adapun satuan yang menjadi pembanding besaran sudah ditentukan dalam sebuah satuan sistem internasional atau yang sering disingkat sebagai SI.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar