0

Pengalaman Mengikuti Workshop GURARU (0)

Pela Indrayanih April 24, 2022

Sabtu 23 April 2022 pukul 13.00 tepatnya workshop tentang “Penilaian Siswa Berbasis Kinerja” Yang digawangi oleh team Guraru bersama pakar pendidikan bapak Agus Sampurno, blogger / fasilitator pembelajaran kreatif. Jika ada yang pernah mengikuti workshop nya, pasti membawa sesuatu hal yang baru yang tidak kita jumpai dalam kehidupan pendidikan kita sehari-hari. Terutama hal hal yang berkaitan dengan IT, metode penilaian, metode belajar dll. Pada pelatihan sebelum nya saya dikenalkan dengan survei mentimeter.com. Dan pertemuan kemarin dengan team guraru pak Agus kembali membawa kami pada laman padlet.
Pada laman padlet tersebut pak Agus mengajak kami untuk lebih menyelami apa itu, PjBL (Project Based Learning). Penilaian Siswa berbasis Kinerjanya, mulai dari tingkat TK, SD, SMP sampai Sekolah Menengah Atas. Tidak ada pembahasan yang tidak menarik jika beliau sudah bicara. Namun ada hal yang harus kita pahami lebih dalam terutama teman teman guru di Indonesia, tuturnya. Jangan sampai PjBL ini hanya berfokus pada sebuah karya tanpa melihat nilai manfaat dan keberlangsungan nya. Karena sering kali, kita keliru ketiga mendengar hal terkait project, PjBL lebih kepada aktivitas siswa yang lebih berperan dalam memahami hal yang ditugaskan tanpa banyak melibatkan peran orang tua. Serta dapat dinilai tidak hanya satu arah oleh guru melainkan bisa dengan teman sejawat. Dan pertanyaan pertanyaan yang menuntun anak menemukan kepahaman tadi tidak bisa ditemukan pada laman google. Sehingga anak berusaha menemukan jawaban melalui pendekatan nalar yang mereka miliki sendiri.
Nanti nya ada 3 istilah yang harus bisa kita bedakan ketika kita ingin menerapkan PjBL kepada murid-murid kita. Yang pertama pembelajaran berbasis proyek,  kemudian aktivitas pembelajaran dan terakhir mengerjakan proyek. Mengapa pak Agus menampilkan 3 istilah yang berkaitan dengan PjBL, karena seringkali kita salah kaprah atau salah mengartikan bahwa PjBL ini muaranya adalah sebuah karya padahal tidak selalu hasil akhir dari PjBL merupakan karya. Banyak bentuk dari hasil akhir nya. Salah satunya bisa berbentuk laporan, poster, workshop, kampanye dll.
Rasanya sangat kurang jika workshop tersebut tidak dilanjutkan dengan menghasilkan sebuah karya dari diskusi yang sangat menarik ketika kami masuk ke dalam room workout. Banyak ide ide brilliant yang mungkin bisa di bimbing team guraru melalui fasilitator pak Agus sampurno sehingga menghasilkan sebuah program PjBL sampai bermuara hasil dan penilaian yang dikemas sedemikian sehingga kami memiliki panduan untuk memulai bagaimana sebuah Penilaian Siswa Berbasis Kinerja ini dirancang sampai final. Terimakasih untuk team guraru yang telah melaksanakan workshop yang sangat menarik tersebut. Meskipun dalam kondisi sedang berpuasa namun karena menarik nya pembahasan atau materi yang dipaparkan pak Agus membuat kami tak terasa menghabiskan waktu 2,5 jam tersebut.
#GuraruClassApril

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar