3

PENGENALAN MS.EXCEL SERTA CARA MENGGUNAKAN RUMUS, SUM,MAX,MIN dan AVERAGE (0)

Catatan Guru Milenial January 17, 2021

Penulis : Rita Wati,S.Kom

Sampai jumpa kembali murid-murid. Tanpa terasa kita sudah masuk di semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ya. Kita juga masih melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

            Ibu berharap kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat dan wabah virus ini segera berakhir sehingga kita dapat kembali melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka.

            Kali ini ibu akan memberi materi tentang PENGENALAN MS.EXCEL SERTA CARA MENGGUNAKAN RUMUS, SUM,MAX,MIN dan AVERAGE.

Sebelumnya ibu akan menerangkan terlebih dahulu apa itu Ms. Excel.

Pengertian Ms. Excell

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel).

  • Langkah-Langkah Membuka Ms.Excel
  • Untuk dapat menggunakan Ms.Excel langkah pertama kita harus menginstal terlebih dahulu Ms.Office.
  • Kemudian kita klik start icon (windows) kemudian pilih dan klik icon Ms.Excell (di sini ibu menggunakan Ms. Excel 2013.
  • Kemudian kita pilih blank document maka secara otomatis kita akan di bawa kehalaman Ms. Excell pada gambar di bawah ini.

Lembar Kerja Ms.Excel

Lembar kerja dalam MS.Excell dikenal dengan sheet. Secara default lembar kerja Ms.Excel terdiri dari 3 yaitu (sheet 1,sheet 2 dan sheet 3) tentu saja sheet tersebut bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Lembar kerja dalam Ms.Excel terdiri dari baris (1-1.048.576) dan kolom (16.384).

jumlah kolom dan baris pada Ms.Excell

Cara menggunakan Ms.Excel

Cara menggunakan Ms.Excel kita mengetik seperti layaknya Ms.Word jika kita mengetik text, sedangkan untuk pengetikan angka kita harus memperhatikan tanda mata uang, titik maupun koma, karena jika salah maka kita tidak akan bisa memproses penggunaan rumus dalam Ms. Excel.

Contoh: Rp.500.000,-  penulisa rupiah (mata uang kita tidak bisa mengetik Rp. Secara manual akan tetapi kita hanya menulis  500000 . kemudian untuk simbol mata uangnya kita menggunakan menu Format-Format cells-curenncy.

Merubah angka menjadi nilai mata uang

Penggunaan Rumus Dasar Ms.Excel

Kali ini ibu akan membahas tentang penggunaan rumus dasar Ms.Excel

RumusContoh Cara Menggunakan Rumus di Ms.Excel
Rumus sum digunakan untuk menjumlahkan  = sum (c2:c6)
Rumus max digunakan untuk mencari nilai terbesar.   = max (c2:c6)
Rumus min digunakan untuk mencari nilai terkecil   = min (c2:c6)
Sum rumus average digunakan untuk mencari nilai rata-rata   = average (c2:c6)
Contoh table penggunaan rumus sum, max, min average

Untuk lebih jelasnya silakan tonton video di bawah ini jangan lupa meninggalkan komentar agar ibu tahu jika kalian sudah memperhatikan materi dengan baik.

Video materi tentang cara menggunakan rumus sum,max, min dan average

TUGAS

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar