1

PENGEMBANGAN KAMUS DIGITAL ISTILAH UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN (0)

Muhammad Rofiul Alim January 20, 2021

Menurut Harfatiani (2007:37) “kamus digital adalah kamus yang mengutamakan fasilitas elektroniks, yaitu fasilitas yang memungkinkan aplikasi pengolah kata memeriksa ejaan dari dokumen diketik”. Kamus sangatlah diperlukan untuk membantu pemahaman kita akan sesutu hal belum kita pahami makna atau hakikatnya.

Kamus sering kali dimanfaatkan dalam belajar dan pembelajaran bahasa inggris oleh siswa ataupun guru dalam media dan sumber belajarnya. Selain bahasa inggris dan indonesia kamus bisa kita kembangkan untuk semua disiplin ilmu dalam memahami suatu konsep istilah. Kita bisa memanfaatkan kamus dalam istilah sejarah, istilah geografi, istilah-istilah lainnya.

Visual basic merupakan merupakan pemograman untuk membuat aplikasi yang dijalankan di windows dengan bahasa pemograman Basic. Basic sendiri berarti Begginer’s All purpose Symbolic Intruction Codes, selain memiliki bahasa Basic pada dasarnya pada vb6 ini sudah dilengkapi IDE yang berbasis visual. IDE merupakan singkatan dari Integrated Development Environment yang mana langsung terintegrasi langsung didalamnya. Visual basic memiliki berbagai versi, akan tetapi buku ini menawarkan pembahasan visual basic 6 yang lebih mudah dipelajari oleh orang awam dan pemula serta aplikasinya pun lebih populer di masyarakat. Visual basic ini merupakan program yang di tujukan untuk membuat berbagai aplikasi yang dijalankan pada operational system windows xp, 7, 8, 8.1.

Perlu diketahui bahwa semua tutorial ini belum tentu berlaku pada visual basic 5, karena memiliki perbedaan di sebagian langkah dan fitur. Selanjutnya langkah dalam visual basic 6 tidak bisa dijalankan di visual basic.net karena sangat berbeda sekali antara kedua versi ini dan konsekuensinya tidak akan bisa dijalankan di visual basic.net. Penulis mempertimbangkan keadaan dilapangan bahwa mayoritas guru dan mahasiswa lebih mudah menangkap serta memahami visual basic 6 yang lebih mudah penerapannya dari pada versi baru yaitu visual basic.net.

Membuat kamus melalui visual basic dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tujuan pembuatan kamus digital disiplin ilmu ini bertujuan untuk membantu dalam pemahaman konsep dan sebagai sumber belajar. misalnya kamus istilah geohistory, maka didalam kamus tersebut memuat istilah-istilah dalam geohistory itu sendiri.

  1. Buatlah konsep kamus yang akan anda buat
  2. Ketik dalam word kata atau istilah yang anda inginkan untuk kamus. Hal ini memudahkan anda dalam mendata kata atau istilah apa saja sebelum membuat kamus.
  3. Buka visual basic anda, klik standard exe dan open.
  4. Form sudah tersedia dan desainlah kamus anda dengan.

2 label, 2 teksbox, 1 commandbottun.

Desainlah seperti dibawah ini kamus anda, atau kembangkan sesuka anda. Tetapi untuk saran cobalah seperti ini saja untuk percobaan kamus, kalau sudah paham dengan dasarnya maka dapat dikembangkan lebih lanjut kamus yang menarik.

Text Box: Gambar 7.1 Desain Kamus
  •  Gantilah dipoperti seperti berikut:

 Textbox                             : name = txtistilah
 Textbox                             : name = txtdefinisi
 Commandbutton    : name = cmdTerjemahkan

caption = Terjemahkan

  • Lalu tuliskanlah source code berikut ini pada commandbutton (terjemahkan)

Private Sub cmdTerjemahkan_Click()
Dim kata As String
Open App.Path & “\data.txt” For Input As #1
kata = Me.txtistilah.Text
Do While Not EOF(1)
  Input #1, Data
  hasil = Split(Data, “-“)
  If Trim(hasil(0)) = kata Then
   Me.txtdefinisi.Text = hasil(1)
    Exit Do
  End If
Loop
Close #1
End Sub

  • Selesai mencoding, selanjutnya data yang word copy dan masukan di notepad, setelah selesai copy dan paste ke notepad dengan nama “data.text”.
Text Box: Gambar 7.2 Penulisan Database di Notped
  • Cara penulisan data dalam data di notepad untuk kamus

geohistory-sebuah disiplin ilmu yang mengkaji sejarah dengan data data geografi

  • Simpan project di folder anda dan simpan notepad dalam folder yang sama dengan project kamus anda.
  • Selanjutnya untuk mencoba tekan F5

Untuk pengemabangan selanjutnya bisa anda kembangan dengan kreatifitas anda, kamus ini bisa di terapkan disemua bidang ilmu dan cocok sebagai sumber belajar siswa. Selesai selamat mencoba kamus istilahnya.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar