0

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 29, 2021

Seorang guru adalah profesional dan wajib mengembangkan keprofesionalan . Pengembangan keprofesionalan yang berkelanjutan yang sering disebut PKB, atau CPD dapat dilakukan guru dengan 2 cara yaitu Pengembangan Diri dan Publikasi ilmiah Karya Ilmiah. Kegiatan ini juga bagi PNS Guru sebagai syarat untuk mengajukan angka kredit guna kenaikan pangkat. PKB dapat dilakukan secaa mandiri dan berkeliompok.

Pengembangan diri dengan menggunakan kegiatan kolektif guru, menfikuti diklat profesi. Kendala tang dihadapi di lapangan adanya ketidak merataan kesempatan mengikuti diklat. Hal ini bisa diakibatkan oleh belum optimalnya koordinator PKB. Sehingga beberapa macam diklat yang diselenggarakan oleh beberapa instansi belum merata guru menfalaminya.

Kegiatan diklat yang dilakukan oleh guru haeus m3ndapatkan surat tugas atasan langsung yaitu kepala sekolah. Guru dapat kesempatan diklat terkadang terkendala materi diklat yang diselenggarakan instansi kurang bersifat umim jadi tetkadang hanya guru guru tertentu dan iti iyu saja yang mendapat kesempatan menhikuti diklat. Maka sebaikanya disekolah program PKB dilaksanakan secara trtprogram sehingga kesempatan yang sama diberikan kepada guru yang ada .

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam melaksanakan PKB tetkait kelengkapan afministrasinya , yaitu : Surat Tugas, surat undangan, absensi, sertifikat, yang menjadi lampiran dalam pengembangan diri. Jumlah jam pelajaran diklat juga harus diperhatikan agar dapat nilai kredit , yaitu minimal 30 JP untuk mendapat 1 angka kredit.

Selain Pengembangan diri , dalam PKB dapat dilakukan dengan publikasi ilmiah dan karya inovasi. Dalam hal ini guru diharapkan mamou menfhasilkan karya ilmiah untuk mendpatkan angka kredit . Publikasi ilmiah berupa pembuatan karya olmiah dalam bentuk makalah, best preactice atau laporan hasil penelitian yang dipublikaaikan ke media massa. Diaamping iti dapat juga dengan menggunakan mengjasilkam karya ilmiah agar dapat dihagai angka kreditnya.

Dalam membuat laporan penelitian diperlukan seminasi agar mendapatkan angka kredit yang memenuhi syarat dari golong 3d ke 4a. Seminasi hasil PTK. Seminasi memiliki syarat peserta berasal dari 3 sekolah lain, dan berjumlah 15 yang satu jenjang.

MACAM DAN JENIS KEGIATAN PKB

NoMacam  PKBJenis Kegiatan
1Pengembangan Diria)Diklat fungsional b)Kegiatan kolektif guru
2Publikasi Ilmiaha)Presentasi pada forum ilmiah b)Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmu di bidang pendidikan formal c)Publikasi buku pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru
3Karya Inovatifa)Menemukan teknologi tepat guna b)Menemukan/menciptakan karya seni c)Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum d)Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedomansoal dan sejenisnya

Tahapan PKB ada dua yaitu tahapan InFormal dan Formal. Pada tahap formal, guru yang bersangkutan bersama koordinator PKB atau Kepala sekolah, menganalisis hasil penilaian kinerjanya dan menetapkan solusi untuk mengatasinya. Semua hal yang dilakukan guru selama tahap ini harus sesuai dengan recana kegiatan guru yang telah diketahui oleh koordinator PKB. Tahapan Formal, Jika guru tidak/belum menunjukkan peningkatan kompetensi pada penilaian/pelaksanaan pengamatan kemajuan ke-satu setelah mengikuti tahap informal, koordinator PKB dapat menentukan proses peningkatan selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru yang dinilai.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar