13

Pengertian E-Book, Manfaatnya untuk Pendidikan dan Cara Membuatnya (0)

Pengelola Guraru February 9, 2021

Pemakaian e-book atau buku digital dalam dunia pendidikan semakin populer. Kehadiran buku elektronik ini begitu memudahkan dalam persiapan mengajar maupun memberikan tugas kepada para peserta didik. Oleh karena itu, yuk pahami pengertian e-book dan rekomendasi aplikasi gratis untuk membuat e-book di artikel ini!

Pengertian E-Book

E-book atau buku elektronik ternyata sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tepatnya pada 1971. Di tahun tersebut, seorang penulis asal Amerika Serikat bernama Michael Hart, mengetik dokumen berjudul Declaration of Independen menggunakan komputernya. Hart melakukannya sebagai bagian dari sebuah proyek, yaitu Project Gutenberg tujuannya agar publik bisa ikut membaca buku elektronik yang dibuatnya itu.

Hart, yang tutup usia tahun 2011 pada umur 64, ‘mewariskan’ konsep e-book tersebut yang semakin populer sekarang. Berikut ini sejumlah pengertian e-book dari para ahli maupun sumber kredibel lainnya.

Putu Laxman

Putu Laxman (2008) mendefinisikan e-book sebagai buku digital, yaitu buku cetak yang selanjutnya dibuat dalam versi elektroniknya. Buku semacam ini memang untuk dibaca menggunakan layar monitor.

Danang

Sementara itu, Danang (2009) mengartikan e-book sebagai buku elektronik dengan desain khusus, dari buku cetak, yang dapat dibaca melalui komputer maupun perangkat lainnya.

Whalts

Lebih luas lagi, situs Whalts menyebut e-book sebagai buku elektronik yang bisa dibaca langsung menggunakan komputer pribadi. Dalam menikmati e-book, pembaca dapat memanfaatkan e-book reader.

Oxford

Apabila diartikan dari bahasa Inggris seperti yang dilansir Kamus Bahasa Inggris Oxford, buku digital atau e-book sebenarnya bermula dari buku cetak, yang bentuknya diubah dalam perangkat e-book, sehingga akhirnya bisa dibaca lewat komputer maupun ponsel.

Baca juga: Belajar Lebih Mudah dengan Buku dalam Genggaman

Dampak dan Manfaat E-Book Bagi Dunia Pendidikan Tanah Air

Kehadiran e-book membawa berbagai manfaat, mulai dari sebagai sarana dan media pembelajaran, maupun media bisnis. Sementara untuk dunia pendidikan, berikut ini adalah manfaat e-book.

Memudahkan aktivitas belajar-mengajar

Kehadiran e-book, terlebih di masa pandemi ini, memudahkan guru dan murid dalam menjalani aktivitas sekolah online. Guru dapat menyiapkan materi pelajaran dalam bentuk e-book, untuk didistribusikan pada para siswa. Format e-book juga memungkinkan murid untuk belajar di setiap waktu dan tempat, selama dapat mengakses komputer, tablet, maupun ponsel.

Membantu proses penyebaran informasi

Format e-book membantu guru dalam membagikan bahan-bahan belajar dengan cepat dan mudah. Misalnya, dengan menyalinnya ke Google Drive, flashdisk, harddisk, maupun mengirimnya ke email maupun nomor WhatsApp para murid.

Efisien

E-book tentu menghemat biaya untuk mencetak maupun transportasi yang sebelumnya harus dikeluarkan untuk membuat dan membagikan materi pelajaran. Sebab kini, melalui versi elektronik, ‘buku mata pelajaran’ tidak perlu dicetak ke dalam bentuk ‘hard copy’.

Memberikan perlindungan informasi

Guru dapat melindungi materi ajar yang disusunnya, agar tidak disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab karena e-book bisa dipasangi password. Jadi, hanya rekan-rekan sesama guru maupun murid yang mengetahui kata sandinya sajalah yang dapat mengaksesnya.

Baca juga: Membuat Digital Book (Digibook) itu Mudah

Rekomendasi Aplikasi Pembuatan E-Book

Saat ini telah tersedia berbagai aplikasi yang membantu rekan-rekan guru dalam menyiapkan materi pelajaran. Ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi e-book yang layak dicoba secara gratis.

Calibre

Aplikasi Calibre ini bisa digunakan pada Windows, iOS, bahkan Linux sekalipun. Calibre mampu mengkonversikan dokumen dengan berbagai format, misalnya docx, pdf, txt, atau html, menjadi format e-book populer, termasuk epub dan zip. 

Melalui aplikasi yang satu ini, Anda dapat mengubah tampilan e-book, menyisipkan daftar isi, mencari suatu kata, hingga mengganti banyak kata sekaligus, layaknya fitur dalam Ms Word. 

Sigil

Aplikasi gratis lainnya untuk membuat e-book adalah Sigil. Aplikasi yang satu ini mengusung format epub sebagai hasil buku digital yang Anda siapkan. Sigil dilengkapi sekitar 20 tool yang bisa dicoba, termasuk untuk proses penyuntingan dalam mencari kesalahan. Anda bisa mengoperasikan aplikasi ini pada Windows, Mac, dan Linux.

Mobi Pocket Creator

Aplikasi ini cukup mudah digunakan. Cukup dengan mengunggah materi yang sudah Anda siapkan dalam format docx atau pdf, sebelum melakukan convert. Hasil buku digital Anda pun dapat dicetak dalam prc atau prcx.

Google Docs

Aplikasi yang satu ini mungkin semakin populer di masa sekolah online saat ini. Tak sekadar berfungsi sebagai pengolah teks, Google Docs juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan file epub. Namun saat melakukannya, pastikan perangkat terhubung dengan koneksi Internet. Anda pun bisa mengajak rekan-rekan guru lain untuk berkolaborasi Menyusun e-book bersama, melalui Google Docs.

Seperti itulah gambaran pengertian e-book dan bagaimana dampak pentingnya untuk dunia pendidikan. Sangat bermanfaat, bukan? Yuk, bagikan pengalaman Anda untuk berdiskusi mengenai dunia pendidikan dengan  bergabunglah dengan Komunitas Guraru. Ikuti terus informasi terbaru di website Guraru, ya!

Belum bergabung di Guraru ? Yuk segera daftarkan diri disini

Tagged with:

Comments (13)

  1. E-book menjadi buku masa depan, dimana sudah saatnya kita semua meminimkan penggunaan kertas, sehingga lebih efektif, efisien dan lebih simpel, sudah saatnya kita memasuki era buku digital..terimakasih telah berbagi..

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar