1

Penggunaan Fungsi Aritmatika Dalam Ms.Excel (0)

Catatan Guru Milenial January 26, 2021

Penulis: Rita Wati

Penggunaan Fungsi Aritmatika Dalam Ms. Excel

Halo sobat online semua terutama siswa-siwaku yang masih tetap semangat dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ibu doakan agar kita semua masih dalam keadaan sehat walafiat dan berdoa semoga virus ini segera beraakhir sehingga kita bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka kembali.

Dalam Ms. Excel kita bisa menggunakan fungsi aritmatika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pangkat.

Untuk menggunakan rumus di dalam Ms. Excel terlebih dahulu kita harus mengetahui simbol-simbol yang telah ditentukan dalam Ms. Excel

Aturan baku dalam menggunakan rumus Ms.Excel yaitu diawali dengan sama dengan (=)

Contoh : =B1+B2

Tabel Operator Aritmatika

OperatorJenis OperasiContoh Penggunaan
+Penjumlahan=Cell 1+ Cell 2
Pengurangan= Cell1-Cell 2
*Perkalian= Cell 1* Cell 2
/Pembagian=Cell 1/ Cell 2
^Pangkat=Cell 1/ Cell 2
Tabel Operator Aritmatika

Contoh Penggunaan Fungsi Aritmatika

Selanjutnya kita akan mulai menggunakan operator penjumlahan (+) sesuai dengan aturan penggunaan operator pada paragraf di atas yaitu dengan mengawalinya dengan simbol sama dengan (=).

Pastikan kalian mengaktifkan sel C4, dan kita akan mencoba menjumlahkan angka 90 yang berada di sel A4, dan angka 70 di sel B4.

Selanjutnya tinggal di Enter, dan hasilnya akan muncul angka 160 di sel C4, seperti gambar di bawah ini.

Silahkan ulangi pada sel C5 sampai C8 supaya lebih lancar dan paham dengan cara penggunakan operator penjumlahan. Untuk Pengurangan, Perkalian dan Pembagian kalian dapat mencobanya dengan mengganti simbol operator sesuai tabel Operator Aritmatika yang sudah disediakan di atas.

Sebenarnya dalam Ms.Excel ada cara yang lebih praktis agar kita tidak mengetik rumus berulang-ulang kali. Jika tabel yang kita kerjakan sedikit tidak menjadi masalah akan tetapi jika tabelnya banyak hal ini akan tidak efektif.

Ms. Excel sudah menyediakan cara yang mudah bagi penggunanya. Ketika memasukan rumus maka cukup sekali saja untuk kolom atau baris selanjutnya kita hanya tinggal menarik datanya. Nah bagaimana caranya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Aktifkan kembali sel B4, perhatikan pada sudut sel sebelah kanan bawah ada kotak kecil arahkan kursor di sana hingga muncul tanda +.
  2. Kemudian klik kiri pada mouse dan tahan kemudian tarik kebawah sesuai jumlah kolom.
  3. Maka secara otomatis cell B5 hingga cell B8 akan terisi jawaban.
  4. Jika kita klik pada cell B5, B6, B7, B8 maka rumus akan menyesuaikan pada cell tersebut.

Lakukan hal yang sama untuk operator lainnya pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat maupun rumus lainnya untuk materi selanjutnya.

NOTED Tulisan ini dibuat sebagai materi untuk siswa saya yang masih PJJ. Semoga dengan materi yang ibu buat ini kalian bisa mengerti tentang penggunaan fungsi aritmatika pada Ms.Excel.

Agar lebih lancar silakan praktikkan table Penggunaan Fungsi Aritmatika Sederhana yang telah ibu contohkan cara penggunaan rumusnya.

Jika kalian masih bingung, kalian bisa menonton video di bawah ini!

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar