10

Pengayaan Melalui Blog, Usaha Untuk Generasi Emas (+4)

Atjih Kurniasih May 7, 2015

Bobby De Porter dkk dalam bukunya Quantum Teaching, menyatakan bahwa, setiap interaksi dengan siswa,setiap rancangan kurikulum, dan setiap metode intruksisioanal dibangun atas prinsip dan asas “Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita dan antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka”. Pernyataan tersebut mengandung arti bahwa KITA HARUS MEMAHAMI DUNIA MEREKA.agar pesan pesan yang akan kita sampaikan atau pelajaran yang akan kita berikan dalam suasana yang menyenangkan sehingga mereka terima dengan baik.karena apa yang mereka dapat, sesuai dengan kehidupan nyata.Dengan kata lain kita harus menerapkan CTL,Contekstual Teaching of Learning.Pembelajaran sesuai dengan kehidupan nyata siswa.

berbicara kehidupan nyata siswa,dan dunia siswaberart kita berbicara siswa yang hidup di abad 21.Masa yang pastinya berbeda dengan kita dulu belajar.Kita berhadapan dengan masa Digital,masaserba tehnologi,serba cepat,dan Instan.oleh karena itu kita memang dituntut untuk mempersiapkan mereka menghadapi masa tersebut agar mereka mampu menghadapi segala persolan hidup yang ada di abad 21. artinya seperti diutarakan di atas, kita mau tidak mau harus masuk ke dunia mereka agar kita tidak terjebak dengan pembelajaran yang kata Dedy Dwitagama seperti memberikan lontong basi,tidak ada gunanya bagi mereka.

Tony Wagner (2008) dalam bukunya The Global Achievement Gap menulis yang intinya ” Peserta didik membutuhkan Tujuh Keterampilan untuk menyiapkan diri dalam kehidupan bekerja dan bermasyarakat. Keterampilan tersebut berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah,kolaborasi dan kepemimpinan,kelincahan dalam pergaulan,kemampuan beradaptasi,inisiatif dan kewirausahaan, komunikasi efektif dan komunikasi melalui tulisan,kemampuan mengakses dan menganalisa informasi serta kemampuan rasa dan imajinasi.

Sejalan hal tersebut di atas,saya sebagai guru yang mengampu mata pelajaran IPS harus menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Saya harus meninggalkan cara-cara lama dalam proses pembelajaran dan mulai dengan cara cara baru yang dituntut perkembangan jaman.Guru bukan lagi sebagai pusat pembelajaran,tapi semua  di lingkungan siswa bisa menjadi sumber belajar. dan guru  berperan sebagai fasilitator yang diharapkan terus  mengembangkan diri sehingga menjadi guru profesional.

Guru Profesioanal sebuah keharusan bukan  sebuah pilihan, demikian yang pernah saya dengar dari Widyaswara LPMP saat mengadakan Pelatihan dalam rangka Program Akselarasi Mutu Sekolah di SMPN I Cipanas tempat saya mengajar. sebuah progran dari Lembaga Penjaminan Mutu Sekolah (LPMP)  dan salah satu sekolah dari delapan sekolah  sasarannyaadalah SMPN di mana saya mengajar.

Guru Profesional,ya saya harus berusaha menjadi guru Profesioanal,salah satu caranya saya harus mengajar sesuai dunia siswa,sesuai dengan kekinian,apa itu ?, ” Gadget’.Siswa dengan gadget laksana suami dengan istri,atau laksana siswa dengan pacarnya, tidak mungkin kita pisahkan.tidak mungkin kita larang.Gadget laksana pisau bermata dua,bisa bermafaat namun juga sebaliknya  tidak bermamfaat tergantung bagaimana kita menggunakannya dan sebagai guru,  saya harus mengarahkan,membimbing  mereka  agar gadget yang mereka miliki bermamfaat optimal menjadikan mereka menjadi generasi emas ,generasi yang mampu hidup di era globalisasi era yang ditandai persaingan sangat kuat dalam bidang tehnologi,managemen,dan sumber daya manusia (SDM).

oleh karena itulah maka,saya berusaha menyesuai dengan mereka,caranya memasuki dunia mereka,DUNIA GADGET.

Kelas yang saya pilih adalah kelas 7 E.Kelas dengan karakteristik siswa yang begitu kritis,semangat belajarnya tinggi,dan kemampuan kecerdasan IQ tinggi pula. Hal ini terbukti dengan hasil ulangan sebagian besar di atas Ketuntasan Minimal (KKM).Itu artinya mereka harus diberi PENGAYAAN. agar potensi mereka  berkembang dengan optimal. Mereka juga butuh penanganan,sayang kalau kita biarkan,dan PENUGASAN MENULIS DI BLOG menjadi pilihan saya.

Adapun tujuan pembuatan Blog itu

  1. Agar mereka mengembangkan ilmu terutama pelajaran IPS  mereka lebih mendalam
  2. Sesuai dengan keterampilan abad 21 agar mereka mampu berkomunikasi lewat tuisan,mengakses dan menganalisa informasi

3.Agar mereka mampu berinternet  secara sehat.

Langkah awal, pada peembelajaran di kelas saya tanyakan kepada mereka siapa yang sudah memiliki akun Facebook.Benar dugaan saya.Sebahagian besar mereka memiliki.Kemudian saya tugaskan mereka mengirim permintaan pertemanan kepada saya di facebook. Hal ini saya lakukan agar mereka nantinya mengshare tulisannya di blog  ke facebook dan mentag ke wall saya, lagi lagi dugaan saya benar,mereka mempunyai Hp dengan pulsa internet, itu artinya satu langkah sudah saya dapatkan yaitu Internet.Sesudah itu saya jelaskan apa yang menjadi keinginan saya.Mereka harus membuat blog dengan email yang sudah mereka. Dalam pembuatan blog tidak langkah demi langkah saya terangkan,tetapi tugaskan mereka mengaksesnya lewat google.tentang tutorial membuat blog. Pada kesempatan itulah saya selipkan pesan pesan bahwa internet mampu membuat kita menjadi pintar,tetapi juga bisa menjadikan sebaliknya. ” Jadilah pengguna yang SMART ” kata saya kepada mereka.

Ini satu contoh pemberitahuan mereka melalui facebook

Ini satu contoh pemberitahuan mereka melalui facebook

Setelah mereka memiliki blog, saya menugaskan mereka untuk menuliskan apa saja yang mereka pelajari dan mereka alami saat mereka belajar IPS di kelas. hasilnya membuat saya kagum. Salah satu contoh,Geubrina dia bukan hanya menulis dan memperdalam pelajaran IPS,tetapi apa yang saya   ucapkan dia gunakan untuk judul tulisannnya. Saat mengajar saya katakan mereka adalah GENERASI EMAS. ketika mempelajari sejarah kejayaan kerajaan kerajaan Indonesia.Mereka yang nanti padatahun 2045 menjadi kelompok golongan produktif dan menentukan kejayaan bangsa ini.makanya mereka dikatakan generasi Emas,yang tentunya dengan segala keunggulannnya. Oleh karena itu dia menulis judul tulisan pertamanya di blog dengan “PERTANYAAN DARI PARA GENERASI EMAS. “saya paham yang dimaksud olehnya bahwa saat pembelajaran banyakpertanyaan pertanyaan muncul dari teman-temannya dan geubrinasendiri tentunya. Dan dia menyebut teman temannnya dengan sebuatan  PARA GENERASI EMAS, itu artinya dia memahami dan semoga saja lebih dari itu, yaitu menyadari arti generasi emas yang sesubgguhnya.sebuah generasi yang bukan hanya cerdassecaraIQ,tetapi EQ dan SQ.

Salah satu hasil blog siswa

Salah satu hasil blog siswa

 

Dalam pembuatan Blog,saya juga membimbing mereka untuk beretika dalam penulisan. Salah satu contoh saat sekolah mengadakan nonton bersama  Film berlatar sejarah. Saya tugaskan mereka membuat  resensi film sederhana,selain nilai nilai  perjuangan tentunya yang harus mereka tulis. Saat saya masuk blog mereka ,saya  berikan komentar agar mereka termotivasi dan merasa   dihargai.

Sayapun membimbing melalui komentar di blog

Sayapun membimbing melalui komentar di blog

 

Melalui blog mereka memperdalam pelajaran IPS

Melalui blog mereka memperdalam pelajaran IPS

” Bu saya sudah buat tulisan di blog'”  kata kata itu kini sering menghadang saya saat saya masuk ke kelas.Kata -kata yang penuh kebanggaan dari siswa yang sudah membuat blog. ” Iya nanti ibu lihat,kamu share aja alamatnya ya!” Kata saya.Itu artinnya saya memiliki PR di rumah atau saat istirahat mengajar untuk berjalan jalan dari satu blog ke blog lainnnya milik generasi genarasi emas.

 “Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”.

Comments (10)

  1. wah ini 5 besar juara tantangan KSGN itu ya …. HEBAT BUN 🙂
    ketika siswa kita sudah dekat dengan IT .. hal ini memang luar biasa jika dimanfaatkan guru ….. membibit literasi yang baik buat mereka …..
    selamat menulis SEJARAH …. salam ke semua siswanya, terutama GEUBRINA R
    salam kenal dari admin AYO MENDIDIK

  2. Untuk pak Umar Tholib, maksud link blog ini punya saya atau siswa?, kalau maksudnya link saya Teacher Diary’s
    atjihkurniasih.blogspot.com
    kalau yang dimaksud siswa, saya tulis di sini diantaranya
    1. geubrinaraseuki.blogspot.com
    2. amaliasalsabila7E.blogspot.com
    3. miswafailapil1234.blogspot. com
    4. Blogyusrilkrpo.blogspot.com
    5. deviraifa.blogspot.com
    terima kasih pak atas apresiasinya

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar