5

Penggunaan Aplikasi Mobile sebagai Solusi Beragam Kebutuhan (0)

Supadilah S.Si March 2, 2021

Saya seorang guru. Selama belajar daring akrab dengan berbagai aplikasi pembelajaran. Bukannya nggak bersyukur dengan media-media  yang sudah ada. Tapi kalau ada yang bisa memenuhi beragam kebutuhan, kan lebih bagus.

Ketika mengajar saya tidak cukup hanya dengan satu aplikasi saja. Untuk mengingatkan siswa saat memulai pembelajaran saya pakai WhatsApp. Lalu saat menyapa dan mengobrol siswa saya pakai zoom. Menjelaskan materi dengan menampilkan video. Saya bisa share screen atau memberikan link YouTube. Memberikan penugasan atau tugas saya meminta siswa mengumpulkan di Google Classroom. Presensi pakai Google Form.

Jadi 4 – 6 aplikasi yang saya pakai dalam sekali mengajar. Bingung nggak tuh? Hehe… Memang internet sudah memudahkan untuk pembelajaran jarak jauh. Tapi agak ribet karena harus pindah-pindah aplikasi.

Coba kalau ada aplikasi yang bisa memfasilitasi semua kebutuhan. Pasti kerja makin simple dan cepat.

Sampai suatu ketika sekolah mengadakan webinar tentang penggunaan aplikasi belajar yang bisa mengakomodasi semua keperluan guru dalam mengajar daring. Guru cukup memakai satu aplikasi itu untuk menyapa siswa, memberikan materi, menerima pengumpulan tugas, menilai tugas, dan melakukan interaksi lewat video. Di aplikasi itu juga terdapat banyak materi pembelajaran. Jadi guru semakin dimudahkan dalam membuat atau menyiapkan materi pembelajaran.

Saya membayangkan betapa kerennya bisa bikin aplikasi mobile ini. Pastinya akan mendapatkan kemudahan berbagai keperluan. Mengerjakan pembelajaran dengan satu aplikasi saja. Guru nggak perlu rebot pindah-pindah aplikasi

Bukan cuma di bidang pendidikan saja tapi juga bisnis, kesehatan, sosial, lingkungan, dan lainnya.

Di bidang lain misalnya Gojek. Pertumbuhan Gojek disokong oleh aplikasi mobile sebagai basis bisnisnya. Awalnya dari layanan transportasi saja. Kini aplikasi Gojek memiliki lebih dari 20 layanan. Hari ini siapa yang tak kenal Gojek? Banyak kebutuhan sehari-hari yang bisa dilakukan dengan aplikasinya.

Di sekolah saya gajian setiap awal bulan. Setiap awal bulan itulah kami harap-harap cemas. Nunggu informasi gaji sudah masuk atau belum. Karena sudah butuh, kadang ada yang mengecek ke ATM. Namanya untung-untungan. Lumayan kalau ternyata sudah gajian. Tapi jadi lumanyun kalau ternyata belum gajian. Hehe..

Kasihan. Jauh-jauh atau panas-panas berangkat ke ATM ternyata nihil. Beberapa orang pakai SMS Banking. Tapi kadang nggak akurat pemberitahuan. Kadang yang pakai SMS Banking ini mencoba peruntungan tetap ke ATM meskipun belum ada notifikasi masuk.

Padahal akan lebih enak kalau pakai aplikasi mobile banking. Bisa mengecek kapan saja dan dari mana saja. Bisa dari rumah, tempat kerja, atau tempat ngopi sekalipun. Cuma tinggal pencet sana pencet sini ketahuan sudah masuk gaji atau belum. Kalau ternyata gaji sudah tinggal ke ATM buat ngambil. Kalau belum tentu nggak perlu capek-capek ke ATM yang kadang di perjalanan bisa kehujanan atau kepanasan.

Apalagi musim yang tak menentu sekarang ini. Enaknya memang pakai aplikasi mobile tadi.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar