1

Pengembangan Kapasitas Personal Guru Saat Masa Pandemi Covid-19 (0)

Rakhmad November 16, 2020

Saat Pandemi Covid-19 pendidikan mulai melakukan sistem Pendidikan Jarak Jauh.  Murid belajar dari rumah, gurupun juga mengajar dari rumah. Bermunculan webinar dan pelatihan online untuk pengembangan kapasitas personal guru.

Webinar  dan platihan online dari penembangan Teknlogi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru. Sistem belajar  PJJ yang menyenangkan. Kurikulum darurat serta administrasinya juga di diskusikan secara online.

Sekarang untuk meningkatkan kapasitas personal guru sudah tidak ada jarak dan waktu. Pelatihan untuk guru yang diselenggarakan oleh lembaga kedinasan dan lembaga non profit  juga menjamur. Dari mulai berbayar dan tidak berbayar juga bisa memilih.

Kempauan guru harus ditingkatkan karena guru harus profesional. Profesional secara pripadi dan kelompok untuk meningkatkan sistem pendidikan yang berkemajuan. Guru salah satu pilar penting bagi pendidikan.

Pengembangan Kapasitas Personal Guru Sesuai Kebutuhan

Pengembangan kapasitas personal guru sesuai kebutuhan adalah lebih pada kebutuhan jangka pendek. Salah satunya adalah pengembangan kapasistas di bidang TIK.  Guru wajib menguasai TIK karena ini merupakan kebutuhan yang penting di masa pandemi.

PJJ membuat guru harus kreatif belajar menggunakan media online untuk pembelajaran. Dari mulai pembelajaran lewat video, tulisan dan E-Learning. Keterampilan dalam PJJ juga merupakan point penting dalam keberberhasilan pembelajaran.

Siswa sekarang lebih maju dibidang TIK, gurupun juga harus tidak ketinggalan. Dengan guru yang ahli di bidang TIK beberapa pembelajaran online tidak membosankan. Siswa menjadi betah dengan pembelajarn PJJ yang di ajar oleh gurunya sendiri.

Pengembangan Kapasitas Personal   Guru Sesuai Tuntutan Profesi

Pengembangan  kapasitas personal guru sesuai tuntutan profesi adalah pengembangan berdasarkan tugas pokok guru. Tugas Pokok Guru Sesuai Permendikbud 15 Tahun 2018. Pertama adalah merencanakan pembelajaran atau pembimbingan, yang dilakukan melalui kegiata. Kedua adalah melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan yang dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Ketiga adalah menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan. Keempat adalah membimbing dan melatih peserta didik. Kelima adalah melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru.

Pengembangan kapasitas guru yang bisa dilakukan diantara lainnya. Mengikuti webinar pembuatan RPP satu halaman. Pembuatan RPP untuk e Leraning. Mengikuti pelatihan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Pelatihan pembuatan evaluasi, pelatihan pembuatan soal, dan pelatihan membuat media pembelajaran.

Pengembangan kapasitas personal bagi guru sangat penting apalagi masa pandemi ini merupakah ihtiar untuk mengembangkan pendidikan lebih maju. Guru yang merupakan profesi harus ahli dibidangnya. Mengikuti webinar dan pelatihan merupakan tuntutan dalam profesi.

Semoga hasil webinar dan pelatihan online di masa pandemi ini menjadikan guru-guru kita menjadi lebih profesional. Guru-guru menjadi lebih semangat belajar secara online. Beradaptasi dan berkawan dengan media online. Menjadikan guru untuk selalu belajar menyesuaikan perkembangan zaman dan keadaan untuk pendidikan lebih maju.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar